Sejauh Mata Memandang Gaungkan Pentingnya Kepedulian Terhadap Kondisi Terkini Planet Bumi

Oleh : Hariyanto | Jumat, 14 Juni 2024 - 10:49 WIB

Sejauh Mata Memandang
Sejauh Mata Memandang

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Jenama fesyen sirkular, Sejauh Mata Memandang (SMM), kembali merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 melalui pendekatan kreatif. Mulai 13 Juni 2024 hingga 21 Juli 2024 mendatang, pengunjung pusat perbelanjaan Grand Indonesia disuguhkan area pameran interaktif bertajuk “Bumi, Masa Depan Kita” yang digagas oleh Sejauh Mata Memandang, berkolaborasi dengan pengarah kreatif Felix Tjahyadi. 

Berlokasi di Rama Atrium, Grand Indonesia East Mall, lantai LG, pameran “Bumi, Masa Depan Kita” menampilkan instalasi bumi yang dirancang sebagai pengingat akan kondisi bumi saat ini yang sedang tidak baik-baik saja. 

“Melalui pameran ini, kami ingin menekankan pentingnya perhatian serta tindakan nyata demi kebaikan bumi. SMM juga turut mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan dengan upaya menerapkan praktik sirkular.” kata Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang, Kamis (13/6/2024). 

Pameran yang turut didukung oleh Dekranasda DKI Jakarta ini juga dihadirkan bertepatan dengan perayaan HUT Kota Jakarta yang ke-497 pada tanggal 22 Juni 2024 mendatang. Sehingga, budaya Betawi tampak kental mengilhami sebagian unsur dekoratif yang ada. 

“Pada kesempatan kali ini pameran SMM turut menghiasi atrium dengan ornamen hiasan kembang kelape, kerajinan tradisional Betawi yang biasanya digunakan dalam acara pesta, seperti yang terlihat mengelilingi instalasi bumi ini.” jelas Chitra. 

Pameran “Bumi, Masa Depan Kita” merupakan bagian dari WONDERLAB, sebuah acara multisensori yang diusung oleh Genexyz, perusahaan kreator Metahuman™, dan Grand Indonesia. Acara ini menghadirkan eksplorasi perjalanan ruang dan waktu yang didukung oleh teknologi mapping, robotik, kecerdasan buatan, dan Metahuman™. 

“Di area pameran “Bumi, Masa Depan Kita”, kami menampilkan sebuah story telling dari Metahuman™ Genexyz bernama LavCaca yang menyampaikan pesan untuk mengajak para pengunjung Grand Indonesia berperan aktif demi masa depan di bumi yang lebih baik.” ujar Belinda Luis, Co-Founder dari Genexyz. 

Ketika mengunjungi area pameran “Bumi, Masa Depan Kita”, pengunjung dimanjakan dengan berbagai kegiatan interaktif, salah satunya adalah tersedianya kotak penyaluran pakaian bekas untuk didaur ulang oleh EcoTouch untuk menjadi penyekat ruangan, peredam suara, benang dan kain. Selain itu, para pengunjung juga dapat berkonsultasi dan memperbaiki pakaian rusak pada repair station “Kembali Baik”, hasil kolaborasi SMM dengan Mulih.

Dalam kesempatan ini, SMM meluncurkan motif baru bernama "Pesan Bumi", mengadaptasi desain dari coretan dan tulisan pengunjung pameran Kisah Punah Kita di ARTJOG 2022 di Yogyakarta. Pesan-pesan ini merupakan harapan manusia untuk masa depan bumi yang lebih baik, diwujudkan dalam berbagai desain produk seperti kemeja lengan pendek perempuan, kemeja lengan pendek laki-laki, tas, pouch, dan lainnya. 

Proses pembuatan motif "Pesan Bumi" melibatkan kerjasama dengan Keluarga Sejauh, mitra usaha percetakan tekstil di Tangerang yang menerapkan proses produksi yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan, seperti menggunakan katun yang bersertifikat The Global Organic Textile Standard (GOTS) dan pewarna buatan bersertifikat ECO PASSPORT by OEKO-TEX® yang teruji aman untuk manusia dan lingkungan. 

Koleksi ini bisa didapatkan secara eksklusif di Warung Pop-Up Sejauh Mata Memandang yang berlokasi di Rama Atrium, Grand Indonesia East Mall, lantai LG dan webstore mulai tanggal 13 Juni 2024.

Setelah mengelilingi area pameran, pengunjung dapat berkunjung ke Warung Pop-Up Sejauh Mata Memandang. Warung unik ini dibuat dari 90% material guna ulang (reuse) dan daur ulang (recycle) dan menjual berbagai produk SMM. Selain itu, warung ini juga menghadirkan program Jual Kembali (resell) untuk pelanggan yang ingin menjual koleksi SMM preloved atau bekas pakainya. 

Hal ini dilakukan untuk mengurangi limbah, mendukung gaya hidup berkelanjutan, dan memastikan produk Sejauh tetap digunakan dan disukai. Setiap pembelian satu pakaian, para pengunjung turut andil dalam menanam satu pohon di Kawasan Ekosistem Leuser, Aceh Timur serta mendukung gerakan penjaga hutan wanita Women Rangers Aceh. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran eCanter di ajang GIIAS 2024 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:45 WIB

Mitsubishi Fuso Luncurkan eCanter di Ajang GIIAS 2024, Sematkan Segudang Fitur Mutakhir

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) secara resmi meluncurkan truk listrik, eCanter di pasar Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Indonesia menjadi…

(ki-ka) Dida Gardera Deputi II Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Perekonomian, Nasrullah Dirjen PKH Kementerian Pertanian, Budi Sulistyo Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Arya Seta Managing Director PT Napindo Media Ashatama secara resmi membuka penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo Agrotech ke-3, dan Indo Vet ke-4 di JCC Senayan

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:07 WIB

Indo Livestock dan Indo Fisheries 2024 Expo dan Forum Resmi Dibuka

PT Napindo Media Ashatama (Napindo) dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo…

CEO NeutraDC, Andreuw Th.A.F (kedua dari kiri) saat menjadi panelis dalam perhelatan forum internasional, Batam Interconnect World 2024 yang digelar di Marriot Batam Harbour Bay

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:54 WIB

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam di Forum Internasional SIJORI

Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan, NeutraDC sebagai anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) serta NeutraDC-Nxera Batam turut berpartisipasi aktif…

Direktur Group Business Development Telkom Indonesia, Honesti Basyir (ketiga dari kiri) dan Direktur Utama Finnet, Rakhmad Tunggal Afifuddin (ketiga dari kanan, topi hitam) saat melakukan pelepasan tukik di pantai Nusa Dua, Bali beberapa waktu lalu

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:47 WIB

Finnet Perkuat Komitmen ESG Lewat Pelepasan Tukik di Pantai Nusa Dua Bali

Sebagai langkah konkret memperkuat komitmen terhadap praktik Environmental, Social, and Governance (ESG), Group Business Development (GBD) Telkom Indonesia bersama anak perusahan, Finnet, melepas…

LLumar

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:48 WIB

Sponsori GIIAS 2024, JKIND Kenalkan Produk Unggulan Terbaru Bagi Pencinta Otomotif Tanah Air

PT Jaya Kreasi Indonesia (JKIND), penyedia kaca film dan paint protection film (PPF) terkemuka yang berpengalaman lebih dari 40 tahun dan memiliki lebih dari 100 jaringan authorized dealer di…