Operasional Balkondes Butuh Kesiapan Masyarakat

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 September 2017 - 19:30 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirut BTN Maryono, Dirut BNI Achmad Baiquni, Dirut PLN Sofyan Basir (Foto Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)
Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirut BTN Maryono, Dirut BNI Achmad Baiquni, Dirut PLN Sofyan Basir (Foto Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Magelang- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan operasional balai ekonomi desa (Balkondes) di sekitar Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah butuh kesipan masyarakat setempat.

"Secara fisik enam hingga tujuh bulan ke depan pembangunan balkondes secara keseluruhan sudah selesai, namun yang masih kami khawatirkan kesiapan dari masyarakat setempat untuk pengelolaannya," katanya di Magelang, Senin (18/9/2017)

Ia mengatakan hal tersebut usai mendampingi Presiden RI Joko Widodo meninjau Balkondes Tuksongo dan Balkondes Wringin Putih di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Ia menuturkan kalau bangunan fisik memang lebih cepat selesai, tetapi yang lebih utama bagaimana mempersiapkan masyakatnya untuk diberi pelatihan agar bisa menyajikan kuliner yang baik, memberikan pelayanan yang bagus, makanya balkondes juga dibangun bertahap untuk menyiapkan masyarakat di desa tersebuat agar membiasakan diri untuk mengelola homestay yang baik.

Ia mengatakan persiapkan terus dilakukan, target "homestay" di daerah balkondes nanti total minimal ada 200 kamar.

"Yang kami persiapkan masyarakatnya supaya pengelolaannya dari masyarakat itu sendiri, hal ini penting karena tujuan balkondes dan homestay adalah bagaimana menyejahterakan masyarakat di desa tersebut," ucapnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

RS Royal Progress Sunter memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises.

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal, RS Royal Progress Sunter hadirkan EVLA, metode penanganan varises lewat laser, tanpa bedah dan minim sayatan.