Dinas ESDM Papua Bangun PLTMH dan PLTS Selama 2017

Oleh : Herry Barus | Rabu, 21 Desember 2016 - 09:04 WIB

Pembangkit Listrik
Pembangkit Listrik

INDUSTRY.co.id - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua akan membangun PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidrolik) dan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) terpusat yang akan dilaksanakan di 2017.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Papua Bangun Manurung di Jayapura, mengatakan sumber dana pembangunan dua pembangkit listrik tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp149 miliar untuk 2017.

"Pada 2017, karena kebijakan ini, Provinsi Papua mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp149 miliar di mana ada kampung-kampung di sembilan kabupaten yang mendapatkan dana tersebut," katanya.

Menurut Bangun kepada Antara, pemerintah pusat sudah membuat satu kebijakan di mana ada enam provinsi yang dilihat tingkat elektifikasinya sangat rendah terutama Provinsi Papua.

"Jadi kini pemerintah termasuk PLN punya fokus untuk meningkatkan elektifikasi di Papua, sehingga termasuk kampung-kampung mana saja yang menjadi sasaran untuk disiapkan atau disediakan listrik," ujarnya.

Dia menuturkan pasalnya kini hampir 80 persen kampung di Papua belum ada listriknya sama sekali.

"Memang secara nasional elektifikasi rendah, karena jumlah rumah tangga dibanding rumah tangga nasional jauh lebih kecil," katanya lagi.

Dia menambahkan tetapi untuk di Papua sendiri, hal ini sangat vital karena sekitar 5.000 kampung belum ada listrik sama sekali, sebab, kendala terbesar dari proses penerangan kampung karena ketersediaan anggaran. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 00:33 WIB

Biogas Mampu Tekan Biaya Pembelian Gas Elpiji Masyarakat

- Bali - Danone melalui Pabrik Aqua memberikan pendampingan ke masyarakat Bali, diantaranya Pariwisata, membantu kepemilikan biogas, pertanian dan ke pemulung. Kesemuanya bentuk keperdulian…

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…

Kota Surabaya

Senin, 21 Oktober 2019 - 17:55 WIB

Catat, Ini 5 Kuliner yang Bikin Kangen dengan Surabaya

Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya.