9 Alasan Investasi di Kota Jababeka Berpotensi Cuan

Oleh : Amru | Minggu, 08 Oktober 2023 - 07:51 WIB

Kawasan Industri Jababeka
Kawasan Industri Jababeka

INDUSTRY.co.id - Investasi di Kawasan Industri Jababeka di Cikarang, Bekasi atau yang kini dikenal dengan Kota Mandiri dan Terpadu ini memiliki berbagai potensi keuntungan yang dapat menjadi daya tarik bagi para investor.

Ya, PT Jababeka Tbk, perusahaan pengembang kawasan industri terbuka pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1989 ini telah menjadi magnet bagi para investor baik asing maupun dalam negeri.

Kawasan seluas 5.600 hektar, di Cikarang ini terdiri dari area kawasan industri untuk indutri manufaktur ringan, menengah, dan besar hingga area residensial dan komersial .

Kota Jababeka saat ini merupakan rumah bagi 1.650 perusahaan baik nasional maupun multinasional yang berasal dari 30 negara yang telah mempekerjakan lebih dari 700.000 pekerja dan 4.300 ekspatriat. 

Perseroan memiliki tenant yang terdiri dari perusahaan raksasa dunia seperti Loreal, ICI Paints, Mattel, Samsung, Unilever, United Tractors, Akzo Nobel, dan Nissin Mas.

Di edisi kali ini, redaksi Ingin sedikit memaparkan sejumlah alasan mengapa berinvestasi di Jababeka dapat menguntungkan:

1. Lokasi Strategis

Jababeka terletak 35 kilometer sebelah timur Jakarta, ibu kota Indonesia. Berada disepanjang koridor Bekasi – Cikampek, , dan memiliki akses yang baik ke pelabuhan dan bandara internasional. Lokasinya yang strategis juga membuatnya menjadi kan Kota Jababeka sebagai pusat perdagangan dan distribusi yang penting.

2. Infrastruktur Lengkap

Kawasan Industri Jababeka telah dikembangkan dengan infrastruktur lengkap, termasuk jaringan jalan, listrik, air bersih, air limbah, fasilitas komunikasi hingga pelabuhan kering (dry port). Infrastruktur yang baik memberikan kemudahan dalam beroperasi dan mengurangi biaya logistik.

3. Fasilitas Pendukung

Jababeka memiliki berbagai fasilitas pendukung seperti residensial (perumahan dan apartemen) yang dikembangkan oleh Jababeka Residence untuk para ekspatriat dan pekerja dikawasan termasuk hunian khusus untuk para lansia (senior living d'khayangan), kemudian fasilitas komersial (beragam jenis ruko dan perkantoran), lalu sekolah dan universitas (President University), pusat perbelanjaan (Living Plaza Jababeka), hotel bintang tiga hingga bintang lima, selanjutnya beragam fasilitas kesehatan dan rumah sakit (Jababeka Medical City), hingga sarana olahraga bertaraf internasional seperti lapangan golf dibawah pengelolaan Jababeka Hospitality Management (JHM) hingga tempat rekreasi (Botanical garden). Fasilitas-fasilitas Ini menciptakan lingkungan yang nyaman bagi pekerja dan keluarga didalam Kota Jababeka.

4. Tenaga Kerja Terlatih

Kawasan ini memiliki akses ke tenaga kerja terlatih dan terampil. Terdapat berbagai lembaga pendidikan dan pelatihan di sekitar kawasan, yang memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja berkualitas.

5. Diversifikasi Industri

Jababeka merupakan pusat industri dengan berbagai jenis sektor, termasuk manufaktur, teknologi, logistik, dan layanan. Diversifikasi industri ini memberikan peluang kemitraan dan pelanggan yang beragam.

6. Potensi Pertumbuhan

Kawasan Industri Jababeka terus berkembang dan mengalami pertumbuhan. Rencana ekspansi dan pengembangan demi pengembangan menciptakan peluang bagi investor untuk mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan jangka panjang.

7. Komitmen terhadap Lingkungan

Pengelolaan Kawasan Industri Jababeka dilakukan secara berkelanjutan dan ramah lingkungan. Ini dapat menjadi daya tarik bagi perusahaan yang ingin berinvestasi dengan fokus pada tanggung jawab sosial dan lingkungan.

8. Jejaring Bisnis

Investasi di Jababeka memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan ribuan perusahaan dan pelaku bisnis lainnya di kawasan tersebut. Jejaring bisnis ini dapat membuka peluang kerjasama dan pengembangan lebih lanjut.

9. Stabilitas Hukum dan Regulasi

Kawasan industri Jababeka masuk sebagai objek vital nasional (obvitnas) yang dilindungi oleh negara karena menyangkut iklim investasi dan perekonomian nasional, utamanya untuk keberlangsungan hidup orang banyak.

Obvitnas bernama KIJA (kode saham) ini juga telah beroperasi selama puluhan tahun dengan reputasi yang baik dan pro investasi.

So, Investasi di Kawasan Industri Jababeka dapat memberikan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan dengan potensi pertumbuhan bisnis, akses ke pasar yang luas, insentif investasi, dan lingkungan bisnis yang mendukung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Operation Officer Kideco, Edra Emilza saat mewakili PT Kideco Jaya Agung menerima penghargaan Indonesia Best CSR in Mining Sector

Kamis, 09 Mei 2024 - 08:35 WIB

Kideco Sukses Raih Penghargaan Indonesia Best CSR in Mining Sector

Ajang penghargaan Indonesia 50 Best CSR Summit 2024, bertemakan CSR Activity Awareness and CSR Image. Di ajang tersebut, PT Kideco Jaya Agung (Kideco) anak perusahaan energi terintegrasi PT…

Ketua MPT Bambang Soesatyo

Kamis, 09 Mei 2024 - 07:16 WIB

Tetaplah Berhati-hati dan Bijaksana Mengelola Pertumbuhan Ekonomi

KEMENTERIAN Keuangan bersama Badan Pusat Statistik (BPS), Senin (6/5), merilis kabar gembira. Dua institusi negara itu melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia per triwulan I-2024 tetap…

Kebun Hidroponik CSR Bank DKI

Kamis, 09 Mei 2024 - 07:05 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024 Berkat Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan lewat TJSL

Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali mendapatkan apresiasi. Kali…

Stevent Sumantri, dokter spesialis penyakit dalam yang berpraktek di RS Siloam Lippo Village (UPH)

Kamis, 09 Mei 2024 - 07:01 WIB

Waspada Bahaya Penyakit Autoimun, Pandemi Masa Kini!

Penyakit autoimun, seperti lupus, sindrom sjogren, artritis reumatoid, psoriasis, miastenia gravis, tiroiditis Hashimoto dan multipel sklerosis, adalah kelompok penyakit kompleks di mana sistem…

Ada Beasiswa Kuliah Untuk Youtuber dan Konten Kreator di Kampus Ini, Kepoin Disini!

Kamis, 09 Mei 2024 - 06:51 WIB

Ada Beasiswa Kuliah Untuk Youtuber dan Konten Kreator di Kampus Ini, Kepoin Disini!

Dalam era digital yang terus berkembang, peran konten kreator dan youtuber semakin mendapat pengakuan dan menjadi salah satu profesi yang diminati banyak orang. Untuk mendukung para talenta…