Desainer Annisa Hasibuan Bantah Gunakan Dana Jamaah First Travel untuk Karirnya

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 10 Agustus 2017 - 08:11 WIB

Annisa Hasibuan bersama Andhika, suaminya, sebagai pemilik First Travel saat mendatangai Kantor Kementerian Agama RI
Annisa Hasibuan bersama Andhika, suaminya, sebagai pemilik First Travel saat mendatangai Kantor Kementerian Agama RI

INDUSTRY.co.id -  Desainer Busana Muslim, Annisa Hasibuan membantah bahwa dirinya menggunakan dana calon jamaah Umrah First Travel milik suaminya, Andhika untuk keperluan karirnya di dunia mode Inernasional. Termasuk tuduhan bahwa ia  bisa tampil di ajang bergengsi New York Fashion Week  di Amerika Serikat beberapa bulan lalu.  Bantahan itu ia sampaikan saat bersama sumai dan pengacaranya Eggy Sudjana bertandang ke Kementerian Agama untuk mempertanyakan dan menggugat alasan pembekuan ijin usaha  “First Travel” yang baru baru ini dlakukan oleh Kemenag.

“Saya diundang tampil diajang New York Fashion week itu ada yang mensponsorinya, bukan satu tapi ada beberapa sponsor, bahkan semua segala keperluan saya selama disanapun ada yang menyediakan”, jelas Annisa.

“ Jika dikatakan kami menikmati uang jamaah, maka perlu diketahui bahwa kami ini orang bisnis.  Selama 8 tahun membangun merek First Travel apa saya salah mendapatkan keuntungan. Apakah saya salah sebagian keuntungan itupun juga untuk menggaji karyawan, untuk biaya kehidupan? Kalau dikatakan makan uang jamaah, yaitu bagian dari bisnis karena tidak mungkin kami  kerja Rodi”, ujar Annisa.

Sebagai seorang desainer yang diakui dikalangan Internasional, Annisa mengaku sangat terganggu dengan tudingan yang dilontarkan tanpa sebelumnya mengecek kebenarannya. “Untung saja, saya mendapat banyak dukungan dari teman-teman di luar negeri untuk tidak berhenti berkarya. Bahkan bukan Nopember ini saya diundang untuk menggelar karya saya di Abu Dhabi. Tapi saya belum memutuskan ikut atau tidak. Karena saya harus dampingi suami saya menuntaskan masalah ini,” tambahnya.

Selain dari luar negeri, dukungan dari dalam negeri juga diperoleh Annisa Hasibuan. Misalnya dari lembaga lembaga yang sudah mengajaknya kerja sama sejak jauh hari. “Tidak ada pembatalan kerja sama. Tapi kalau terjadi penurunan omset di beberapa butik, saya anggap wajar. Namanya juga usaha kadang naik dan kadang turun. Apalagi ekonomi kita sedang lesu”

Tentang banyaknya karyawan First Travel yang mengundurkan diri Annia juga menganggapnya sebagai hal yang biasa. “Saya tidak merasa kaget perusahaan ditinggalkan hampir 90 persen karyawannya. Jadi kalau ditinggal sampai 90 persen ‘No Problem’ bahkan dari sana saya jadi tau mana yang tulus dan mana yang tidak. Lagi pula saat saya memulai usaha First Travel, saya hanya berdua dengan suami saya. Jadi tidak kaget kalau harus memulai dari bawah lagi”, katanya percaya diri.

First Travel yang dijalankan oleh Annisa bersama  suaminya sejak tahun 2009 lalu adalah biro perjalanan umrah pertama di Indonesia yang memperkenalkan Umrah biaya Murah atau Rendah. First Travel sudah memberangkatkan ratusa ribu jemaah umroh. Untuk tahun 2016 lalu memberangkatkan 50.000 jemaah. Dan rencananya sesuai musim Haji akan memberangkatkan 25 jemaah lagi.

Namun dengan adanya pembekuan dari kemenag, sementara mereka belum beroperasi. Pihak kemenag, sebagai disampaikan oleh Eggy Sudjana, memita waktu selama satu minggu untuk meninjau kembai kasus ini. “Semoga setelah satu minggu akan ada titik terang dari pihak kemenag. Jika tidak maka kami akan tempuh jalur hukum untuk memperoleh keadilan,”katanya penuh semangat. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi angkatan muda Partai Golkar. (Romeo Gacad/AFP)

Kamis, 25 April 2019 - 11:55 WIB

Ini 5 Caleg Kaltim Berpotensi ke Senayan

Partai Golkar menduduki posisi teratas perolehan suara sementara pileg daerah pemilihan Kaltim tahun 2019.m

OPPO F11 Pro Avengers

Kamis, 25 April 2019 - 11:39 WIB

OPPO Gandeng Marvel Studio Luncurkan F11 Pro Avengers: Endgame Edisi Terbatas

OPPO mengumumkan kerja sama dengan Marvel Studios yang memproduksi film Avengers: Endgame untuk meluncurkan edisi terbatas F11 Pro Avengers. Produk eksklusif ini akan menghadirkan pengalaman…

Ramadhan Buffet Millennium Hotel

Kamis, 25 April 2019 - 11:06 WIB

Berbagi Keindahan Semangat Ramadhan bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

Menyambut datangnya bulan suci penuh berkah yang menjadi perayaan penting bagi umat Muslim di seluruh dunia ini, Millennium Hotel Sirih Jakarta kembali hadir dengan berbagai penawaran promo…

Perkenalan jajaran direksi BGR Logistics

Kamis, 25 April 2019 - 10:49 WIB

Kementerian BUMN Lakukan Perubahan Susunan Direksi BGR Logistics

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini M. Soemarno, dalam lRapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, melakukan perubahan susunan direksi BGR Logistics…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Kamis, 25 April 2019 - 10:46 WIB

Tren Digital, Ribuan Kantor Cabang Tutup

Era digitalisasi mengubah segalanya. Orang yang biasanya berbelanja harus datang ke toko, kini bisa membeli via online.