Agoric Permudah Pengembangan Smart Contract Cross-Chain dengan Integrasi IBC Protocol dari Cosmos

Oleh : Hariyanto | Senin, 08 Juli 2024 - 10:39 WIB

Agoric
Agoric

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Solusi cross-chain telah menjadi salah satu fokus utama bagi tim pengembang blockchain dalam menyediakan layanan yang terintegrasi dan mudah terhubung antar jaringan. Untuk itu, blockchain layer 1 Agoric mengintegrasikan tool Inter-Blockchain Communication Protocol (IBC) dari Cosmos, yang kemudian menghasilkan inovasi Orchestration API.

Integrasi ini memungkinkan para pengembang untuk menciptakan aplikasi terdesentralisasi (dApps) secara cross-chain dengan interoperabilitas antar jaringan yang mulus.

Sebagai informasi, IBC adalah inti dari blockchain Cosmos dan memungkinkan blockchain yang menggunakan protokol komunikasi ini untuk saling berinteraksi. IBC tidak berfungsi seperti bridge. Sebaliknya, blockchain mengirimkan paket informasi melalui smart contract yang memungkinkan mereka tidak hanya bertukar nilai tetapi juga menyampaikan berbagai bentuk data, seperti komunikasi, melalui protokol komunikasi ini.

Ini sejalan dengan fokus Agoric untuk menjembatani para pengembang dari Web2 untuk masuk ke Web3 secara mudah dengan memanfaatkan Harderned Javascript untuk mengembangkan smart contract cross-chain. Platform ini memiliki arsitektur multi-block asinkron yang memberikan keuntungan unik, memungkinkan pengembang untuk mengatur likuiditas dan layanan di seluruh ekosistem multi-chain yang berkembang.

Adapun integrasi ini juga memungkinkan pengembang menciptakan aplikasi yang mengintegrasikan ekonomi global dan sistem keuangan, mempermudah transaksi internasional dan manajemen aset lintas negara.

Pengembangan Cross-Chain yang Lebih Mudah dengan Agoric Orchestration API

Sebagai salah satu hasil dari pengembangan solusi cross-chain, Agoric memperkenalkan teknologi terbarunya yaitu Orchestration API, yang mempermudah para pengembang kripto untuk membangun dApps secara cross-chain dengan mudah, yang menghubungkan berbagai jaringan dan layanan blockchain.

Tool ini memungkinkan dApps untuk terhubung dalam ekosistem yang kohesif dan terintegrasi, sehingga dapat menawarkan pengalaman pengguna yang terpadu di berbagai blockchain dan protokol.

Adapun platform ini mendukung pengembangan instrumen keuangan inovatif di ruang DeFi, dengan memanfaatkan kekuatan berbagai jaringan blockchain. End-user dari aplikasi cross-chain ini akan merasakan pengalaman yang lebih mulus sehingga komunikasi dan transfer aset digital serta layanan yang lebih baik.

Beberapa dApps pertama yang dikembangkan dan dirilis menggunakan Agoric Orchestration API ini adalah Calypso, Inter Protocol, dan Crabble, dengan berbagai dApps lainnya yang segera menyusul.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Prov Kaltim

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:16 WIB

Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah Bagi Kalimantan Timur

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur.…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…