Kolaborasi BIRU dan Hotel Royal Tulip Gunung Geulis Dorong Penyerapan Tenaga Kerja Lulusan SMK

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 04 Juni 2024 - 22:34 WIB

(dari kanan) Presiden Direktur PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU), Kristiyanto Widiyawan; bersama Human Resources Manager Hotel Royal Tulip Gunung Geulis, Yogi Iswandi saat penandatanganan kerja sama.
(dari kanan) Presiden Direktur PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU), Kristiyanto Widiyawan; bersama Human Resources Manager Hotel Royal Tulip Gunung Geulis, Yogi Iswandi saat penandatanganan kerja sama.

INDUSTRY.co.id - Bogor - PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU) meresmikan kerja sama Pengembangan Pelatihan Keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan Hotel Royal Tulip Gunung Geulis, Gunung Geulis, Bogor, Jawa Barat. 

Kemitraan ini mempertegas komitmen BIRU dalam memperluas kontribusinya bagi pertumbuhan ekosistem industri hospitality, khususnya sektor perhotelan, sekaligus mendukung agenda pemerintah dalam meningkatkan kompetensi SDM.

Kemitraan ini mencakup pelatihan, pendampingan, konsultasi, dan pengembangan kompetensi untuk meningkatkan kualitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sektor perhotelan. Para siswa akan mengikuti serangkaian pelatihan serta peningkatan kompetensi yang terfokus dan praktis di bidang front office, housekeeping, hingga layanan food and beverage. 

Anak usaha PT Delta Dunia Makmur Tbk (Delta Dunia Group, IDX: DOID) yang berfokus di bidang pendidikan, vokasi, dan ekonomi sirkular ini akan menempatkan siswa dari mitra SMK untuk magang di Hotel Royal Tulip Gunung Geulis.

Hotel Royal Tulip Gunung Geulis juga akan berperan aktif dalam mengevaluasi dan memvalidasi modul pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan oleh BIRU. 

Kemitraan platform Bisa Ruang Vokasi (BRV) mengintegrasikan pendidikan vokasi dengan industri melalui konsep ‘link and match’, mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan pemerintah dalam meningkatkan kompetensi SDM sekaligus mengurangi kesenjangan antara kurikulum pendidikan dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Kristiyanto Widiyawan, Presiden Direktur BIRU, mengatakan, kerja sama dengan Hotel Royal Tulip Gunung Geulis menambah portofolio kemitraannya dengan industri dalam mengembangkan program pelatihan dan pengembangan kompetensi siswa dan lulusan SMK. 

"Sebagai hotel bintang 5 ternama di Indonesia, Hotel Royal Tulip Gunung Geulis merupakan mitra ideal bagi BIRU untuk mengembangkan modul pelatihan BIRU sesuai dengan standar tertinggi perhotelan, sejalan dengan rencana ekspansi BIRU," kata Kristiyanto.

Yogi Iswandi, Human Resources Manager Hotel Royal Tulip Gunung Geulis, menyambut baik kolaborasi ini. Karena menurutnya, kerja sama antara industri dan pendidikan sangat penting untuk menghadapi tantangan di dunia industri yang terus berkembang. 

"Melalui kolaborasi ini, kami mendapatkan akses langsung kepada talenta siap industri yang sesuai standar Hotel Royal Tulip Gunung Geulis. Kami yakin kolaborasi ini akan membuka peluang besar bagi para siswa untuk mengembangkan keterampilan praktis dan pengetahuan mendalam tentang industri perhotelan,” kata Yogi.

Sebagai salah satu wujud nyata komitmen environmental, social and governance (ESG) Delta Dunia Group, BIRU diharapkan dapat mendukung agenda pembangunan berkelanjutan perusahaan, khususnya dalam hal peningkatan kompetensi SDM yang berdaya saing global melalui pendidikan berbasis industri dan pemberdayaan kewirausahaan sosial. 

Sebelumnya, BIRU telah menjalin kemitraan serupa dengan Hotel Indah Palace di Solo, Jawa Tengah. Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2018, BRV telah berhasil mendukung kebutuhan tenaga kerja di industri energi dan pertambangan dengan melatih 2.113 siswa SMK dari 23 SMK di seluruh Indonesia. 

Sejak 2023 BIRU memperluas jangkauannya ke sektor pariwisata dan perhotelan dengan menargetkan 44.000 peserta didik, 2.500 penerima beasiswa, dan 2.000 peserta pengembangan kompetensi guru hingga 2027.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Prov Kaltim

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:16 WIB

Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah Bagi Kalimantan Timur

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur.…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…