Dukung Pengembangan UMKM di Sumatra Barat, Hutama Karya Gelar Workshop Strategi Digitalisasi Kreatif

Oleh : Candra Mata | Rabu, 02 Oktober 2024 - 12:31 WIB

Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) HK Peduli Kreatif menggelar workshop bertajuk Strategi Digitalisasi Kreatif secara hybrid dengan tema “Membangun Rekam Jejak Digital dan Popularitas UMKM Sumatra Barat”.
Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) HK Peduli Kreatif menggelar workshop bertajuk Strategi Digitalisasi Kreatif secara hybrid dengan tema “Membangun Rekam Jejak Digital dan Popularitas UMKM Sumatra Barat”.

INDUSTRY.co.id - Sumatra Barat, Mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Sumatra Barat, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) HK Peduli Kreatif menggelar Workshop bertajuk Strategi Digitalisasi Kreatif secara hybrid dengan tema “Membangun Rekam Jejak Digital dan Popularitas UMKM Sumatra Barat”.

Diikuti oleh 170 pelaku UMKM yang bergerak di sektor fashion, kerajinan, maupun makanan dan minuman, workshop berlangsung mulai Senin (23/9) dengan sesi online, kemudian dilanjutkan dengan sesi offline di dua lokasi yaitu di Aula Kantor Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Khatib Sulaiman, Kota Padang, Rabu (25/9) serta di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman, Parit Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (26/9).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim menyampaikan bahwa workshop tersebut bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam memanfaatkan potensi digital, guna meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan pasar. 

Saat ini, banyak pelaku UMKM menghadapi keterbatasan pengetahuan terkait teknologi digital serta kesulitan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang pesat.

“Pelaku UMKM cenderung melihat teknologi dan pemasaran online hanya terbatas pada penggunaan media sosial dengan fokus utama untuk penjualan, bukan membangun branding,” ujar Adjib.

Berkolaborasi dengan Penakita.id, DJPb Sumatra Barat, serta Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah setempat, materi workshop disesuaikan dengan kebutuhan peserta, dimana fokus utamanya mengenai teknik copywriting dan teknik fotografi yang disampaikan oleh Founder Penakita.id & Mitme.id Adhitya Noviardi, Senior Marketing & Communication Strategist Penakita.id Laila Ramdhini, serta Akademisi Multimedia, Sofia Yosse, M.Sn.

Lebih lanjut Adjib menjelaskan bahwa kegiatan ini juga menjadi langkah awal dalam menyaring UMKM potensial di Sumatra Barat untuk dirangkul menjadi UMKM binaan Hutama Karya.

“Pelaku UMKM yang menunjukkan potensi besar, berpeluang direkomendasikan menerima pinjaman lunak dan mempromosikan produk mereka di Galeri UMK di HK Tower untuk memperluas eksposur serta akses pasarnya,” imbuh Adjib.

Adjib kembali menjelaskan setelah kegiatan ini, Hutama Karya bersama Penakita.id akan memberikan sesi pendampingan khusus selama 1 (satu) bulan kepada para peserta untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai pengembangan aset digital masing-masing.

“Kedepannya, kami berharap para pelaku UMKM mampu mengoptimalkan strategi pemasaran dan memanfaatkan platform digital secara berkelanjutan agar dapat beradaptasi serta bersaing di pasar yang semakin kompetitif,” tutup Adjib Al Hakim.

Salah satu perwakilan peserta yang bergerak di bidang usaha kerupuk Sala Bajaso asal Padang Pariaman, Siska Damayanti menyampaikan antusiasmenya mengikuti setiap sesi pelatihan digitalisasi yang bermanfaat dalam mempromosikan produk-produknya.

“Sebagai pelaku UMKM, pelatihan ini membuka wawasan baru dan memberikan banyak ilmu dari para profesional yang ahli dibidangnya. Ke depan, kami butuh binaan dari Hutama Karya agar usaha yang kami jalani bisa lebih berkembang khususnya di ranah digital,” ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presscon AMI Awards 2024.

Selasa, 15 Oktober 2024 - 23:25 WIB

Nominasi AMI Awards 2024, Merayakan Keberagaman Musik Generasi Baru

Dengan Musik Generasi Baru sebagai tema, AMI Awards 2024 tidak hanya menjadi ajang penghargaan, tetapi juga perayaan semangat kreatif yang terus tumbuh di kalangan musisi muda.

Aice Luncurkan Edisi Terbatas Crispy Balls dengan Wajah Gregoria dan Veddriq.

Selasa, 15 Oktober 2024 - 22:46 WIB

Aice Luncurkan Edisi Terbatas Crispy Balls dengan Wajah Gregoria dan Veddriq, Rayakan Prestasi Atlet Olimpiade

Peluncuran Aice Crispy Balls edisi khusus ini merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi terhadap perjuangan Gregoria dan Veddriq yang telah mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade 2024 Paris.

Ilustrasi Digitalisasi (Ist)

Selasa, 15 Oktober 2024 - 22:17 WIB

FEKDI x KKI 2024 : Inovasi Ekonomi dan Keuangan Digital

FEKDI x KKI 2024 bertujuan untuk selebrasi atas kemajuan pesat digitalisasi Indonesia, sekaligus komitmen bersama untuk akselerasi transformasi digital ke depan.

Agen BRILink

Selasa, 15 Oktober 2024 - 21:27 WIB

AgenBRILink Bukti Nyata Peran BRI Ciptakan Pemerataan Ekonomi yang Inklusif

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, melalui inisiatif AgenBRILink, membuktikan perannya sebagai agen pembagunan khususnya dalam menciptakan pemerataan ekonomi yang inklusif di seluruh Indonesia.…

Topping Off Gedung Institut Neurosains Nasional di RS Pusat Otak Nasional (RSPON).

Selasa, 15 Oktober 2024 - 21:26 WIB

Menteri Kesehatan Topping Off Gedung INN di RSPON, Pusat Layanan Penelitian dan Layanan Unggulan Otak dan Saraf

Menkes Budi Gunadi Sadikin resmikan dua gedung INN di RSPON sebagai pusat pelayanan kesehatan komprehesif berbasis sitem cluster dan pusat pendidikan serta penelitian.