Tiktok akan Takedown Berita Hoax Pemilu

Oleh : Wiyanto | Selasa, 28 November 2023 - 20:55 WIB

(ki-ka) Silma Agbas, Ketua Komite Media Sosial, Mafindo, Faris Mufid, Public Policy & Government Relations, TikTok Indonesia, dan Anbar Jayadi, Outreach and Partnerships, Trust and Safety, TikTok Indonesia saat menunjukkan Pusat Panduan Pemilu 2024 di aplikasi TikTok.
(ki-ka) Silma Agbas, Ketua Komite Media Sosial, Mafindo, Faris Mufid, Public Policy & Government Relations, TikTok Indonesia, dan Anbar Jayadi, Outreach and Partnerships, Trust and Safety, TikTok Indonesia saat menunjukkan Pusat Panduan Pemilu 2024 di aplikasi TikTok.

INDUSTRY.co.id-Jakarta – TikTok Indonesia meluncurkan Pusat Panduan Pemilu 2024, sebuah hub di dalam platform TikTok yang menyajikan informasi kredibel dan otoritatif seputar Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia. Berita hoax pemilu bisa ditakedown.

Kehadiran hub ini merupakan bagian dari upaya TikTok dalam mendorong integritas Pemilu dan melawan penyebaran misinformasi, khususnya selama masa persiapan Pemilu dan menjelang pemungutan suara yang akan berlangsung pada Februari 2024 mendatang.

“Selagi melanjutkan upaya kami untuk menghapus misinformasi yang berbahaya, kami juga menggelar berbagai inisiatif untuk menciptakan ruang yang aman dan positif bagi komunitas TikTok selama pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Dilengkapi dengan informasi yang kredibel dan otoritatif seputar Pemilu yang didukung oleh KPU, Bawaslu dan para mitra, kami harap para pengguna dan komunitas TikTok bisa ikut #SalingJaga khususnya saat mengkonsumsi, membuat, maupun menyebarkan informasi tentang Pemilu 2024," kata Firry Wahid, Head of Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia di Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Kata dia, pengguna juga bisa mengakses informasi penting apa saja yang perlu diketahui seputar Pemilu melalui fitur Kilas Pemilu 2024 di dalam hub. Selain itu, hub ini juga menyediakan informasi tambahan bagi pemilih di luar negeri, dan informasi khusus bagi pemilih penyandang disabilitas.

Betty Epsilon Idroos, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU RI), mengatakan, pendidikan politik biasanya disampaikan secara berat sehingga kurang disukai oleh generasi muda yang menjadi mayoritas pemilih di Pemilu 2024.

"Oleh karena itu kami sangat mengapresiasi TikTok yang tidak hanya membantu menyebarluaskan informasi terkait Pemilu secara cepat melalui Pusat Panduan Pemilu 2024, tapi juga memberikan pendidikan politik yang mudah dicerna, yang kita harapkan juga akan dapat menggerus hoaks di platform digital." Kata dia.

Menanggapi kerja sama yang terlaksana bersama TikTok, Lolly Suhenty, Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu RI), mengatakan, keramaian dan edukasi politik akan sangat tinggi di media sosial termasuk di TikTok, oleh karena itu masyarakat harus mendapatkan manfaat yang seluas-luasnya dari platform ini untuk mendapatkan informasi yang benar, bukan informasi yang menyesatkan. Kami sangat berterima kasih kepada TikTok atas perannya dalam memberikan edukasi kepemiluan melalui Pusat Panduan Pemilu 2024.

"Kami mengajak masyarakat untuk langsung menggunakannya kapan pun dan di mana pun." katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TIKI Raih Penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024 Kategori Jasa Pengiriman

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:48 WIB

TIKI Raih Penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024 Kategori Jasa Pengiriman

PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak lebih dari 53 tahun di Indonesia, meraih penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024…

Garuda indonesia

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:26 WIB

Maskapai GIA Group Menang Ditingkat Banding Atas Gugatan Greyflag Entities

Langkah perbaikan kinerja usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui payung hukum restrukturisasi terus diperkuat pasca Pengadilan Tingkat Banding Paris menolak permohonan banding yang…

IT Active Watch Curve WR01

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:13 WIB

IT Perkenalkan Produk Smartwatch Bidik Penggemar Gaya Hidup Aktif

Erajaya Active Lifestyle (ERAL) melalui private label IT (Immersive Tech) memperkenalkan IT Active Watch Curve WR01, produk perdana dari kategori smartwatch.

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:20 WIB

Harga Bitcoin Mencapai $64.000 untuk Pertama Kalinya Sejak November 2021

Harga bitcoin (BTC) mencapai $64.000 pada hari Rabu (28/2/2024), untuk  pertama kalinya BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.

Penandatanganan kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN)

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:15 WIB

PTPL Perkuat Sinergi ONE PERTAMINA Lewat Pengelolaan Gudang Pelumas di Sumbagut & Sulampua

PT Pertamina Lubricants (PTPL) memperkuat sinergi ONE PERTAMINA melalui kerja sama dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam pengelolaan gudang pelumas di wilayah Sumatera…