Adaptasi Inovasi Teknologi Periklanan OOH, Alternative Media Group Hadirkan Dynamic OOH

Oleh : Hariyanto | Selasa, 19 Maret 2024 - 15:00 WIB

Konten Dinamis Media Luar Griya AMG
Konten Dinamis Media Luar Griya AMG

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Seiring dengan berkembangnya lanskap periklanan di era digital, AMG (Alternative Media Group) tak ketinggalan turut mengadaptasi inovasi teknologi dalam periklanan OOH (Luar Griya) dengan menghadirkan Dynamic OOH atau Konten Dinamis Media Luar Griya. Inovasi ini menjanjikan transformasi media dan iklan menjadi pengalaman yang lebih dinamis dan menarik bagi konsumen. 

Berkat dukungan teknologi, pengiklan dapat menyesuaikan konten berdasarkan faktor-faktor seperti waktu, kondisi cuaca, lokasi, dan bahkan profil demografis orang yang lewat. Seperti iklan salah satu platform e-commerce yang tampil beberapa waktu lalu di layar OOH Gedung Sarinah Jakarta. Iklan tersebut menghadirkan konten dinamis dengan merespon kondisi cuaca secara real-time guna meningkatkan relevansi dengan audience-nya.

“Pada Dynamic OOH materi iklan yang cerdas memanfaatkan data eksternal tersedia yang berfungsi sebagai pemicu munculnya konten iklan dengan pesan yang sesuai dengan konteks kondisi saat itu. Kemampuan dinamis yang tidak bisa didapat dari beriklan melalui kanal lain seperti TV dan radio sekalipun diyakini dapat meningkatkan relevansi iklan terhadap target pasarnya,” ungkap Davy Makimian, CEO AMG di Jakarta, Selasa (19/3/2024). 

Sebuah penelitian (Posterscope pada 20 campaign antara tahun 2015-2018) menunjukkan bahwa kampanye yang menggunakan materi iklan kontekstual 48% lebih efektif daripada kampanye yang menggunakan non-dynamic content.

Sejalan dengan fakta tersebut, Davy menjelaskan bahwa beberapa tahun belakangan AMG memfokuskan diri pada pengembangan teknologi guna menyediakan OOH yang mampu menjawab tantangan masa depan termasuk mampu menghadirkan dynamic content di ribuan layar digital yang tersebar di lebih dari 500 gedung perkantoran di pusat komersial.

Dengan jaringan inventaris dominan di gedung-gedung, tentunya audience insight yang diperoleh juga lebih spesifik. Sehingga membantu pengiklan secara efektif merancang strategi iklannya.

“Ribuan inventaris kami didukung oleh tim teknologi yang kuat dan telah mengembangkan content management system (CMS) sendiri. Teknologi juga akan menjamin AMG memiliki keleluasaan dan akses ke jangkauan fungsi lebih luas dan ruang lingkup inovasi lebih besar lagi untuk memenuhi kebutuhan klien kami,” ungkap Davy. 

2 Fitur utama dynamic content OOH

Berikut 2 fitur utama dynamic content OOH yang dapat dijadikan acuan pengiklan dalam merencanakan kampanye-nya, yaitu:

-  Kemampuan Beradaptasi Secara Real-time: Konten dapat diperbarui dan dioptimalkan secara real-time untuk memastikan dampak dan relevansi maksimum.

-  Penentuan Target Pesan: Pengiklan dapat menyesuaikan konten dengan segmen audiens tertentu, meningkatkan keterlibatan dan mendorong konversi.

Menyikapi dunia online yang sudah terlalu jenuh, iklan dynamic OOH dapat membantu perusahaan agar tetap terhubung dengan pelanggannya sekaligus menciptakan pengalaman yang lebih mendalam dan menarik mereka. 

“Namun pada akhirnya Dynamic OOH bukan perkara inovasi semata, ini adalah bagaimana sebuah brand mampu meningkatkan relevansi terhadap target pasarnya dengan memanfaatkan teknologi, data yang ada, dan kreativitas yang tinggi sehingga mampu mencuri perhatian dan kemudian dapat menstimulasi tindakan lanjut dari orang setelah melihat iklan tersebut,” tutup Davy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Bob T. Ananta (depan: kiri ketiga) saat hadir pada pertemuan terbatas dan strategis bersama United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) atau UN Climate Change yang berlangsung di Pullman Hotel Jakarta, 25 Juli 2025

Minggu, 27 Juli 2025 - 13:58 WIB

BSI Pertegas Komitmen Global Terhadap ESG dan Keuangan Berkelanjutan

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mempertegas komitmennya dalam mendorong penerapan prinsip ESG dan keuangan berkelanjutan di tingkat global. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran BSI dalam…

AION UT di GIIAS 2025

Minggu, 27 Juli 2025 - 12:55 WIB

Satu Tahun Hadir di Indonesia, GAC One Fest Gelar Perayaan Spesial GAC One Fest di GIIAS 2025

Dalam rangka merayakan satu tahun kehadirannya di Indonesia, GAC Indonesia menggelar perayaan spesial bertajuk GAC One Fest di ajang GIIAS 2025 yang bertempat di Hall 3 Booth 3A ICE BSD City.

Penerima penghargaan Industry Award 2025

Minggu, 27 Juli 2025 - 11:52 WIB

Warta Ekonomi dan INDUSTRY.co.id Gelar Industry Award 2025: Apresiasi Ketangguhan dan Inovasi Industri Nasional

Di tengah ketidakpastian global akibat konflik geopolitik dan tekanan ekonomi internasional, Warta Ekonomi Group bersama media INDUSTRYcoid menggelar Industry Award 2025 “Strengthening Resilience,…

Volvo memamerkan lima model elektrifikasi andalannya di GIIAS 2025.

Minggu, 27 Juli 2025 - 11:33 WIB

Volvo Car Indonesia Hadir di GIIAS 2025: Tawarkan Mobil Listrik Premium dengan Harga Baru dan Brand Ambassador Marc Klok

Volvo Car Indonesia hadir di GIIAS 2025 dengan harga baru untuk mobil listrik, lima model elektrifikasi unggulan, dan penunjukan Marc Klok sebagai brand ambassador.

(dari kanan) Jony Yuwono - Ketua GP Jamu bersama Irene Umar - Wakil Menteri Ekonomi Kreatif RI di pembukaan Acaraki Jamu Festival Juli 2025.

Minggu, 27 Juli 2025 - 11:14 WIB

Acaraki Jamu Festival Edisi Juli 2025: Hidupkan Tradisi Lewat Permainan Nusantara, Aksara, dan Fashion

Acaraki Jamu Festival Juli 2025 hadirkan semangat baru pelestarian budaya lewat funwalk, permainan tradisional, petisi aksara, dan fashion show bertema Mbok Jamu.