Tambang Emas Gosowong Maluku Utara Raih GMP Awards 2023

Oleh : Hariyanto | Selasa, 24 Oktober 2023 - 20:15 WIB

Tambang Emas Gosowong Maluku Utara Raih GMP Awards 2023
Tambang Emas Gosowong Maluku Utara Raih GMP Awards 2023

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) telah menggelar Penghargaan Good Mining Practice (GMP) sebagai apresiasi kepada Badan Usaha Pertambangan mineral dan batubara yang menerapkan teknik pertambangan yang baik. Penghargaan ini menjadi indikator kinerja pembinaan dan pengawasan Pemerintah.

Penerima penghargaan mencakup pemegang Kontrak Karya (KK), PKP2B, IUP, IUPK, dan IUJP. Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk mendorong praktik pertambangan yang bertanggung jawab, efisien, berwawasan lingkungan, dan mengutamakan keselamatan demi kemakmuran masyarakat.

Untuk Penghargaan Good Mining Practice 2023 yang menilai kinerja tahun 2022, diikuti oleh berbagai Badan Usaha Pertambangan dengan rincian: 13 pemegang KK, 33 PKP2B, 30 IUP PMA, 224 IUP PMDN, 20 IUP BUMN, 9 IUPK, dan 65 IUJP.

Tambang Emas Gosowong di Provinsi Maluku Utara yang dikelola oleh salah satu pelaku industri tambang terdepan di Indonesia, PT Nusa Halmahera Minerals (NHM), kembali membuktikan komitmennya pada praktik pertambangan yang berkelanjutan dengan memenangkan penghargaan dalam ajang Good Mining Practice Awards 2023. 

Penghargaan prestisius ini diberikan sebagai apresiasi atas dedikasi NHM dalam menerapkan aspek konservasi mineral dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. 

Adapun penilaian untuk aspek konservasi mineral dalam penghargaan GMP 2023 melibatkan serangkaian kriteria yang komprehensif, mencakup: Administrasi Konservasi, Recovery Penambangan, Recovery Pengolahan, Pengelolaan dan Pemanfaatan Mineral Kadar Rendah, Pengelolaan dan Pemanfaatan Mineral Ikutan, Pengelolaan dan Pemanfaatan Cadangan Marginal, Pendataan dan pengelolaan Sisa Hasil Pengolahan, Pendataan Cadangan Tidak Tertambang, dan Inovasi Teknologi Upaya Penerapan Konservasi. 

Sedangkan, kriteria penilaian aspek pengelolaan lingkungan mencakup Administrasi Lingkungan, Pengelolaan Batuan Penutup, Pengendalian Erosi dan Sedimentasi, Pembibitan, Reklamasi dan Revegetasi, Sarana Penunjang, Pemantauan Lingkungan, Inovasi di Bidang Lingkungan, dan Waste Management. 

Dengan pencapaian ini, NHM tidak hanya mempertegas posisinya sebagai salah satu yang terdepan dalam industri pertambangan di tanah air, tapi juga sebagai perusahaan mampu memberikan bukti nyata komitmen penerapan praktik-praktik pertambangan yang bertanggung jawab dan inovatif.

Menurut manajemen perusahaan, implementasi prinsip GMP di perusahaannya sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDG) yang telah dicanangkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), dimana penghargaan dalam aspek konservasi mineral dan pengelolaan lingkungan yang berhasil diperoleh oleh NHM sejalan dengan sejumlah tujuan global tersebut, antara lain SDG 9 – Industri, Inovasi, dan Infrastruktur, SDG 12 – Produksi dan Konsumsi yang Bertanggung Jawab, SDG 13 – Aksi Iklim. 

Ini menggarisbawahi komitmen NHM dalam mendukung pemerintah baik di tingkat daerah, hingga pemerintah pusat untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDG) di daerah operasional NHM juga pada tingkat nasional. 

Amiruddin Hasyim, yang adalah Kepala Teknik Tambang (KTT) NHM selama 9 tahun dan saat ini menjabat sebagai Wakil Direktur Utama, menyampaikan kebanggaan perusahaan atas pencapaian ini. 

"Kami bangga dengan pencapaian ini, namun ini bukan akhir dari perjalanan kami. Ini adalah bukti dari komitmen manajemen NHM terkait praktik tambang yang berkelanjutan, pengelolaan lingkungan, operasional yang berwawasan lingkungan, serta resources stewardship. Kami berdedikasi untuk terus berinovasi dan menerapkan praktik terbaik dalam setiap aspek operasional kami,” ujar Amiruddin di Jakarta, Selasa (24/10/2023). 

Pihaknya berkomitmen untuk terus konsisten dalam implementasi kaidah-kaidah Good Mining Practice secara holistik yang mencakup Pengelolaan Teknis Pertambangan, Konservasi Mineral dan Batubara, Keselamatan Pertambangan, Pengelolaan Lingkungan termasuk Reklamasi dan Pascatambang, serta penerapan Standardisasi serta pengelolaan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara. 

Ia juga mengatakan NHM secara rutin menggelar acara peringatan Hari Lingkungan Hidup dengan mengajak karyawan juga para pemangku kepentingan setempat untuk membangun kepedulian terhadap lingkungan hidup dari semua pihak. 

“Tentunya prinsip-prinsip GMP akan terus kami junjung tinggi, baik dalam operasional kami juga dalam interaksi NHM dengan pemangku kepentingan. Salah satu contohnya pada Hari Lingkungan Hidup kemarin dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat melalui penanaman Mangrove,” jelas Amiruddin.

Lebih lanjut Amiruddin mengatakan bahwa Implementasi GMP akan terus diperkuat apalagi baru-baru ini NHM berhasil dalam eksplorasi yang menambah jumlah cadangan emas mencapai 1,4 juta Oz dengan jumlah sumber daya emas mencapai 2,3 juta Oz. 

“Kami akan pastikan melalui implementasi GMP secara menyeluruh, cadangan dan sumber daya baru ini dapat memberikan energi baru untuk Perusahaan dan karyawan kami, serta juga manfaat positif yang berkelanjutan bagi masyarakat sekitar dan seluruh pemangku kepentingan,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…