Siemens Indonesia Hadirkan Solusi Digitalisasi untuk Sektor Energi dan Industri

Oleh : Hariyanto | Rabu, 06 September 2017 - 18:19 WIB

Josef Winter, President Director & CEO PT Siemens Indonesia
Josef Winter, President Director & CEO PT Siemens Indonesia

INDUSTRY co.id -Jakarta - Pada ajang forum energi terbesar di Indonesia, Electric, Power and Renewable Energy Indonesia yang berlangsung pada 6-9 September 2017 di Jakarta International Expo Kemayoran, Siemens menghadirkan transformasi digital pada sektor energi dan manufaktur di Indonesia.

“Kami memamerkan solusi untuk mendukung transformasi digital sektor energi dan manufaktur di Indonesia,” kata Josef Winter, Presiden Direktur dan CEO PT Siemens Indonesia di Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Ia mengatakan, tujuan strategis Siemens adalah membantu sektor energi dan manufaktur di Indonesia untuk mengatasi tantangan dan menjadi unggul dengan menggunakan produk dan solusi yang meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.

Digitalisasi diharapkan dapat mendorong perubahan yang sangat dibutuhkan menuju dunia industri yang mampu menghasilkan nilai tambah lebih baik serta mengurangi biaya.

Untuk jaminan pasokan listrik yang andal dan efisien, Siemens menampilkan turbin
gas aero-derivatif baru SGT-A45TR berdaya 44 MW untuk mobile power plant. Sementara, dibidang layanan pembangkit tenaga listrik, Siemens akan menampilkan aplikasi MyAdvisor yang dapat membantu mengoptimalkan peralatan putar seperti turbin dan kompresor.

Selain itu,ada juga Process Bus berbasis SIPROTEC untuk teknologi gardu induk listrik digital. Selanjutnya ada Siemens Fusesaver - saklar pemutus arus vakum luar ruang tegangan menegah tercepat di dunia yang bisa dipantau dan dikendalikan dari sistem SCADA.

"Untuk produk kelistrikan tegangan rendah, kami memamerkan saklar pemutus arus 3VA untuk distribusi daya yang sistematis serta Perangkat Ukur PAC 7KM yang terdiri dari lima alat ukur untuk semua kebutuhan - mulai dari mengukur konsumsi listrik yang sederhana sampai sistem dan kualitas jaringan," ungkapnya.

Untuk memperkuat daya saing sektor manufaktur di Indonesia melalui peningkatan
produktivitas, efisiensi, fleksibilitas, mempersingkat waktu untuk produksi sampai
penjualan, dan keamanan siber secara terus menerus – Siemens akan memamerkan Komunikasi Industrial (SCALANCE & RUGGEDCOM), Instrumentasi
Proses (SITRANS), dan Sistem Otomasi (TIA & PCS 7).

Dengan platform data terpadu, solusi perangkat lunak terpadu COMOS akan membantu menyediakan aliran data secara terus-menerus yang mampu memenuhi kebutuhan spesifik para insinyur desain dan personel operasi pabrik, serta manajemen perusahaan di semua fase proyek untuk mendukung transformasi menuju digitalisasi pabrik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sriwijaya Air (Foto Ist)

Selasa, 21 Mei 2019 - 12:00 WIB

Jelang Momen Mudik Lebaran, Sriwijaya Air Buka Tiga Rute Baru

Sriwijaya Air, maskapai penerbangan nasional yang merupakan bagian dari Garuda Indonesia Group siap menyambut datangnya momen mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H dengan menyiapkan tiga rute penerbangan…

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Selasa, 21 Mei 2019 - 11:00 WIB

Lonjakan Defisit Neraca Dagang Tuntut Reformasi Struktural

Kabar kurang menggembirakan kembali mengejutkan pasar finansial Indonesia pada pertengahan Mei ini. Tak hanya polemik perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok semakin panas, investor…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, PhD dan Kepala Karantina dan Keamanan Pangan Sarawak, Gasing Anak Nyalu

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:53 WIB

Kementan Capai Kesepakatan bersama Otoritas Serawak Terkait Ekspor

Kuching - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) jajaki harmonisasi aturan perkarantinaan Indonesia - Sarawak, Malaysia terkait lalu lintas komoditas pertanian di…

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:39 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, FIF Group Resmikan Reading Corner di Lima Kota

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019) kemarin.

Perakitan perangkat Xiaomi

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:34 WIB

Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Menjelang Momentum Lebaran

Berkomitmen untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen di bulan Ramadan, Xiaomi berfokus pada kelancaran proses produksi dan distribusi.