Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

Oleh : Ridwan | Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)
PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yang mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

Penjualan bersih ARNA menurun 5,38% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp2,5 tiliun. Sementara hasil laba bersih juga mengalami penurunan 22,72% dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp576,21 miliar.

"Pasar bahan bangunan yang relatif lebih lesu di tahun 2023 menyebabkan penjualan relatif melemah dibandingkan tahun sebelumnya, namun manajemen mencanangkan untuk meraih hasil yang lebih baik di tahun 2024," kata Chief Operating Officer Arwana Citramulia Edy Suyanto seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Public Expose (PE) di Tangerang (28/3).

ARNA optimistis penjualan bersih atau net sales akan tumbuh lebih baik di tahun ini. Emiten keramik itu menargetkan pendapatan mampu tumbuh hingga 7,8% di tahun 2024.

"Kami menargetkan pendapatan tahun ini tumbuh mencapai Rp2,64 triliun atau meningkat 7,8%. Sementara laba bersih tahun ini ditargetkan mencapai Rp461 miliar atau tumbuh 3,6% dibandingkan tahun lalu," terangnya.

Untuk menggenjot kinerja penjualan tahun ini, ARNA bakal memperluas jaringan pemasaran. ARNA bakal membuka 6 depo baru yang berlokasi di Dumai, Probolinggo, Aceh, Singkawang, Pangkalan Bun dan lokasi terakhir berada di Provinsi Kalimantan Utara.

"Jadi tahun ini ada 6 depo baru yang akan kami buka untuk melengkapi jumlah toko yang sudah bertransaksi di tahun lalu. Harapan kami dengan adanya depo baru, paling tidak kami bisa melayani di atas 38 ribu outlet," ungkap Edy.

Edy Suyanto menyebut bahwa, pihaknya bakal semakin ekspansif membangun pabrik baru untuk menumbuhkan kinerja pendapatan.

Sejak triwulan pertama 2023, ARNA sudah memiliki pabrik baru Plant 5C yang memproduksi produk yang bernilai tambah lebih tinggi, yaitu produk bermerek ARNA Solitaire. 

Output dari pabrik ini tercatat meraih penjualan sebesar 2,71 juta m2 dengan total nilai penjualan sebesar Rp205,78 miliar. 

ARNA mencanangkan ekspansi lebih lanjut dengan pembangunan pabrik Plant 4C dan Plant 4D di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, yang juga ditujukan untuk menghasilkan produk-produk bernilai tambah lebih tinggi. 

Output-nya diharapkan akan semakin memperkuat profitabilitas perusahaan ke depannya. 

"Plant 4C diproyeksikan akan selesai dan mulai beroperasi di tahun 2025," tutup Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 14 April 2024 - 11:33 WIB

Ketua MPR RI Dukung Panglima TNI Tetapkan Penyebutan OPM dan Tegaskan Keselamatan Bangsa di Atas Segalanya

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menetapkan penyebutan kelompok bersenjata yang menuntut Papua merdeka…

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Minggu, 14 April 2024 - 09:36 WIB

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Laporan Aktor Aktris On Location Atau LAKONE yang dipandu wartawan kawakan Sutrisno Buyil terus Melaju dengan mewawancarai bintang beken yang saat ini sibuk berkarier di industri hiburan. Pada…

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Minggu, 14 April 2024 - 09:23 WIB

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Setelah berpuasa 30 hari, saatnya merayakan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Lebaran memang selalu menjadi momen yang dinantikan oleh umat muslim dan saat tepat untuk berkumpul bersama keluarga.…

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Minggu, 14 April 2024 - 06:54 WIB

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung dari Banten hingga Jawa Timur (Jatim). Jalan…

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Minggu, 14 April 2024 - 06:42 WIB

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Para Bintara pembina desa dari jajaran Kodim 1710/Mimika di tingkat Koramil kian intens melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat di wilayah tugasnya. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa…