Mitsubishi Kasih 'Kode' Kapan Produksi XForce Hybrid di Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 06 Desember 2023 - 06:45 WIB

Mitsubishi XForce
Mitsubishi XForce

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Sejumlah pabrikan mobil tengah berlomba-lomba memproduksi kendaraan electric vehicle (EV) di Indonesia, salah satunya Mitsubishi.

Kabar terbaru, Mitsubishi akan meluncurkan XForce hybrid, meskipun hingga saat ini pabrikan asal Jepang ini masih terus mempelajari model tersebut.

Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Tetsuhiro Tsuchida mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempelajari pasar hybrid di Indonesia.

"Saat ini kami sedang mengembangkan jenis produk ini beberapa tahun lalu, saya sendiri tidak menyangka di Indonesia ternyata hybrid bisa sangat popular. Jadi karena adanya masalah harga, kami tidak mempertimbangkan untuk membawa hybrid kesini," jelas Tetsuhiro Tsuchida di Yogyakarta (5/12).

Meski demikian, dirinya tidak bisa mengatakan kapan Mitsubishi XForce Hybrid akan diluncurkan. 

"Yang pasti, model hybrid memang sudah ada dan kami akan mengenalkannya. Yang ingin saya tekankan bahwa kami akan mempelajari, hanya saja waktunya masih belum ditentukan," terangnya.

Disisi lain, Mitsubishi juga tengah bersiap memproduksi dan meluncurkan Xpander Hybrid di Thailand. Negeri Gajah Putih tersebut menjadi negara pertama yang akan memproduksi Mitsubishi Xpander Hybrid.

Mitsubishi pun memiliki alasan mengapa Xpander Hybrid akan pertama kali diproduksi di Thailand bukan Indonesia.

Presiden Direktur PT PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita mengatakan, Thailand memang sangat cocok untuk mobil-mobil elektrifikasi jenis hybrid.

Menurutnya, harga mobil hybrid di Thailand memang lebih murah dibanding internal combusition engine (ICE).

Sehingga, pasar mobil ramah lingkungan tersebut di Negeri Gajah Putih memang lebih memiliki penjualan yang tinggi dibanding di Tanah Air.

"Thailand jauh lebih baik dari segi finansial. Disana juga hybrid jauh lebih murah harganya dibandingkan ICE. Jadi ini salah satu alasan kamu memilih Thailand jadi negara pertama yang akan memproduksi Xpander Hybrid," terang Atsuhi Kurita.

Meski demikian, tambahnya, Thailand dan Indonesia bagi Mitsubishi Motor merupakan pasar yang sangat penting. 

"Thailand dan Indonesia menjadi bagian yang sangat penting buat kami, sebab keduanya menjadi basis produksi terbesar kami di Asia Tenggara," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:36 WIB

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Tahun ini merupakan tahun ketiga PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) dan MUFG Bank Ltd. (MUFG) kembali menjadi official bank partner, dan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (“Adira…

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:29 WIB

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) periode 2023-2028 untuk mengkaji skema logistik nasional demi memastikan terwujudnya sistem yang terintegrasi…

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO)

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:22 WIB

Ekspansi Digital SILO untuk Layani Pasien

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen melanjutkan investasi pada saluran digital yang mumpuni untuk…

Presiden Jokowi hadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pertemuan IJK 2024, Presiden Jokowi Sampaikan Optimistisme Ekonomi Indonesia di Tahun 2024

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024 di Ballroom The St. Regis, Jakarta, Selasa (20/2/2024). Pada…

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral, Florida

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:04 WIB

Satelit Merah Putih 2 Sukses Diluncurkan dari Cape Canaveral Florida

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu…