Permudah Traveler Muslim, Korea Selatan Tambah Ratusan Restoran

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 31 Juli 2017 - 14:05 WIB

Ilustrasi Traveler Muslim (alea515_ /Instagram/havehalalwilltravel)
Ilustrasi Traveler Muslim (alea515_ /Instagram/havehalalwilltravel)

INDUSTRY.co.id, Korea Selatan - Menurut Organisasi Pariwisata Korea (KTO) mendorong pembukaan 117 restoran Muslim baru di seluruh Korea Selatan. Jadi, hingga kini totalnya berjumlah 252 restoran yang bisa dinikmati oleh turis Muslim.

"Sistem klasifikasi restoran Muslim-friendly adalah proyek yang telah dikerjakan oleh KTO sehingga wisatawan Muslim di Korea dapat menikmati makanan mereka tanpa khawatir," ujar organisisasi tersebut  dikutip dari laman asiaone, Senin (31/7/2017).

Untuk membangun restoran halal, ada empat syarat yang harus sudah tersertifikasi, yakni "halal certified", "self-certified", "Muslim-friendly" dan "pork free".

Restoran yang "bersertifikat halal" adalah makanan yang hanya menyajikan makanan halal dan telah mendapatkan sertifikasi dari organisasi sertifikasi eksternal, setelah melakukan proses evaluasi. Sedangkan Restoran yang "self-certified" adalah tempat pemiliknya sendiri menyatakan bahwa menu mereka hanya menyajikan makanan halal.

Sementara itu, restoran "Muslim-friendly" menawarkan pilihan makanan halal di menu mereka, juga makanan non-halal, sementara restoran "pork free" tidak mengandung daging babi dalam produk mereka.  

Dari 117 restoran yang sedang dikembangkan, 75 persen berada di daerah pedesaan untuk memastikan aksesibilitas makanan halal di lebih banyak wilayah, sehingga menawarkan kemudahan lebih jauh bagi wisatawan Muslim. Selain itu, dari restoran-restoran ini, 71 adalah restoran biasa, sementara yang satu adalah waralaba.

KTO telah mengumumkan bahwa selama dua bulan bulan September dan Oktober, mereka akan menjadi tuan rumah "Halal Restaurant Week".

Mereka berencana mengundang koki terkenal untuk membantu mempromosikan restoran Muslim-friendly ini di Korea.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Atal S Depari Ketua PWI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 07:00 WIB

Ketum PWI: Secara Konstitusional Belum Ada yang Terpilih Sebagai Presiden

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari menegaskan, sebenarnya sebelum perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai, belum ada yang terpilih sebagai Presiden…

Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 06:26 WIB

Pemblokiran Jurdil2019.org Ciderai Demokrasi

Pemblokiran situs Jurdil2019.org oleh Kemenkominfo dan Bawaslu dinilai telah menciderai demokrasi, karena prosesnya tanpa peringatan terlebih dahulu. Telebih lagi, amanah UU mewajibkan pemerintah…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 23 April 2019 - 06:12 WIB

Kebijakan Fiskal Pemerintah yang Pruden Mendukung Pencapaian Target Pembangunan APBN 2019

Jakarta - Pelaksanaan APBN 2019 sampai dengan 31 Maret berjalan aman sesuai dengan kebijakan fiskal Pemerintah yang akan mendukung pencapaian target pembangunan APBN 2019. Hal ini disampaikan…

Diskusi hari bumi bersama BNI Syariah

Selasa, 23 April 2019 - 05:54 WIB

BNI Syariah Dukung UMKM Lakukan Green Activity

Jakarta - Dalam mendukung program Pemerintah yaitu SDG’s (Sustainable Development Goals) dan Green Banking, BNI Syariah berupaya untuk mendorong pengusaha UMKM dalam menerapkan green activity.…

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…