Catat, Ini Tipe Peserta yang Terdampak Penyesuaian Kontribusi Asuransi Syariah

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 02 April 2024 - 15:16 WIB

Tipe peserta yang terdampak kontribusi asuransi syariah
Tipe peserta yang terdampak kontribusi asuransi syariah

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di dalam asuransi syariah, baik itu asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan, penyesuaian Kontribusi merupakan salah satu upaya untuk melindungi dan memberikan layanan yang optimal kepada peserta di setiap tahapan kehidupan. 

Setidaknya ada empat faktor yang memengaruhi besaran Kontribusi asuransi syariah. Pertama usia peserta, seiring bertambahnya usia, risiko kesehatan Peserta cenderung meningkat. Yaitu usia, jenis kelamin, riwayat kesehatan, dan jenis asuransi syariahnya.

Dalam konteks asuransi jiwa syariah dan asuransi kesehatan syariah, beberapa tipe peserta berpotensi untuk mengalami penyesuaian Kontribusi. Berikut ini adalah beberapa tipe peserta asuransi syariah yang terdampak penyesuaian Kontribusi:

1. Kelompok Usia Lanjut untuk Perhitungan Risiko Kesehatan dan Kematian 
Usia memang merupakan salah satu faktor penentu dalam perhitungan Kontribusi asuransi syariah. Makin tua usia seseorang, maka semakin tinggi risiko terkait kesehatan dan bahkan kematian yang dihadapi. Peserta dengan usia lanjut mungkin akan menghadapi kenaikan Kontribusi sebagai refleksi dari risiko yang lebih besar yang akan dikelola oleh perusahaan asuransi jiwa syariah.

2. Biaya Kesehatan Lebih Tinggi bagi Perokok Aktif 
Bagi perokok aktif, kenaikan Kontribusi adalah realita yang harus dihadapi. Risiko kesehatan yang lebih tinggi, terutama oleh penyakit yang terkait dengan rokok, membuat perusahaan asuransi syariah cenderung menetapkan Kontribusi yang lebih tinggi bagi mereka yang merokok. 

3. Penderita Penyakit Kronis 
Seseorang dengan riwayat penyakit kronis, seperti diabetes, kanker, atau penyakit jantung, dapat menghadapi Kontribusi yang lebih tinggi. Perusahaan asuransi syariah akan mengevaluasi risiko peserta berdasarkan riwayat kesehatan, dan penyakit kronis dapat menjadi faktor penentu dalam menentukan besaran Kontribusi yang akan ditetapkan. 

4. Peserta dengan Pekerjaan yang Berisiko Tinggi 
Peserta dengan pekerjaan yang berisiko tinggi, seperti di sektor konstruksi, pertambangan, atau penerbangan, menghadapi tantangan khusus dalam aspek perlindungan asuransi. Adanya risiko kecelakaan yang lebih tinggi pada pekerjaan ini sering kali memengaruhi besaran Kontribusi yang harus dibayarkan oleh pekerja tersebut. 

Bagi kamu yang termasuk dalam kelompok risiko tinggi, seperti memiliki pekerjaan berisiko tinggi, perokok aktif, atau memiliki riwayat penyakit kronis, pemahaman tentang penyesuaian Kontribusi asuransi syariah menjadi hal yang penting untuk dipahami. 

Selain itu, pengisian Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) dengan jujur serta keterbukaan peserta akan kondisi kesehatan juga penting dilakukan untuk menghindari penolakan klaim.

"Penyesuaian Kontribusi terjadi dikarenakan adanya penyesuaian layanan yang perlu dilakukan agar lebih optimal untuk menjalankan amanah dari Peserta. Selain itu, dengan Prudential Syariah, Peserta dapat tetap saling tolong-menolong satu sama lain sehingga keberkahan dalam hidup pun juga dapat diraih,” kata Bondan Margono, Head of Product Development Prudential Syariah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 14 April 2024 - 11:33 WIB

Ketua MPR RI Dukung Panglima TNI Tetapkan Penyebutan OPM dan Tegaskan Keselamatan Bangsa di Atas Segalanya

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menetapkan penyebutan kelompok bersenjata yang menuntut Papua merdeka…

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Minggu, 14 April 2024 - 09:36 WIB

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Laporan Aktor Aktris On Location Atau LAKONE yang dipandu wartawan kawakan Sutrisno Buyil terus Melaju dengan mewawancarai bintang beken yang saat ini sibuk berkarier di industri hiburan. Pada…

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Minggu, 14 April 2024 - 09:23 WIB

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Setelah berpuasa 30 hari, saatnya merayakan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Lebaran memang selalu menjadi momen yang dinantikan oleh umat muslim dan saat tepat untuk berkumpul bersama keluarga.…

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Minggu, 14 April 2024 - 06:54 WIB

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung dari Banten hingga Jawa Timur (Jatim). Jalan…

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Minggu, 14 April 2024 - 06:42 WIB

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Para Bintara pembina desa dari jajaran Kodim 1710/Mimika di tingkat Koramil kian intens melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat di wilayah tugasnya. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa…