Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id
Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik berhati-hati selama arus mudik hingga arus balik.

Pasalnya, BMKG telah memprediksi potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia selama masa mudik Lebaran 2024. Karena itu, pemudik dengan kendaraan pribadi diimbau waspada terhadap cuaca yang akan terjadi.

Mudik dengan mobil pribadi, banyak faktor yang harus diperhatikan. Tidak hanya mewaspadai kondisi lalu lintas saja, kondisi fisik prima bagi pengemudi dan penumpang, sampai transportasi yang digunakan juga perlu diperhatikan dan dipersiapkan.

Menjelang mudik, penting untuk Anda memperhatikan kondisi mobil, sistem dan semua komponennya secara menyeluruh agar aman dan nyaman dalam perjalanan.

Untuk itu, Roojai penyedia asuransi online di Indonesia yang berizin resmi dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengungkapan cara aman dan nyaman mudik Lebaran saat cuaca ekstrem.

Jaga Kesehatan Sebelum dan Saat Mudik

Sebelum pergi mudik, jaga dan periksakan kesehatan tubuh. Jika Anda telah terdeteksi penyakit tertentu, maka teratur mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter.

Kenali pula gejala awal yang bisa diketahui untuk mencegah terjadinya perburukan kondisi. Untuk itu, pastikan Anda membawa perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan dan vitamin dalam perjalanan mudik.

Persiapkan Fisik dan Mental Pemudik

Pemudik harus mempersiapkan mental dan fisiknya agar siap menghadapi perjalanan yang bisa menguras energi. Selain cukup istirahat, pemenuhan makanan bergizi yang baik dan cukup asupan vitamin bisa membantu mewujudkannya.

Terutama untuk pengemudi yang bertugas membawa kendaraan pribadi. Pastikan bila kondisi sedang tidak prima atau mengantuk untuk tidak memaksakan diri atau berhenti sejenak.

Untuk itu, istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan akan membantu menjaga kondisi Anda tetap fit. Jika sudah merasa lelah, luangkan waktu sejenak beristirahat dengan melakukan peregangan dan membawa kendaraan beristirahat.

Cek Kondisi Mobil

Jika perjalanan mudik dilakukan dengan kendaraan pribadi, maka pastikan kondisi mobil aman. Yaitu, dengan memeriksa melakukan pengecekan mesin, rem, oli, ban, sistem kelistrikan, air radiator, kaki-kaki mobil, dan peralatan untuk berjaga-jaga seperti dongkrak, obeng dan tang.

Semua komponen-komponen tersebut wajib dicek agar perjalanan mudik ke kampung halaman senantiasa aman dan nyaman. Tak hanya memastikan pengecekan mobil secara berkala saja, service insidental di bagian tertentu seperti body atau bumper juga penting untuk dilakukan. 

Mudik Tenang dengan Proteksi Terbaik

Sebelum mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan keselamatan dan keamanan selama di perjalanan terjaga. Untuk mewujudkannya, proteksi finansial kendaraan dengan asuransi mobil.

Seperti diketahui, asuransi mobil dapat menanggung biaya perbaikan dari berbagai risiko tak terduga yang terjadi saat sedang berkendara. Mulai dari kerusakan hingga kehilangan, semua bisa ditanggung proteksi ini.

Seluruh manfaat tersebut diperoleh dari proteksi terbaik asuransi mobil All Risk. Perawatan untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, Anda pun bisa memanfaatkan produk proteksi tersebut.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan agar mudik ke kampung halaman senantiasa aman dan nyaman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…