ACT Abu Dhabi Telah Beroperasi, Kapasitas 100.000 CBM

Oleh : Candra Mata | Jumat, 17 Mei 2024 - 13:20 WIB

Foto ACT Abu Dhabi
Foto ACT Abu Dhabi

INDUSTRY.co.id - Abu Dhabi, UEA - Dengan bangga, Arabian Chemical Terminals LLC in Abu Dhabi (ACTAD) mengumumkan telah memulai pengoperasian di terminal penyimpanan tangki bahan kimia yang baru dibangun di Pelabuhan Khalifa, Abu Dhabi, UEA. Terminal ini adalah tangki kimia komersial pertama di jenisnya di UEA.

Dengan lokasi strategis di Pelabuhan Khalifa kelas dunia yang baru dan berdekatan dengan Khalifa Economic Zone Abu Dhabi (KEZAD) yang modern dan luas, ACTAD akan turut berupaya mempromosikan berbagai industri baru di UEA.

ACTAD dirancang dan dibangun dengan kecanggihan yang mematuhi standar internasional tertinggi dan memiliki total 40 tangki dengan berbagai spesifikasi (20 Baja Karbon, termasuk 10 dengan IFR; dan 20 Baja Tahan Karat, termasuk 10 tangki berinsulasi dengan sistem pemanas/pendingin) untuk total kapasitas penyimpanan 100.000 CBM. 

Setiap tangki memiliki jalur pipa khusus ke berth khusus dengan draft sepanjang 16 meter dan ruang pemuatan truk khusus, sehingga tidak ada risiko kontaminasi silang produk dan meningkatkan efisiensi maupun fleksibilitas operasional yang maksimum bagi pelanggan.

Selain itu, lokasi ini memiliki gudang seluas 500 meter persegi untuk menyimpan barang-barang berbahaya dan penyediaan pengisian drum/IBC.

Terminal ini dilengkapi laboratorium surveyor pihak ketiga yang dioperasikan secara independen dan lengkap untuk pengambilan sampel dan pengujian.

ACTAD beroperasi dengan Sistem Manajemen Terpadu sesuai Standar Internasional; ISO-9000, 14000, 18000, CDI-T dan ISGOTT.

Terminal ini akan membantu industri lokal mengimpor kebutuhan bahan kimia cair mereka dalam jumlah besar atau mengekspor produk kimia cair ke seluruh dunia. Selan itu juga berfungsi sebagai pusat penyimpanan dan/atau pengoperasian break-bulk bagi perusahaan internasional karena lokasi strategisnya di kawasan berikat di Pelabuhan Khalifa.

ACTAD adalah perluasan dari Arabian Chemical Terminals LTD in Saudi Arabia (ACT-KSA). ACT-KSA merupakan pemilik/operator dua terminal lain, yaitu di Yanbu di pesisir Laut Merah dan di Jubail Commercial Port di Teluk Arab. 

Bermula dari awal yang sederhana pada tahun 1986 di Yanbu, ACT-KSA adalah tangki pengumpul produksi minyak (tank farm) komersial pertama yang didirikan di Arab Saudi, dimulai dari kapasitas penyimpanan sebesar 13.000 CBM. 

Pada tahun 2012, ACT-KSA membangun fasilitas penyimpanan curah komersial pertama di Jubail dan menambah kapasitas penyimpanan 70.000 CBM dengan berbagai spesifikasi dan ukuran tangki. Saat ini, terminal Jubail sedang diperluas untuk menambah kapasitas 70.000 CBM.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(kiri-kanan). Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (dua dari kiri), Direktur Sales PT Telekomunikasi Selular Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur PT Pertamedika Bali Hospital Mochamad Sonny Irawan, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk dan PT Adi Sarana Transportasi Jerry Fandy Tunjungan (paling kanan)

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:36 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng Mitra Strategis

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan ekosistem halal di Indonesia.

Dari ki-ka: Vice Grand Sheikh of University Al Azhar Cairo Mesir HE. Prof. Dr. Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Komisaris Utama BSI Muliaman D. Hadad, dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro saat setelah Seminar International "Collaborative Framework for Holistic Islamic Ecosystem" pada gelaran BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:17 WIB

BSI dan Al-Azhar Mesir Satukan Visi untuk Ekosistem Islam yang Berkelanjutan di BSI International Expo

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekosistem Islam di sektor pendidikan melalui kolaborasi strategis dengan Al-Azhar Cairo Mesir.

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

BRI masuk 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:23 WIB

Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Media ekonomi terkemuka dunia, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara…

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…