TikTok Rayakan Fashion Month Lewat Kampanye Gaya di TikTok 

Oleh : Hariyanto | Rabu, 27 September 2023 - 19:02 WIB

TikTok Rayakan Fashion Month Lewat Kampanye Gaya di TikTok
TikTok Rayakan Fashion Month Lewat Kampanye Gaya di TikTok

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Merayakan Fashion Month tahun ini, TikTok Indonesia meluncurkan kampanye #GayadiTikTok yang menyorot kreativitas beragam kreator dalam mengekspresikan gaya fesyen mereka yang autentik dan mengeksplor potensi baru melalui fashion remixing. Mengusung semangat inklusivitas, TikTok mengajak para pegiat fesyen untuk meramaikan kampanye ini yang berlangsung mulai 20 September hingga 20 Oktober 2023 di dalam dan di luar TikTok. 

Untuk merayakan dampak komunitas kreator global TikTok di dunia fesyen, TikTok memperkenalkan #TikTokFashion Collective - para kreator dari seluruh dunia yang adalah orang-orang kreatif, perancang, dan visioner fesyen yang membentuk masa depan fesyen di dalam dan di luar TikTok. 

Selama Fashion Month, para anggota kolektif ini akan diundang untuk berpartisipasi dalam acara-acara Fashion Week lokal dan bekerja sama dengan TikTok untuk berbagi konten dari momen-momen paling menarik selama Fashion Month. 

Komunitas global TikTok dapat mengikuti #TikTokFashion Collective untuk mendapatkan pandangan mereka tentang tren teratas, dan melihat momen-momen menarik di balik layar dalam industri fesyen. 

Konten dari #TikTokFashion Collective juga akan ditampilkan di hub Fashion Month di TikTok, sehingga memudahkan komunitas TikTok untuk mengikuti perjalanan mereka selama Bulan Mode. Temukan lebih banyak tentang #TikTokFashion Collective melalui lookbook TikTok!

Kampanye Fashion Month di TikTok Indonesia tahun ini dirayakan dengan hashtag challenge di dalam aplikasi, workshop bersama sekolah mode ESMOD, dan kolaborasi bersama Senayan City di ajang fesyen tahunan, Fashion Nation. 

Kolaborasi ini menghadirkan pop-up exhibition yang menampilkan kemeriahan kategori fesyen di TikTok, serta peragaan busana yang menampilkan kolaborasi antara desainer muda ESMOD dan sejumlah kreator fesyen di TikTok, antara lain Tysna Putra, Wiralagabae, Andre Panaga, Alicia Eva, Dilla Probokusumo, Roman Nuansa, Purwakembar, dan Valerie & Veronica Twins.

Kevin Chandra, Creator Partnership Lead - Lifestyle, Education & Emerging, TikTok Indonesia mengatakan, konten seputar fesyen terus berkembang di TikTok, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Bahkan konten seputar fashion dan beauty telah tumbuh lebih dari 300%* setahun belakangan ini dari para kreator di seluruh dunia. 

"Menyediakan berbagai fitur kreatif seperti editing tools, efek khusus, hingga musik, TikTok terus mendukung dan memberdayakan komunitas pengguna kami, termasuk para kreator dan pelaku fesyen untuk tumbuh secara kreatif. Tidak jarang ada banyak kreator, desainer, brand, serta pelaku fesyen lainnya yang mendapatkan peluang nyata setelah aktif bergabung sebagai bagian dari keluarga fesyen dan kecantikan di TikTok," ungkap Kevin, Rabu (27/9/2023). 

Didukung oleh komunitas TikTok yang tersebar ke seluruh dunia, para kreator, brand, maupun UMKM kini bisa mendapatkan kesempatan untuk ditemukan dan dikenal oleh para fashion enthusiast lebih luas di belahan dunia lainnya.

Dengan pengguna TikTok yang menyukai konten fesyen lebih mungkin menemukan brand dan produk baru di TikTok, tepatnya 1.2 kali lipat lebih mungkin dibanding pengguna platform lain, TikTok terus mendukung industri fesyen dan kreatif di seluruh dunia melalui kerjasama strategis yang merayakan dan membuka peluang nyata bagi desainer, brand, dan bisnis kecil. 

TikTok telah berkolaborasi dengan beberapa Fashion Week ternama di berbagai belahan dunia, termasuk Milan Fashion Week (Camera Moda), Copenhagen Fashion Week, London Fashion Week (BFC NewGen), dan masih banyak lagi.

Untuk Fashion Month tahun ini, TikTok memudahkan pengguna untuk tetap up-to-date dengan tren dan momen terbaru melalui Fashion Month search hub, yang bisa diakses pengguna dengan mengetik "Fashion Month" lalu klik 'Cari'. Menampilkan konten-konten terbaru dari kreator dan brand, pengguna bisa menemukan berbagai rekomendasi gaya hingga beasiswa tata busana yang sedang tersedia untuk membantu penggiat fesyen menemukan apa yang mereka cari.

"Di TikTok, fesyen dan kecantikan berjalan seiring dengan kreativitas, keberagaman, dan autentisitas. Sungguh luar biasa melihat kreator fesyen dan kecantikan meraih kesuksesan baik di dalam maupun di luar TikTok. Merayakan Fashion Month, TikTok berharap dapat menginspirasi komunitas global dengan mendekatkan mereka ke peragaan busana, memperkenalkan pengalaman unik, dan menyoroti suara-suara paling berbakat di bidang fesyen. Semuanya membentuk tren masa depan di dalam dan di luar TikTok," ungkap Vanessa Craft, Global Head of Lifestyle and Education, TikTok.

Selama kampanye ini, TikTok mengundang pengguna untuk berbagi penampilan terbaik, hiasan paling favorit, dan lainnya dengan mencantumkan #TikTokFashion dan #GayadiTikTok dengan menggunakan efek kreatif Runway, Outfit Challenge, dan Makeup Challenge. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…