Kualitas Layanan Semakin Meningkat, BRI Raih Digital Channel Terbaik Versi BSEM 2025
Oleh : Wiyanto | Senin, 12 Mei 2025 - 16:37 WIB

Pegawai BRI menjelaskan produk keuangan ke Nasabah
INDUSTRY.co.id-Jakarta – Komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dalam menghadirkan layanan digital yang inovatif, adaptif, dan unggul di segala aspek kembali diakui dengan mendapatkan peringkat pertama dalam kategori Overall Digital Channel pada ajang “Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2025” yang diselenggarakan oleh lembaga riset Marketing Research Indonesia (MRI) bekerja sama dengan Majalah Infobank.
Tercatat, dalam penilaian tersebut, layanan kanal digital BRI meraih skor 90,79 pada 2025, naik 1,72 poin dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan ini mencerminkan komitmen BRI dalam menghadirkan layanan digital yang terus berkembang dan semakin relevan dengan kebutuhan nasabah.
Pencapaian ini tidak lepas dari peningkatan performa di berbagai aspek layanan digital yang dinilai secara menyeluruh. Misalkan layanan pembukaan rekening melalui mobile apps yang menunjukkan kinerja solid dengan peningkatan skor dari 83,51 pada tahun lalu menjadi 87,28 poin. Digital Branch pun turut mencatatkan kemajuan signifikan dari 80,08 pada 2024 menjadi 90,33 poin pada 2025. Tak hanya fokus pada inovasi digital, BRI juga memperkuat peran complain handling melalui layanan pelanggan yang tanggap, ramah dan solutif. Cerminan dari upaya ini terlihat dalam peningkatan kinerja berbagai kanal layanan non-fisik, seperti Call Center yang mencatat skor tinggi sebesar 94,09 pada 2025, meningkat dari 93,73 pada tahun sebelumnya, sementara Chatbot meraih skor 92,87. Kualitas layanan turut diperkuat melalui kanal live chat, media sosial, dan e-mail yang secara keseluruhan berkontribusi terhadap pencapaian BRI dalam ajang ini. Seluruh hasil positif tersebut mencerminkan komitmen menyeluruh BRI untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik di segala sisi. Pengembangan layanan dilakukan secara berkelanjutan, mencakup peningkatan teknologi dan pengelolaan interaksi dengan nasabah, yang dijalankan Perseroan guna memastikan standar layanan yang tinggi dan konsisten di seluruh kanal komunikasi.
Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi menyampaikan bahwa apresiasi yang diraih ini menjadi motivasi tambahan bagi BRI untuk terus melampaui harapan nasabah. Dinamika perkembangan teknologi perbankan mendorong BRI senantiasa berupaya meningkatkan kualitas layanan baik dari sisi walk-in channel maupun digital channel. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan experience nasabah di semua touchpoints.
Melalui transformasi digital yang berkelanjutan, BRI berkomitmen mempercepat digitalisasi layanan perbankan guna memperluas akses keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Upaya ini tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan efisiensi layanan, tetapi juga untuk memperkuat peran BRI dalam membangun ekosistem keuangan yang inklusif dan berkelanjutan.
“Dengan inovasi digital yang terus dikembangkan, BRI optimistis dapat membangun ekosistem keuangan yang lebih inklusif, memberdayakan komunitas, serta mendorong pertumbuhan ekonomi digital nasional secara berkelanjutan,” tutup Hendy.
Industri Hari Ini

Selasa, 05 Agustus 2025 - 09:02 WIB
Merck Perkuat Akses dan Empati dalam Perawatan Fertilitas di Indonesia, Rayakan Hari Bayi Tabung Sedunia 2025
Memperingati World IVF Day 2025, Merck tegaskan komitmen perluasan akses IVF di Indonesia dengan solusi keterjangkauan, pendekatan berbasis pasien, dan dukungan emosional.

Selasa, 05 Agustus 2025 - 08:28 WIB
Ratusan Perusahaan Tiongkok Siap Serbu Pasar ASEAN di Pameran Green and Innovative Cooperation 2025 Jakarta
Green and Innovative Cooperation Exhibition 2025 akan digelar di Jakarta, menghadirkan 100 perusahaan Tiongkok dengan solusi canggih untuk kendaraan listrik, kota pintar, dan layanan kesehatan…

Selasa, 05 Agustus 2025 - 07:35 WIB
Dukung Indonesia Netral Karbon, Jababeka & Tenant Kawasan Industri Tanam 100 Ribu Magrove di Muara Gembong
PT Jababeka Tbk., sebagai pelopor kawasan industri modern dan berwawasan lingkungan di Indonesia, terus menunjukkan komitmennya dalam membangun kawasan industri yang tidak hanya produktif secara…

Selasa, 05 Agustus 2025 - 07:23 WIB
Presiden Prabowo Terima Medali Kehormatan dari Komando Operasi Khusus AS di Istana Merdeka
Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto menerima kunjungan Komandan Komando Operasi Khusus Amerika Serikat, Jenderal Bryan Fenton di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 4 Agustus 2025.…

Selasa, 05 Agustus 2025 - 07:13 WIB
Specialty Indonesia 2025: Dorong Industri Olahan Lokal Tembus Pasar Global
Kementerian Perindustrian terus meningkatkan nilai tambah sumber daya hayati lokal seperti kopi, teh, kakao, buah, dan susu melalui peran industri pengolahan agar menghasilkan produk yang berdaya…
Komentar Berita