Kinerja Ciamik, Jababeka Sukses Cetak Pendapatan Rp 2,25 Triliun per Kuartal III-2023

Oleh : Ridwan | Sabtu, 04 November 2023 - 19:35 WIB

Kawasan industri Jababeka (Ist)
Kawasan industri Jababeka (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Jababeka Tbk (KIJA) sukses mencatatkan kinerja ciamik pada sembilan bulan pertamanya pada tahun 2023 dengan membukukan pendapatan sebesar Rp 2,25 triliun.

Corporate Secretary Jababeka, Muljadi Suganda mengemukakan bahwa pendapatan tersebut meningkat 30% (YoY) dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 1,73 triliun.

Menurutnya, pilar land development & property menjadi penyumbang pendapatan terbesar mencapai Rp 1,12 triliun atau meningkat 51% dari periode sebelumnya yakni Rp 744,4 miliar.

Dikatakan Muljadi lebih lanjut, pertumbuhan tersebut berasal dari penjualan tanah matang di Kawasan Industri Kendal sebesar Rp 800,9 miliar.

Selain itu, pilar infrastruktur KIJA juga mengalami peningkatan 14% menjadi Rp 1,03 triliun untuk periode Januari hingga September 2023.

"Pertumbuhan tersebut adalah peningkatan kontribusi pendapatan dari pembangkit listrik menjadi sebesar Rp 607 miliar, dari sebelumnya Rp 515 miliar," imbuh Muljadi dalam keterangannya yang dikutip redaksI Industry.co.id, Jumat (3/11/2023).

Kontribusi pendapatan lainnya, sambung Muljadi juga berasal dari kenaikan tarif jasa dan sewa sebesar Rp 285,2 miliar atau naik 12 % dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Kemudian, penyumbang pendapatan lainnya berasal dari pilar Leisure & Hospitality Jababeka, dimana hingga kuartal ketiga berhasil membukukan pendapatan mencapai Rp 95,2 miliar.

"Segmen golf dan pariwisata mengalami peningkatan pendapatan masing-masing sebesar 13% dan 30%, menjadi Rp 62,8 miliar dan Rp 28,6 miliar," jelas Muljadi.

Adapun pada kuartal III tahun 2023 ini, pendapatan berulang (recurring income) KIJA dari infrastruktur berkontribusi sebesar 46%, hasil ini lebih kecil ketimbang hasil tahun lalu sebeaar 52%.

"Kontribusi yang lebih rendah ini terutama disebabkan oleh kontribusi yang lebih tinggi (relatif) dari segmen Land Development & Property pada 9M23 dibandingkan dengan tahun sebelumnya," imbuh Muljadi.

Perlu diketahui, laba kotor KIJA meningkat 14% menjadi Rp 981,0 miliar pada kuartal III tahun 2023 ini. Sementara marjin laba kotor konsolidasi KIJA tercatat sebesar 44%.

Kemudian untuk laba bersih, KIJA berhasil mencetak keuntungan sebesar Rp 231,9 miliar. Hasil ini berbeda jauh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu dimana KIJA mencatat rugi bersih sebesar Rp 101,6 miliar.

"Kinerja yang lebih baik secara keseluruhan di tahun ini menjadi faktor utama pertumbuhan laba di tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu," pungkas Muljadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dosen UNJ menggelar pelatihan kurikulum Merdeka Belajar di Kepulauan Seribu.

Kamis, 09 Mei 2024 - 18:53 WIB

Latih Kurikulum Merdeka, Dosen UNJ Perkuat Kompetensi Guru Kepulauan Seribu

Untuk meningkatkan mutu Pendidikan, dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memperkuat kompetensi guru di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta melalui Pelatihan Kurikulum Merdeka…

Gedung Bank Mandiri Pusat

Kamis, 09 Mei 2024 - 18:40 WIB

Prospek Kinerja Kian Membaik, Fitch Kerek Rating Bank Mandiri Jadi BBB

Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings baru saja mengafirmasi peringkat Internasional Jangka Panjang dan Jangka Pendek (International Long-Term Foreign & Local Currency Rating) untuk…

Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition

Kamis, 09 Mei 2024 - 17:15 WIB

Mitsubishi Pajero Sport Elite & Xpander Cross Elite Resmi Dijual Terbatas di RI, Segini Harganya...

Mitsubishi Motors akhirnya meluncurkan Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition dan Xpander Cross Elite Limited Edition di pasar otomotif Indonesia.

Kelapa Sawit (agroindonesia)

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:53 WIB

Tak Main-main, Polda Kalteng Bakal Tidak Tegas Pencurian TBS Kelapa Sawit

Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah mulai merespon banyaknya aduan masyarakat terkait kasus pencurian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang marak terjadi di wilayah hukum Polda Kalteng.

Peluncuran produk baru Indogress

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:44 WIB

Indogress Luncurkan Produk Baru Dengan Fitur Slip Guard di Megabuild dan Keramika Indonesia 2024

PT Asri Pancawarna, salah satu produsen granit porcelain tile terbesar di Indonesia dengan merek Indogress, meluncurkan rangkaian produk terbarunya di Pameran Megabuild Indonesia & Keramika…