Hadir Untuk Masyarakat, HKI Telah Laksanakan Program TJSL Senilai RP 2,4 Miliar

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Februari 2024 - 15:07 WIB

Program TJSL Pembangunan Jembatan Gantung Terbanggi Besar - Kecamatan Gunung Sugih, Lampung
Program TJSL Pembangunan Jembatan Gantung Terbanggi Besar - Kecamatan Gunung Sugih, Lampung

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Hutama Karya Infrastruktur berhasil merealisasikan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) senilai 2,4 Miliar pada tahun 2023 guna membantu masyarakat serta mendukung pembangunan berkelanjutan. Pelaksanaan program TJSL HKI mengacu pada pilar-pilar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), yakni pilar sosial, lingkungan, dan ekonomi.

Direktur Utama HKI, Aji Prasetyanti  Senin (12/02/2024) mengatakan bahwa selama tahun 2023, HKI menjalankan berbagai program dengan nilai realisasi berdasarkan TPB masing – masing pilar yaitu 48% pada pilar sosial, pilar lingkungan 29%, dan pilar ekonomi sebesar 23%.

“Sepanjang tahun 2023, HKI berusaha hadir di tengah masyarakat Jawa serta Sumatra melalui berbagaiprogram TJSL dan pemberdayaan Usaha Kecil dan Mikro (UMK) sebagai kepedulian perusahaan terutama pada wilayah yang berdekatan langsung dengan aktivitas perusahaan,” ujar Aji Prasetyanti.   Demikian keterangan dihimpun oleh Dessy, tim redaksi.

Melalui pilar sosial, HKI berhasil menyalurkan alat kesehatan dan sarana penunjang operasional kepada Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta dan Puskesmas Tambang, Kampar, Riau. Pada pilar lingkungan, HKI juga turut serta membantu masyarakat dalam pengadaan sumur bor air bersih dan memperbaiki saluran drainase di sekitar kawasan proyek Binjai-Pangkalan Brandan.

HKI juga berhasil melaksanakan program berupa pemberian alat operasional dan pelatihan skillset berkelanjutan pada Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yaitu Nauli Ecoprint di Sumatra Utara dan Vanilla Leather di Yogyakarta. Kegiatan tersebut menjadi pilot project pengembangan UMK dengan memberikan pelatihan content creating, social media marketing, dan product photography. Selain pelatihan skillset, HKI juga memberikan bantuan berupa alat produksi kerajinan dan alat pendukung operasional UMK lainnya yang sejalan dengan usaha pencapaian TPB 8 dalam pilar ekonomi, yakni pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Sejalan dengan tagline perusahan yaitu #BreakTheImpossible, HKI juga berusaha untuk lebih berkontribusi dengan memecah batas-batas ketidak mungkinan salah satunya dengan mengurangi disparitas sosial dalam masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan memberikan bantuan operasional berupa alat-alat membatik, alat lukis, dan juga alat pendukung produksi kerajinan lain untuk UMK Disabilitas Serodja Widji Batik, Desa Karangrejek, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Wiji Astuti sebagai pemilik UMK Disabilitas Desa Karangrejek, Serodja Widji Batik, menyatakan bahwa kepedulian yang diberikan oleh HKI kepada UMK Disabilitas Karangrejek sangat bermanfaat bagi mereka untuk dapat terus bertumbuh.

 “Kepedulian yang diberikan oleh HKI kepada teman-teman disabilitas di Karangrejek membuat kami semakin termotivasi untuk dapat terus bertumbuh, walaupun dengan segala keterbatasan yang kami miliki,” ujar Widji.

Sebagai perusahaan jasa konstruksi, HKI juga berkomitmen untuk menciptakan kemudahan akses bagi masyarakat dengan membangun jembatan gantung di Provinsi Lampung sepanjang 80 meter yang

menghubungkan kecamatan Terbanggi Besar dan kecamatan Gunung Sugih. Dibangunnya jembatan ini menghadirkan akses bagi masyarakat sekitar yang tadinya harus memutar sungai untuk menuju desa seberang, kini hanya tinggal menyeberang sungai melalui jembatan tersebut.

Di tahun 2024 ini, HKI tetap berkomitmen untuk menjalankan program TJSL yang berfokus pada pilar sosial, ekonomi dan lingkungan bagi masyarakat di sekitar aktivitas bisnis ataupun kelompok masyarakat lain yang membutuhkan.

Sebagai informasi, hingga saat ini, HKI masih mengerjakan sejumlah proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) lainnya seperti Jalan Tol Padang-Sicincin, Jalan Tol Binjai – Pangkalan Brandan Zona IV (Tanjung Pura-Pangkalan Brandan), Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan, serta Jalan Tol Lingkar Pekanbaru. Untuk proyek non JTTS, HKI kini tengah mengerjakan proyek SMO Construction Services di PHR Riau, dan pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket II.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hai Pecinta Lari, Siap-Siap Ikuti BTN Jakarta International Marathon 2024

Kamis, 29 Februari 2024 - 18:20 WIB

Hai Pecinta Lari, Siap-Siap Ikuti BTN Jakarta International Marathon 2024

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk akan menggelar ajang bergengsi “BTN Jakarta International Marathon (Jakim) 2024” pada tanggal 23 Juni…

Ilustrasi instalasi gas. (Foto: Istimewa)

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:25 WIB

Kemenperin Bantah SKK Migas Serapan 'Gas Murah' Sektor Industri Tak Maksimal

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membantah serapan gas bumi untuk tujuh sektor industri yang telah ditetapkan dalam kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) belum maksimal.

JA SparktheDream persembahan FWD Insurance dan PJI

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:10 WIB

Kolaborasi FWD Insurance dan PJI Tingkatkan Kecakapan Finansial 2.000 Siswa di Tahun Kedua JA SparktheDream

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) berkolaborasi dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) untuk memulai implementasi tahun kedua JA SparktheDream, program edukasi literasi keuangan yang…

Asuransi Ilustrasi

Kamis, 29 Februari 2024 - 16:08 WIB

Ini 62 Unitlink dengan Imbal Hasil Terbaik 2022-2023

Secara keseluruhan ada 466 produk unitlink dari 33 perusahaan asuransi jiwa yang berhasil lolos dalam pemeringkatan untuk memperebutkan predikat unitlink berkinerja investasi terbaik tahun ini.

BRI saat serahkan bantuan Ambulance

Kamis, 29 Februari 2024 - 16:01 WIB

BRI Kanca Bogor Serahkan Bantuan Ambulance untuk Yayasan Mambaul Huda Al Barudi

Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, BRI Kantor Cabang (Kanca) Bogor Dewi Sartika menyerahkan bantuan program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa…