Kemenperin Perkenalkan Kendaraan Listrik Rancangan IKM

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 18 November 2023 - 16:30 WIB

Pameran Kendaraan Listrik Rancangan IKM
Pameran Kendaraan Listrik Rancangan IKM

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik turut membawa dampak positif terhadap peningkatan kemampuan industri kecil dan menengah (IKM) alat angkut. Melalui inovasi dan proses pengembangan, IKM yang sebelumnya memproduksi komponen otomotif, kini ada yang membuat kendaraan listrik berupa sepeda listrik. 

“Ekspos kendaraan listrik rancangan IKM di masyarakat harus lebih gencar lagi,” kata Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut (IKMA) Dini Hanggandari dalam sambutan tertulisnya pada pembukaan Pameran Kendaraan Listrik di Work Coffee Jakarta, Sabtu (18/11/2023). 

Dini mengungkapkan, IKM otomotif yang kini juga memproduksi sepeda listrik adalah PT Eran Teknikatama dengan produknya E-Run, dan PT Ganding Toolsindo dengan produknya GT-Bike. Selain itu, ada juga Pandawa, yaitu sepeda motor listrik pengembangan Rainbow Moto Builder. 

Karya anak bangsa ini perlu mendapat apresiasi, dan publikasi yang lebih luas lagi, diantaranya melalui pelaksanaan pameran oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian.

Kegiatan pameran ini ditujukan untuk meningkatkan promosi dan memperluas akses pemasaran bagi IKM alat angkut di industri kendaraan listrik. Sehingga, pada pameran ini juga menampilkan komponen kit konversi produksi dalam negeri dari AZN Motor, yaitu berupa BLDC motor yang telah memiliki sertifikat TKDN dengan nilai TKDN sebesar 61,24%. 

Terdapat pula karya hasil pengembangan kreasi sepeda motor listrik oleh SMK atas pelaksanaan kolaborasi pembinaan antara PLN UIP2B Jamali dengan Rainbow Moto Builder. Kolaborasi tersebut merupakan langkah baik dalam mempersiapkan SDM kompeten untuk industri KBLBB di Indonesia yang diharapkan dapat mendukung peningkatan kontribusi sektor industri otomotif terhadap PDB nasional.

Pada triwulan III tahun 2023, BPS mencatat industri pengolahan tumbuh sebesar 5,20 persen (y-on-y). Pertumbuhan ini salah satunya didukung oleh kinerja industri alat angkutan yang tumbuh hingga 7,31 persen (y-o-y). Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan domestik unit sepeda motor pada Januari-Oktober 2023 tercatat sebanyak 5,23 juta unit, naik 26,2 persen dari periode yang sama tahun 2022.

Sebagai upaya percepatan industrialisasi KBLBB, telah diterbitkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 tahun 2022 tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Perhitungan Nilai TKDN Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle). Dalam aturan tersebut, Kementerian Perindustrian memiliki tugas dari sisi suplai, diantaranya dalam memastikan produksi KBLBB, serta pembangunan industri bahan baku dan komponen.

Dalam rantai pasok industri otomotif, IKM alat angkut memiliki peran dalam mensuplai komponen single part kepada APM sebagai tier 2 ataupun tier 3. Artinya, produk IKM tersebut telah memenuhi standar kualitas tertentu yang ditetapkan APM. Peran IKM inilah yang diharapkan dapat diperkuat dalam mewujudkan target produksi KBLBB di Indonesia.

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka melaksanakan program pembinaan guna mendukung penguatan peran IKM dalam pengembangan ekosistem KBLBB di Indonesia. Dalam penguatan kompetensi SDM IKM, telah dilaksanakan kegiatan bimtek konversi kendaraan listrik di NTB dan Bali pada tahun 2022, serta di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada tahun 2023 ini.

Dalam pengembangan produk kendaraan listrik, telah dilaksanakan kegiatan bimtek pengelasan dan fasilitasi mesin peralatan bagi IKM di Purbalingga untuk mendukung pembuatan prototipe sepeda motor listrik bersama dengan Rainbow Moto Builder di tahun 2022. Dari sisi rantai pasok, Ditjen IKMA juga berupaya dalam mendorong IKM di sentra produksi untuk dapat berperan sebagai supplier bagi IKM produsen sepeda listrik. Ini juga dilakukan melalui program link and match.

Dengan keikutsertaan pada Pameran Kendaraan Listrik ini, IKM alat angkut diharapkan bisa meningkatkan promosi produknya, serta dapat memperluas jaringan pemasaran serta bisa meraih pasar potensial IKM Alat Angkut, dan pada akhirnya mampu memberikan kontribusi yang lebih besar lagi terhadap kemajuan industri di Tanah Air.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Airlangga

Minggu, 21 Juli 2024 - 10:26 WIB

Fondasi Kuat, Menko Airlangga Prediksi Ekonomi RI Akan Tumbuh di Atas 5%

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan fondasi perekonomian nasional terus mengalami penguatan seiring dengan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah.…

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:33 WIB

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta-Rakernas ALDEI (Asosiasi Logistik Digital Economy Indonesia) tanggal 18 Juli di Paxel HQ, Jakarta yang dibuka dengan dukungan Dewan Pembina ALDEI, sekaligus Wakil Ketua Umum KADIN, Yukki…

Ilustrasi Guru Honorer (Photo by KlikPositif.com)

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:03 WIB

Seratus Guru Honorer Dipecat di Jakarta, Komisi X: Istilah ‘Cleansing’ Terlalu Sadis...

Komisi X DPR RI mengkritik kebijakan pemecatan lebih dari seratus guru honorer di DKI Jakarta secara sepihak melalui sistem ‘cleansing’ atau ‘pembersihan’. Wakil Ketua Komisi XI DPR…

Ketua DPR Puan Maharani

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:59 WIB

Duh, MinyaKita Naik Harga dan Langka! Puan Maharani Minta Pemerintah Lakukan Ini...

Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani meminta Pemerintah untuk mengetatkan pengawasan terhadap distribusi minyak goreng bersubsidi merk MinyaKita yang harganya resmi mengalami kenaikan per Jumat…

Ilustrasi Pembangunan Smelter Freeport (Photo by CNN Indonesia)

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:41 WIB

Mantap, Tuai Apresiasi! Smelter Freeport di Gresik Rampung, Siap Olah Konsentrat hingga 400 Ribu Ton Tahun Ini

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno menilai smelter yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik secara tepat waktu dan lancar hingga memasuki masa beroperasi. Oleh karenanya,…