Di Tengah Tantangan Pasar Domestik, TAYS Lebarkan Sayap ke Pasar Ekspor

Oleh : Herry Barus | Senin, 01 April 2024 - 12:40 WIB

PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (IDX: TAYS), produsen makanan ringan sehat asal Indonesia
PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (IDX: TAYS), produsen makanan ringan sehat asal Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (IDX: TAYS), produsen makanan ringan sehat asal Indonesia yang telah menembus pasar internasional, membukukan kinerja yang terkoreksi di tahun 2023 karena tantangan pasar. Penjualan bersih secara y-o-y juga terkoreksi dari Rp332,02 miliar di 2022 menjadi Rp 255,59 miliar di 2023.

Di tengah lesunya kondisi pasar tradisional domestik, TAYS melebarkan sayapnya ke pasar ekspor dengan produk andalannya, TRICKS Baked Crisp. Produk TRICKS terbukti diterima di pasar internasional dengan peningkatan penjualan hingga 89% di 2023. Hal ini berkontribusi ke peningkatan kinerja ekspor yang tercatat naik ke angka Rp67,68 miliar di tahun 2023.

Alexander Anwar, CEO Tays Bakers mengatakan, “Tahun 2023 menjadi tahun yang menantang dengan kondisi pasar yang secara umum cenderung lesu dan permintaan yang lemah. Meski demikian, TAYS tetap tangguh dan secara proaktif terus melakukan peninjauan dengan cermat dan menjalankan berbagai strategi baru untuk mempertahankan posisi kompetitif di pasar. Salah satu strategi kami menghadapi tantangan pasar domestik adalah dengan melebarkan sayap ke pasar ekspor, yang potensinya cukup besar bagi kami.”

Awal tahun ini, produk TRICKS kami mulai beredar di pasar Jepang melalui Mixio Holdings Incorporated, dan telah diterima dengan baik. TRICKS menjadi produk yang digemari di Negeri Sakura. Pada kuartal pertama ini, TRICKS dipromosikan di Jepang dengan menggandeng boyband Jepang ‘7  Men Samurai’ dan gencar melakukan kampanye pemasaran di media sosial, yang turut berkontribusi meningkatkan minat beli dari masyarakat Jepang.

Untuk meningkatkan kinerja di 2024 ini, TAYS juga melakukan perluasan distribusi, baik di dalam maupun luar negeri sebagai salah satu upaya perusahaan dalam mempercepat pertumbuhan bisnis di tahun 2024 ini. TAYS telah melakukan restrukturisasi dan perapihan jaringan distribusi untuk dapat menjangkau wilayah yang lebih luas di dalam negeri, dimulai dengan wilayah Jawa Barat pada awal tahun ini.  TAYS juga sudah mulai menjalankan ekspansi distribusi di tingkat nasional, termasuk ke wilayah yang selama ini belum tergarap. Hingga saat ini, produk TAYS telah tersedia di 25.000 outlet ritel yang tersebar di seluruh Indonesia. Tays menargetkan perluasan titik distribusi untuk mencapai 100 ribu outlet dalam 2 tahun ke depan.

 

“Selain dengan merapikan dan memperluas jaringan distribusi dalam negeri, berbagai upaya pemasaran baik secara online maupun offline akan terus kami dorong guna mendapatkan kembali pangsa pasar. Kami optimis bahwa seiring dengan berbagai upaya yang kami lakukan, performa kami di tahun 2024 akan membaik,” tambah Alex.

Didirikan pada tahun 1998, Tays Bakers memulai usahanya dengan 1-line produksi wafer stick dengan merek dagang Nitchi. Kini, perusahaan berkembang terus dan memiliki empat kategori produk yaitu Biscuit & Crackers, Rolled Wafer, Extruded Puff Snack dan Chocolate Confectionary dengan berbagai merek dagang yang cukup dikenal salah satunya produk TRICKS Baked Crisp. Produk-produk Tays Bakers telah diekspor ke mancanegara, seperti ASEAN, China, Taiwan, Jepang, Korea, Australia, Timur Tengah, hingga Amerika Serikat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…