Mengerikan! Sebut Jerman dan Inggris Terancam Resesi, Menteri Keuangan Sri Mulyani: Ekonomi Global Makin Tak Pasti

Oleh : Kormen Barus | Senin, 27 November 2023 - 10:59 WIB

resesi
resesi

INDUSTRY.co.id, Jakarta. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan situasi perekonomian global masih dipenuhi ketidakpastian. Bahkan Ia memproyeksikan Inggris hingga Jerman terancam mengalami resesi.

Seperti yang dikutip industry.co.id dari kontan, Sri Mulyani menyampaikan, kondisi global semakin tidak menentu disebabkan beberapa faktor. Di antaranya, suku bunga yang tinggi juga terjadi di Amerika Serikat (AS) yang menyebabkan biaya pinjaman naik dan menekan banyak negara.

Di sisi lain, imbal hasil (yield) US Treasury atau obligasi AS juga mengalami dinamika yang sangat tinggi. Bahkan pada Oktober yang lalu US Treasury mencapai 5%. Hal ini kata Dia, pertama kali terjadi sejak 2007 silam dan menyebabkan capital outflow di berbagai negara.

Kemudian, negara-negara di Eropa juga masih dibayangi geopolitik antara Ukraina dan Rusia dan juga bayangan inflasi tinggi. Ditambah adanya ketegangan peperangan di Timur Tengah yang berpotensi menimbulkan disrupsi atau dampak lain.

“Eropa masih dibayangi perang Ukraina dan inflasi tinggi. Ini menyebabkan dampak kenaikan suku bunga tinggi yang menyebabkan negara-negara Eropa seperti Jerman dan Inggris terancam resesi,” tutur Sri Mulyani dalam konferensi pers, Jumat (24/11).

Faktor lain yang perlu diwaspadai adalah ekonomi China yang belum pulih. Pelemahan ekonomi China ini diproyeksi akan berlangsung dalam jangka panjang, karena menyangkut faktur struktural.

Di China juga terjadi krisis property, yang mana fenomena ini ditandai dengan bangkrutnya raksasa properti Evergrande itu dinilai akan berdampak terhadap perekonomian global.

“Masalah sektor properti pinjaman dari pemerintah daerah di perekonomian RRT yang menyebabkan beban cukup tinggi sehingga pemulihan ekonomi tidak jalan cepat,” ungkapnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…