FWD Group dan AWS Perpanjang Kolaborasi Teknologi Cloud dengan Perjanjian Lima Tahun

Oleh : Hariyanto | Jumat, 21 Juni 2024 - 17:18 WIB

FWD Insurance
FWD Insurance

INDUSTRY.co.id - Jakarta - FWD Group Holdings Limited (FWD Group atau FWD) mengumumkan perjanjian lima tahun untuk layanan teknologi dengan Amazon Web Services (AWS) sebagai bagian dari strategi cloud-first FWD.

Sebagai penyedia cloud strategis FWD Group, AWS akan terus membantu FWD dalam menjalankan aplikasi bisnis inti, mulai dari keuangan hingga antarmuka pelanggan dan agen asuransi. Kolaborasi yang diperpanjang dengan AWS ini juga akan memberikan FWD kelincahan, skalabilitas, dan ketahanan yang lebih besar saat FWD secara progresif beralih dari mengoperasikan pusat data miliknya.

“Di FWD, cloud computing adalah strategi bisnis holistik, tidak hanya memprioritaskan untuk fungsi teknologi saja. Mindset digital-first ini telah menghadirkan infrastruktur operasional dan kapabilitas yang tidak hanya aman dan berbasis cloud, namun juga sepenuhnya terintegrasi di seluruh fungsi bisnis dan dengan mitra seperti AWS," kata Sandeep Pandey, Group Chief Technology & Operations Officer FWD Group, Jumat (21/6/2024). 

"Melalui fondasi ini, kini kami dapat lebih lanjut meningkatkan penerapan kecerdasan buatan / artificial intelligence (AI) generatif kami secara efisien, efektif, dan bertanggung jawab, sejalan dengan visi kami untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi.” imbuhnya. 

Teknologi cloud telah berdampak positif pada pengembangan dan penerapan perangkat lunak FWD, mempercepat waktu untuk menjangkau pasar asuransi dan meningkatkan pengalaman nasabah. Pada akhir tahun 2023, 97 persen aplikasi FWD Group telah dimigrasikan ke cloud – naik dari 27 persen per 31 Desember 2020 – dengan 93 persen aplikasi yang ditargetkan untuk pensiun telah dihentikan.

Francessca Vasquez, Wakil Presiden Professional Services dan Generative Artificial Intelligence Innovation Center, AWS, mengatakan, AWS telah mendukung perusahaan-perusahaan di industri keuangan dan asuransi di seluruh dunia untuk melayani konsumen mereka dengan lebih baik melalui teknologi cloud dan AI selama lebih dari satu dekade. 

"Ambisi FWD Group untuk memanfaatkan keunggulan teknologi cloud dan AI generatif menunjukkan komitmen mereka terhadap transformasi digital dan kepuasan pelanggan. Kami senang dapat terus mendukung FWD Group dengan keandalan dan kapabilitas AWS yang telah terbukti, membantu mereka mempercepat inovasi, menghemat biaya, meningkatkan efisiensi, dan memperluas bisnis mereka," ujarnya. 

Contoh kolaborasi dengan AWS termasuk aplikasi Omne by FWD, sebuah aplikasi asuransi dengan proses layanan mandiri dan klaim digital yang berfokus pada pelanggan, yang mendapatkan penilaian net promoter score yang kuat sejak diperkenalkan pada tahun 2022. FWD juga didukung oleh AWS dalam pengembangan pusat keuangan terpusat berbasis cloud untuk mengumpulkan, memvalidasi, dan memproses data keuangan, investasi, dan aktuaria di FWD.

Antara tahun 2021 dan 2023, FWD mengalami pertumbuhan signifikan dalam sertifikat yang diberikan oleh penyedia cloud, termasuk AWS Skills Guild, sebuah program yang membangun kefasihan cloud di seluruh organisasi, yang melatih lebih dari 600 karyawan dan kontraktor FWD.

Platform cloud digital FWD Group mencakup analitik, manajemen basis data, dan AI untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan pengembangan. Strategi cloud-first ini merupakan fondasi bagi penerapan AI generatif FWD Group yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan operasi perusahaan di berbagai bidang seperti akuisisi, pemasaran, kinerja saluran dan agen, underwriting, klaim, dan layanan pelanggan. FWD Group memulai perjalanan AI-nya pada tahun 2019 dan kini memiliki hampir 200 model AI aktif yang diterapkan di seluruh bisnisnya, dengan lebih dari 600 use case.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Prov Kaltim

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:16 WIB

Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah Bagi Kalimantan Timur

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur.…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…