Harga Semen di Papua Sudah Mulai Turun

Oleh : Hariyanto | Rabu, 23 Agustus 2017 - 08:25 WIB

Ilustrasi industri semen. (Ist)
Ilustrasi industri semen. (Ist)

INDUSTRY co.id -Wamena - Menteri BUMN Rini Soemarno merealisasikan penurunan harga semen di Kabupaten Puncak Jaya dan Jayawijaya, Papua. Harga awal semen yang mencapai jutaan rupiah, kini hanya menjadi ratusan ribu rupiah per sak.

"Turun harga itu per hari ini. Di Kabupaten Puncak Jaya turun menjadi Rp500 ribu, di Kabupaten Jayawijaya menjadi Rp370 ribu," kata Rini di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa (22/8/2017).

Rini menyebutkan, sebelum dilakukan penurunan harga, semen di Kabupaten Puncak Jaya mencapai harga dua juta rupiah per sak.

"Tadi Pak Bupati Jayawijaya mengatakan di sini kira-kira Rp500 sampai Rp580 ribu, jadi kami juga per hari ini untuk Semen Tonasa Rp370 ribu untuk di Jayawijaya. Nanti semua distributor asli dari Semen Tonasa, itu akan jualnya Rp370 ribu per sak untuk semen yang 40 kilogram," ungkap Rini.

Rini mengatakan, distribusi semen ke Kabupaten Jayawijaya dan Puncak Jaya akan melalui penerbangan dari Kabupaten Mimika. "Sekarang kita mulai perbaiki sistem transportasinya, supaya harga transportasinya bisa kita tekan. Jadi kita masuk dari Timika-Wamena dan Wamena ke Puncak Jaya," kata Rini.

Ia memastikan Kementerian BUMN telah bekerja sama dengan Pelni, Pelindo 4, Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), PT Semen Tonasa bersama Semen Indonesia sebagai perusahaan induk, untuk menekan harga semen, terutama di kabupaten-kabupaten yang akses transportasinya belum memadai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Tanah Abang (Foto: Okezone)

Minggu, 07 Juni 2020 - 16:15 WIB

Bakal Kembali Dibuka, 7 Ribu Lebih Toko di Pasar Tanah Abang Berlakukan Sistem Ganjil Genap

Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat akan kembali beroperasi mulai 15 Juni 2020. Keputusan tersebut merupakan tindak lanjut atas PSBB masa Transisi yang diberlakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Aquaproof donasikan APD ke sejumlah rumah sakit

Minggu, 07 Juni 2020 - 15:05 WIB

Aquaproof Donasikan APD untuk Tenaga Medis ke Sejumlah Rumah Sakit

Aquaproof melalui CO-HOPE pada Selasa lalu (2/6/20) mendonasikan APD (Alat Pelindung Diri) ke RS Zahirah dan RS Jantung Jakarta. Perlengkapan yang diberikan berupa Masker N95, surgical mask,…

Mengenal Basuki Surodjo Bos Indusri Teknologi yang Hampir Drop Out Kuliah

Minggu, 07 Juni 2020 - 15:00 WIB

Mengenal Basuki Surodjo Bos Industri Teknologi yang Hampir Drop Out Kuliah

Basuki Surodjo merupakan salah satu pengusaha IT tersukses di Indonesia yang saat ini memiliki beberapa unit usaha seperti Ayooklik.com yang bergerak di bidang e-catalogue Lembaga Kebijakan…

Aplikasi Indodana (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Minggu, 07 Juni 2020 - 14:00 WIB

Fintech Indodana Resmi Kantongi Izin Usaha dari OJK

Perusahaan teknologi Finansial Lending (Fintech Lending) PT. Artha Dana Teknologi (Indodana) resmi mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 3 Juni 2020 sesuai surat…

Minyak Kelapa Murni (ist)

Minggu, 07 Juni 2020 - 13:50 WIB

Kabar Gembira...Guru Besar Untan Buktikan Minyak Kelapa Murni Ampuh Bunuh Virus Covid-19

Pakar Kimia Agroindustri dari Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Thamrin Usman mengatakan, minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) dapat membunuh virus corona penyebab Covid-19