Agoric Permudah Pengembangan Smart Contract Cross-Chain dengan Integrasi IBC Protocol dari Cosmos

Oleh : Hariyanto | Senin, 08 Juli 2024 - 10:39 WIB

Agoric
Agoric

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Solusi cross-chain telah menjadi salah satu fokus utama bagi tim pengembang blockchain dalam menyediakan layanan yang terintegrasi dan mudah terhubung antar jaringan. Untuk itu, blockchain layer 1 Agoric mengintegrasikan tool Inter-Blockchain Communication Protocol (IBC) dari Cosmos, yang kemudian menghasilkan inovasi Orchestration API.

Integrasi ini memungkinkan para pengembang untuk menciptakan aplikasi terdesentralisasi (dApps) secara cross-chain dengan interoperabilitas antar jaringan yang mulus.

Sebagai informasi, IBC adalah inti dari blockchain Cosmos dan memungkinkan blockchain yang menggunakan protokol komunikasi ini untuk saling berinteraksi. IBC tidak berfungsi seperti bridge. Sebaliknya, blockchain mengirimkan paket informasi melalui smart contract yang memungkinkan mereka tidak hanya bertukar nilai tetapi juga menyampaikan berbagai bentuk data, seperti komunikasi, melalui protokol komunikasi ini.

Ini sejalan dengan fokus Agoric untuk menjembatani para pengembang dari Web2 untuk masuk ke Web3 secara mudah dengan memanfaatkan Harderned Javascript untuk mengembangkan smart contract cross-chain. Platform ini memiliki arsitektur multi-block asinkron yang memberikan keuntungan unik, memungkinkan pengembang untuk mengatur likuiditas dan layanan di seluruh ekosistem multi-chain yang berkembang.

Adapun integrasi ini juga memungkinkan pengembang menciptakan aplikasi yang mengintegrasikan ekonomi global dan sistem keuangan, mempermudah transaksi internasional dan manajemen aset lintas negara.

Pengembangan Cross-Chain yang Lebih Mudah dengan Agoric Orchestration API

Sebagai salah satu hasil dari pengembangan solusi cross-chain, Agoric memperkenalkan teknologi terbarunya yaitu Orchestration API, yang mempermudah para pengembang kripto untuk membangun dApps secara cross-chain dengan mudah, yang menghubungkan berbagai jaringan dan layanan blockchain.

Tool ini memungkinkan dApps untuk terhubung dalam ekosistem yang kohesif dan terintegrasi, sehingga dapat menawarkan pengalaman pengguna yang terpadu di berbagai blockchain dan protokol.

Adapun platform ini mendukung pengembangan instrumen keuangan inovatif di ruang DeFi, dengan memanfaatkan kekuatan berbagai jaringan blockchain. End-user dari aplikasi cross-chain ini akan merasakan pengalaman yang lebih mulus sehingga komunikasi dan transfer aset digital serta layanan yang lebih baik.

Beberapa dApps pertama yang dikembangkan dan dirilis menggunakan Agoric Orchestration API ini adalah Calypso, Inter Protocol, dan Crabble, dengan berbagai dApps lainnya yang segera menyusul.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI menjadi Official Mobile Banking Partner pada ajang tahunan Urban Sneaker Society (USS) 2024

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 12:39 WIB

USS 2024 presented by BRImo: Kolaborasi Fashion dan Lifestyle, Dukungan BRI Dorong Kreativitas Generasi Muda

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Terbaru, BRI menjadi Official Mobile Banking Partner pada…

Penerima bantuan Gerobak Kuliner SIG pada acara Serah Terima Bantuan di Desa Rejosari, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada Jumat (18/10/2024).

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:28 WIB

Dorong Peningkatan Ekonomi Pedesaan, SIG Bantu Pengembangan Usaha Mikro dan Infrastruktur Pertanian di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program TJSL kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan melalui…

Koordinator Pengawasan Kawasan Industri dan Perumahan BPKP Joko Sutrisno selaku Ketua Tim Assessment (paling kiri), SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza (kedua dari kiri), VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto (kedua dari kanan), dan PGS SVP Risk Management Telkom Rini Fitriani (paling kanan)

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:04 WIB

Telkom Perkuat Praktik Keberlanjutan, Skor ESG Meningkat Signifikan hingga Raih Predikat Sangat Baik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil mencapai peningkatan signifikan dalam penilaian ESG (Environmental, Social, and Governance) yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan…

Hewan ternak

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:39 WIB

Wabah SE di Bengkulu, Kementan Tingkatkan Upaya Pengendalian dan Pencegahan

Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengintensifkan langkah pengendalian terhadap kasus penyakit Septicaemia Epizootica (SE), yang juga dikenal sebagai penyakit sapi ngorok, di Provinsi Bengkulu.…

LPPNU bersama BPDPKS serta GAPKI dan Ketua Umum PBNU resmikan Sawit masuk Pesantren

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:21 WIB

LPPNU Luncurkan Program Sawit Goes to Pesantren

Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) menyelenggarakan kegiatan Launching Program Sawit Goes to Pesantren untuk mengedukasi santri dan warga Nahdliyin terkait manfaat serta…