Program HGBT Ciptakan Multiplier Effect yang Sangat Luas, Asaki: Mutlak dan Harus Dilanjutkan

Oleh : Ridwan | Senin, 01 April 2024 - 17:30 WIB

Ilustrasi Penurunan Harga Gas Industri (foto-Sindonews.com)
Ilustrasi Penurunan Harga Gas Industri (foto-Sindonews.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto menyebut bahwa multiplier effect dari kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk sektor industri sangat luas. 

Bahkan, dirinya mengungkapkan bahwa multiplier effect dari kebijakan HGBT tersebut telah disampaikan kepada Kementerian ESDM melalui Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas).

"Kami sudah sampaikan multiplier effect dari HGBT, salah satunya terjadi perbaikan daya saing industri keramik nasional," kata Edy kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Edy, sebelum kebijakan HGBT digulirkan, industri keramik nasional mengalami stagnasi, utilisasi selalu di angka 60 - 65%. 

"Utilisasi keramik nasional stagnan di antara 60-65%, tidak pernah ada peningkatan. Namun, setelah diberikan HGBT di tahun 2020, tingkat utilisasi meningkat menjadi 75% di 2021, dan 78% di 2022," terangnya.

Selain itu, kebijakan HGBT juga mendorong industri keramik nasional masuk ke dalam zona ekspansif. Tak hanya itu, kebijakan harga gas murah industri juga mampu menarik investasi di industri keramik nasional.

"Di tahun 2021 - 2024, ada investasi masuk kurang lebih Rp20 triliun atau sekitar 75 juta m2 atau setara dengan 100% keramik impor," ucap Edy.

Menurut Edy, dengan adanya peningkatan 75 juta m2 itu tentunya akan ada penyerapan tenaga kerja baru sekitar 10-12 ribu orang. Angka tersebut melengkapi jumlah tenaga kerja yang bergerak di bawah naungan Asaki yang mana sudah mempekerjakan total 150 ribu karyawan.

"Dengan selesainya ekspansi di awal tahun depan, kapasitas terpasang keramik nasional akan mencapai 625 juta m2 per tahun, dan ini akan menempatkan Indonesia menjadi nomor 4 produsen terbesar di dunia. Jadi ini yang harus dilihat oleh pemerintah bahwa sektor keramik merupakan industri strategis yang harus mendapatkan perhatian khusus," katanya.

Oleh karena itu, Asaki meminta pemerintah melanjutkan kebijakan harga gas murah untuk industri. Pasalnya, industri keramik sangat haus akan energi, dimana 30% biaya produksi berasal dari energi.

"Program HGBT ini mutlak dilanjutkan, karena industri keramik sangat strategis," ucapnya.

Dirinya selalu menyampaikan ke pemerintah bahwa program HGBT ini harus dilihat sebagai economic driver, jangan dilihat dari sisi penerimaan pajak yang menurun. 

"Tapi harus dilihat dari multiplier effect jadi jangan sepotong-portong lihatnya," tegas Edy.

Asaki terus memiliki harapan bahwa program HGBT untuk sektor industri akan tetap dilanjutkan begitu juga dengan pemerintahan selanjutnya. 

"Kami yakin bahwa pemerintahan baru akan memiliki persamaan visi dan misi dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan HGBT ini akan terus dilanjutkan," tutup Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…