Kualitas Layanan Semakin Meningkat, BRI Raih Digital Channel Terbaik Versi BSEM 2025
Oleh : Wiyanto | Senin, 12 Mei 2025 - 16:37 WIB

Pegawai BRI menjelaskan produk keuangan ke Nasabah
INDUSTRY.co.id-Jakarta – Komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dalam menghadirkan layanan digital yang inovatif, adaptif, dan unggul di segala aspek kembali diakui dengan mendapatkan peringkat pertama dalam kategori Overall Digital Channel pada ajang “Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2025” yang diselenggarakan oleh lembaga riset Marketing Research Indonesia (MRI) bekerja sama dengan Majalah Infobank.
Tercatat, dalam penilaian tersebut, layanan kanal digital BRI meraih skor 90,79 pada 2025, naik 1,72 poin dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan ini mencerminkan komitmen BRI dalam menghadirkan layanan digital yang terus berkembang dan semakin relevan dengan kebutuhan nasabah.
Pencapaian ini tidak lepas dari peningkatan performa di berbagai aspek layanan digital yang dinilai secara menyeluruh. Misalkan layanan pembukaan rekening melalui mobile apps yang menunjukkan kinerja solid dengan peningkatan skor dari 83,51 pada tahun lalu menjadi 87,28 poin. Digital Branch pun turut mencatatkan kemajuan signifikan dari 80,08 pada 2024 menjadi 90,33 poin pada 2025. Tak hanya fokus pada inovasi digital, BRI juga memperkuat peran complain handling melalui layanan pelanggan yang tanggap, ramah dan solutif. Cerminan dari upaya ini terlihat dalam peningkatan kinerja berbagai kanal layanan non-fisik, seperti Call Center yang mencatat skor tinggi sebesar 94,09 pada 2025, meningkat dari 93,73 pada tahun sebelumnya, sementara Chatbot meraih skor 92,87. Kualitas layanan turut diperkuat melalui kanal live chat, media sosial, dan e-mail yang secara keseluruhan berkontribusi terhadap pencapaian BRI dalam ajang ini. Seluruh hasil positif tersebut mencerminkan komitmen menyeluruh BRI untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik di segala sisi. Pengembangan layanan dilakukan secara berkelanjutan, mencakup peningkatan teknologi dan pengelolaan interaksi dengan nasabah, yang dijalankan Perseroan guna memastikan standar layanan yang tinggi dan konsisten di seluruh kanal komunikasi.
Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi menyampaikan bahwa apresiasi yang diraih ini menjadi motivasi tambahan bagi BRI untuk terus melampaui harapan nasabah. Dinamika perkembangan teknologi perbankan mendorong BRI senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan baik dari sisi walk-in channel maupun digital channel. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan experience nasabah di semua touchpoints.
Melalui transformasi digital yang berkelanjutan, BRI berkomitmen mempercepat digitalisasi layanan perbankan guna memperluas akses keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Upaya ini tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan efisiensi layanan, tetapi juga untuk memperkuat peran BRI dalam membangun ekosistem keuangan yang inklusif dan berkelanjutan.
“Dengan inovasi digital yang terus dikembangkan, BRI optimistis dapat membangun ekosistem keuangan yang lebih inklusif, memberdayakan komunitas, serta mendorong pertumbuhan ekonomi digital nasional secara berkelanjutan,” tutup Hendy.
Baca Juga
Citi Tunjuk Benny Aroeman sebagai Head of Markets untuk Indonesia
Sambut BTN Jakim 2025, BTN Tawarkan Diskon Hotel
Green Financing BRI Terus Tumbuh di Tengah Transformasi Hijau Industri…
Bank Mandiri Gandeng Mindstores dan Alfamart Hadirkan Program Pasar…
Resmikan Sentra Layanan Prioritas di Cirebon, Kini BRI Miliki 43…
Industri Hari Ini

Jumat, 13 Juni 2025 - 02:03 WIB
Ekonomi Lesu, Trading Jadi Peluang Menjanjikan Tambah Penghasilan di 2025
Pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat di awal 2025, namun trading muncul sebagai solusi tambahan penghasilan. Peluang besar terbuka bagi pemula dengan dukungan teknologi AI dan platform seperti…

Jumat, 13 Juni 2025 - 01:54 WIB
Diageo World Class Indonesia 2025: Kompetisi Bartender Bergengsi Dukung Talenta Lokal Tembus Kancah
Diageo World Class Indonesia 2025 kembali digelar di Jakarta. Charles Richard dari Seken Bar Bali keluar sebagai juara dan siap mewakili Indonesia di Toronto, Kanada.

Jumat, 13 Juni 2025 - 01:31 WIB
Wong Hang Bersaudara Luncurkan Brand GAMS di Indo Defense 2025, Siap Garap Pasar Taktis-Sipil
Wong Hang Bersaudara meluncurkan brand GAMS di Indo Defense 2025. Fokus pada kebutuhan taktis-sipil dengan kualitas militer, GAMS siap ekspansi ke pasar nasional dan ASEAN.

Jumat, 13 Juni 2025 - 01:18 WIB
Kolaborasi Kemenkes, Kenvue, dan PDPI Luncurkan Gerakan Nasional Berhenti Merokok
Indonesia resmi meluncurkan Gerakan Berhenti Merokok bersama Kemenkes, Kenvue, dan PDPI. Fokus pada edukasi, akses NRT, dan pelatihan tenaga kesehatan untuk Indonesia lebih sehat dan bebas rokok.
Jumat, 13 Juni 2025 - 01:06 WIB
Baby Happy Resmikan Flagship Store Pertama di Raja Susu Pamulang, Dukung Orang Tua Hadirkan Bayi Sehat Bebas Ruam
Baby Happy resmi membuka flagship store pertama di Raja Susu Pamulang, hadirkan pengalaman belanja popok bayi yang nyaman dan edukatif, serta kampanye Gerakan Anti Ruam.
Komentar Berita