Dinas ESDM Papua Bangun PLTMH dan PLTS Selama 2017

Oleh : Herry Barus | Rabu, 21 Desember 2016 - 09:04 WIB

Pembangkit Listrik
Pembangkit Listrik

INDUSTRY.co.id - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua akan membangun PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidrolik) dan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) terpusat yang akan dilaksanakan di 2017.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Papua Bangun Manurung di Jayapura, mengatakan sumber dana pembangunan dua pembangkit listrik tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp149 miliar untuk 2017.

"Pada 2017, karena kebijakan ini, Provinsi Papua mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp149 miliar di mana ada kampung-kampung di sembilan kabupaten yang mendapatkan dana tersebut," katanya.

Menurut Bangun kepada Antara, pemerintah pusat sudah membuat satu kebijakan di mana ada enam provinsi yang dilihat tingkat elektifikasinya sangat rendah terutama Provinsi Papua.

"Jadi kini pemerintah termasuk PLN punya fokus untuk meningkatkan elektifikasi di Papua, sehingga termasuk kampung-kampung mana saja yang menjadi sasaran untuk disiapkan atau disediakan listrik," ujarnya.

Dia menuturkan pasalnya kini hampir 80 persen kampung di Papua belum ada listriknya sama sekali.

"Memang secara nasional elektifikasi rendah, karena jumlah rumah tangga dibanding rumah tangga nasional jauh lebih kecil," katanya lagi.

Dia menambahkan tetapi untuk di Papua sendiri, hal ini sangat vital karena sekitar 5.000 kampung belum ada listrik sama sekali, sebab, kendala terbesar dari proses penerangan kampung karena ketersediaan anggaran. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lintasarta meraih penghargaan Frost & Sullivan: Asia Pacific Best Practices Award 2019

Jumat, 15 November 2019 - 21:01 WIB

Lintasarta Sabet Penghargaan Internasional Cloud Infrastructure Services Provider of The Year

Singapura: Lintasarta meraih penghargaan Frost & Sullivan: Asia Pacific Best Practices Award 2019 untuk kategori “Indonesia Cloud Infrastructure Services Provider of the Year”. Penganugerahan…

Founder & CEO PT Kuliner Anak Indonesia, Gunawan dan Business Development Director Ayam Legit, Indra Putranto (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 November 2019 - 20:38 WIB

Bisnis Kuliner Kian Melejit, KAI Hadir Dengan Brand Baru Ayam Legit

Bisnis food and baverage kian melejit di era yang serba digital ini. Apalagi dibantu dengan adanya sinergi antara pemilik restoran dan penyedia layanan food delivery dari transportasi online.…

Bank Bukopin (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 15 November 2019 - 20:35 WIB

Kuartal III 2019, Laba Bank Bukopin Capai Rp151 Miliar

Jakarta - Bank Bukopin membukukan laba bersih sebesar Rp151 miliar hingga kuartal III/2019, meningkat sebesar 9,80% dibandingkan dengan pencapaian laba bersih pada periode yang sama tahun lalu…

Direksi Bank Bukopin memainkan angklung

Jumat, 15 November 2019 - 20:24 WIB

Bank Bukopin Inovasi Kredit Pacu Pertumbuhan Kinerja

Bandung - Produk-produk unggulan yang akan menjadi diferensiasi Perseroan dalam menyalurkan kredit adalah Flexy Bill, Flexy Gas, Flexy Health, dan Invoice Financing. Target Kredit Hingga akhir…

Bank DKI dapat anual report award 2018

Jumat, 15 November 2019 - 19:10 WIB

Laporan Tahunan Bank DKI Raih Annual Report Awards

Jakarta - Atas komitmen Bank DKI terhadap keterbukaan informasi, Bank DKI berhasil menjadi pemenang ke II Annual Report Award 2018 pada kategori BUMD Listed.