Asaki: Perpanjangan Harga Gas Murah Industri Dongkrak Investasi Hingga Lapangan Kerja Baru

Oleh : Ridwan | Senin, 08 Juli 2024 - 19:45 WIB

Ilustrasi instalasi gas. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi instalasi gas. (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memutuskan untuk memperpanjang kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) atau gas murah US$ 6 per MMBTU. Kebijakan ini akan diperpanjang untuk 7 sektor industri tertentu.

Adapun, ketujuh sektor industri tersebut antara lain, industri pupuk, petrokimia, oleochemical, baja, keramik, kaca, hingga sarung tangan karet.

Atas keputusan tersebut, Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mengapresiasi dan berterima kasih kepada Presiden Jokowi.

"Ini tentunya sebuah katalis positif dan sebuah penantian yang telah lama ditunggu-tunggu oleh industri keramik," kata Ketua Asaki, Edy Suyanto melalui keterangan resminya di Jakarta, Senin (8/7).

Dijelaskan Edy, kemampuan daya saing industri keramik nasional sangat tergantung kepada HGBT dan kelancaran supply gas, dimana komponen biaya produksi keramik, khususnya biaya energi gas rata-rata hampir 30%.

"Sudah sangat tepat kebijakan yang diambil pemerintah, karena HGBT harus dilihat sebagai economic driver bukan sebagai beban atau penerimaan negara bukan pajak yang berkurang," terangnya.

Menurut Edy, kebijakan perpanjangan HGBT sudah pasti akan memberikan banyak mutiplier effect seperti peningkatan tingkat utilisasi kapasitas produksi, menarik investasi baru yang akan menciptakan lapangan kerja baru, peningkatan kontribusi PPn dan PPh badan, serta peningkatan kinerja eskpor.

"Ini adalah kontribusi-kontribusi yang telah Asaki berikan pada saat pemberian HGBT sejak tahun 2021 yang lalu," tutur Edy.

Asaki berharap implementasi kebijakan HGBT sebesar USD 6 per MMBTU dijalankan sepenuhnya di lapangan.

"Pada kenyataannya saat ini dilapangan, HGBT bukanlah USD 6 per MMBTU melainkan sudah naik sejak pertengahan tahun 2023 menjadi USD 6,5 per MMBTU untuk batas pemakaian maksimal 60% dari alokasi volume gas dan selebihnya dikenakan harga gas super mahal sebesar USD 13,8 per MMBTU oleh PGN dengan alasan keterbatasan pasokan gas," paparnya.

"Semoga kebijakan perpanjangan HGBT sebesar USD 6 per MMBTU dipatuhi oleh PGN dan tidak diberlakukan lagi Alokasi Gas Industri Tertentu (AGIT)," ujar Wakomtap Kadin utk Industri Semen dan Keramik ini.

Asaki mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perindustrian (Menperin) yang terus menjaga dan memperjuangkan peningkatan daya saing industri keramik nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peresmian pembukaan gerai flagship Mitsubishi Heavy Industry AC (MHIAC) di PIK 2.

Kamis, 18 Juli 2024 - 00:37 WIB

Showroom Mitsubishis Heavy Indistries AC Pertama di Indonesia Resmi Dibuka di PIK 2

PT Graha Berkat Trading meresmikan pembukaan showroom flagship Mitsubishi Heavy Industries AC pertama di Indonesia yang ada di PIK 2.

Pengembang hunian properti Synthesis Development melalui Synthesis Huis meluncurkan unit cluster Baltic.

Rabu, 17 Juli 2024 - 22:52 WIB

Synthesis Huis Luncurkan Show Unit Cluster Baltic

Synthesis Huis Peluncuran show unit cluster Baltic menjadi wajah baru di Synthesis Huis, sebagai pengalaman yang berbeda untuk para konsumennya.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:50 WIB

Tarik Potensial Investor, Kemenparekrag Dorong Terbentuknya Indeks Emiten Parekraf

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong penguatan indeks saham di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air dengan melakukan pembentukan indeks khusus emiten…

Mobil listrik Suzuki berkonsep eVX (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:30 WIB

Perdana di Asia Tenggara, Suzuki Pamer Mobil Listrik eVX di GIIAS 2024

Suzuki Indonesia secara resmi memperkenalkan mobil listrik berkonsep eVX di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Kehadiran mobil listrik eVX di GIIAS 2024 menjadi penampilan…

Mitsubishi All New Triton & New Pajero Sport

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:10 WIB

Mitsubishi All New Triton & New Pajero Sport Resmi Meluncur GIIAS 2024

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi memperkenalkan All New Triton dan New Pajero Sport di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.