Tambah Kapasitas Produksi Garmen, Pan Brothers Bangun Pabrik di Jawa Barat

Oleh : Hariyanto | Jumat, 15 September 2017 - 10:55 WIB

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)
PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pan Brothers Tbk (PBRX) akan menambah lagi kapasitas produksi garmen dengan membangun satu unit pabrik di Jawa Barat. Pembangunan pabrik ini akan dimulai pada tahun depan dan diharapkan bisa mulai berproduksi pada awal 2019 mendatang.

"Pabrik tersebut berada di bawah bendera PT Teodore Pan Garmindo. Pabrik ini akan memiliki kapasitas enam juta potong garmen," kata Direktur PBRX, Fitri Ratnasari Hartono kepada pers di Jakarta, Kamis (14/9/2017).

PBRX menyiapkan belanja modal sekitar US$5 juta untuk pabrik Teodore yang akan dikucurkan secara bertahap, mulai pertengahan tahun depan.

Sementara, dua pabrik di Jawa Tengah berada di bawah anak usaha PT Eco Smart Garment Indonesia (ESGI). Pabrik ini akan memiliki kapasitas 21 juta potong per tahun.

Sehingga, nantinya kapasitas pabrik ESGI akan menjadi 48 juta potong per tahun. Sumber dana investasi untuk pembangunan pabrik berasal dari penerbitan obligasi PBRX senilai US$200 juta beberapa waktu lalu.

Dengan berbagai ekspansi ini, kapasitas pabrik garmen di akhir 2017 akan menjadi 111 juta potong per tahun, naik dari tahun lalu sebesar 90 juta potong per tahun. Lalu di 2018, PBRX menargetkan penambahan kapasitas terpasang hingga 118 juta potong per tahun.

Saat ini, PBRX banyak mengerjakan produksi merek pakaian perusahaan lain. Namun, perusahaan juga memiliki merek sendiri.

PBRX memegang dua inhouse brand, yakni Zoe Black yang berada di bawah PT Apparelindo Mitra Andalan, yang memiliki 30 gerai di Indonesia. Sementara itu, melalui anak usahanya PT Mitra Buana Sentosa, PBRX memegang beberapa merek, seperti Salt N Pepper, Asylum dan FTL.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Senin, 24 Februari 2020 - 06:00 WIB

Wapres Ma'ruf Amin dan Ketua MPR RI Hadiri Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan begitu banyak filosofi bikers yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan keseharian. Seorang biker harus menjaga keseimbangan agar dapat melaju…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Senin, 24 Februari 2020 - 05:37 WIB

Mengupas Saham Pilihan Awal Pekan

IHSG masih terlihat berusaha untuk keluar dari fase konsolidasi wajarnya, memanfaatkan momentum koreksi wajar masih bisa dijadikan peluang oleh investor. IHSG akan berada di level 5821 - 6024.

Ilustrasi ATM BCA (Foto Ist)

Senin, 24 Februari 2020 - 05:28 WIB

IHSG Konsolidasi, Enam Saham Jadi Perhatian

Secara teknikal seakan pulled back Moving Average 20 hari dan upper bollinger bands dengan konfirmasi break out support Moving Average 5 hari dilevel 5900. indikator Stochastic terkonsolidasi…

Fintech payment aplikasi Cashbac

Senin, 24 Februari 2020 - 05:05 WIB

Berburu Cashbac Reward 4 Kali Lipat

Tahun Kabisat (leap year) adalah tahun spesial, karena tahun ini tidak terdiri dari 365 hari akan tetapi 366 hari. Inilah keunikan lain dari bulan Februari yang membuatnya kian spesial. Tahun…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Senin, 24 Februari 2020 - 04:00 WIB

Bakamla RI Tindak Lanjuti Arahan Presiden Dalam Penguatan Indonesian Coast Guard

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., langsung menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo tentang Penguatan Bakamla RI menjadi Indonesian Coast Guard dengan melaksanakan…