Lenzing Tingkatkan Produksi Viscose

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 September 2023 - 10:16 WIB

Lenzing Tingkatkan Produksi Viscose Bertanggung Jawab, LENZING™ ECOVERO™ dan VEOCEL™ di Kawasan Asia Pasifik
Lenzing Tingkatkan Produksi Viscose Bertanggung Jawab, LENZING™ ECOVERO™ dan VEOCEL™ di Kawasan Asia Pasifik

INDUSTRY.co.id - Purwakarta– Lenzing Group, produsen serat khusus berbasis kayu terkemuka di dunia, telah mengumumkan rencana peningkatan produksi mereka untuk serat viscose yang bertanggung jawab dan berkualitas tinggi pada merek tekstil LENZING™ ECOVERO™ dan nonwoven VEOCEL™ di kawasan Asia Pasifik.

Serat viscose ini, yang memiliki sertifikasi EU Ecolabel  dan diproduksi  di pabrik Lenzing di Purwakarta (PT. South Pacific Viscose) di Indonesia,  hal ini akan membantu Lenzing memenuhi permintaan yang kian  meningkat di kalangan konsumen yang peduli lingkungan untuk produk tekstil dan nonwoven yang memiliki dampak lingkungan lebih rendah.Selain itu, Lenzing telah berhasil mentransformasi pabriknya di Indonesia dengan pengurangan emisi sulfur serta jejak CO2, serta diharapkan juga dapat berkontribusi terhadap pengurangan limbah air.

“Kami sangat antusias dengan perjalanan transformasi menuju fasilitas produksi yang lebih berkelanjutan. Dengan memproduksi serat LENZING™ ECOVERO™ untuk aplikasi tekstil dan VEOCEL™ Viscose untuk aplikasi non-woven yang bersertifikat EU Ecolabel, kami ingin dapat berkontribusi pada industri tekstil yang lebih bersih dan hijau sambil memenuhi tuntutan konsumen yang peduli akan lingkungan,” ujar Sri Aditia, Presiden Direktur PT South Pacific Viscose. “Kami kini sudah siap untuk menerima pesanan serat LENZING™ ECOVERO™ baik untuk ekspor maupun pelanggan domestik.”

 “Kami terus bekerja keras dalam menjadikan industri tempat kami beroperasi semakin memiliki nilai yang berkelanjutan dan mendorong transformasi model bisnis tekstil dari linear menjadi sirkular. Oleh karena itu, saya sangat bangga atas sertifikasi EU Ecolabel yang kami dapatkan, ini menjadi pembuktian atas performa keberlanjutan kami. Permintaan untuk serat khusus dengan dampak lingkungan rendah terus tumbuh secara perlahan. Kami pun secara spesifik melihat adanya potensi pertumbuhan yang tinggi di Asia. Investasi kami di Indonesia, serta pabrik Lenzing lainnya di seluruh dunia, menempatkan kami pada posisi yang lebih baik dalam memenuhi pertumbuhan permintaan akan serat khusus yang berdampak lingkungan yang rendah,” ucap Stephan Sielaff, Chief Executive Officer dari Lenzing Group.

Diperlengkapi untuk memenuhi pertumbuhan permintaan produk berdampak lingkungan yang lebih rendah di Asia Pasifik

Konversi pabrik Purwakarta yang berdekatan dengan mitra rantai nilai-nya di Asia Pasifik memungkinkan transportasi serat viscose yang lebih bertanggung jawab, dalam kuantitas yang lebih besar memiliki jarak dan waktu tunggu yang lebih pendek, sehingga mengurangi jejak karbon pada rantai pasok tekstil secara keseluruhan saat memenuhi kebutuhan jenama dan peritel konsumen di Asia.

Diproduksi dengan penggunaan energi fosil dan air yang lebih rendah hingga 50% dibandingkan viscose pada umumnya  dan memiliki sertifikasi EU Ecolabel yang diakui secara internasional, serat viscose dengan merek LENZING™ ECOVERO™ telah digunakan dalam woven untuk fesyen dan produk pakaian rajut seperti atasan, dress, kaos, dan loungewear penuh gaya. Jenama yang menggunakan serat viscose dengan merek LENZING™ ECOVERO™ meliputi beberapa label fesyen terkemuka di dunia seperti M&S, H&M, dan Levi’s.

“Kawasan Asia Pasifik merepresentasikan banyak potensi dan kesempatan pertumbuhan untuk kami. Sebagaimana jenama dan peritel terus melakukan konfigurasi ulang atas jaringan manufaktur mereka, kawasan ini telah menjadi pusat bagi seluruh komponen rantai pasok, mulai dari pemintal, penenun, perajut hingga pembuat garmen dan kantor pengadaan,” ucap Florian Heubrandner, Executive Vice President Global Textiles Business Lenzing AG.

“Seiring dengan meningkatnya permintaan untuk viscose yang bertanggung jawab di wilayah ini, peningkatan produksi viscose bertanggung jawab di pabrik Purwakarta tidak hanya memungkinkan kami untuk bekerja lebih dekat dengan pelanggan kami, namun juga memungkinkan kami untuk memperkenalkan LENZING™ ECOVERO™ ke para prospek baru di wilayah ini yang ingin berganti dari viscose generik ke viscose bertanggung jawab.”

Guna menyediakan lebih banyak pilihan bagi mitra industri yang mencari produk serbaguna dan bertanggung jawab, sebelum akhir tahun 2023, pabrik Lenzing di Purwakarta akan mampu memproduksi serat khusus LENZING™ ECOVERO™ Black yang inovatif, yang akan secara signifikan mengurangi penggunaan air serta energi dalam pewarnaan kain berkat proses pewarnaan pintal dengan jejak karbon yang lebih rendah.

Sejalan dengan tujuan Lenzing untuk mengurangi emisi CO2 per ton produk di seluruh grup sebesar 50 persen pada 2030, dan mencapai produksi netral CO2 pada 2050, pabrik yang telah dikonversi ini berhasil mengurangi emisi CO2 hingga sekitar 130.000 ton setiap tahunnya. Faktor penting yang memungkinkan Lenzing mencapai transformasi perintis ini adalah konversi dari energi berbasis fosil menjadi energi berbasis panas bumi di pabrik tersebut.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan apresiasi terhadap langkah yang dilakukan oleh PT South Pacific Viscose (SPV) sebagai produsen terbesar serat rayon di Indonesia dalam melakukan investasi sebesar USD100 juta untuk melakukan diferensiasi produk dan implementasi sustainability melalui pengembangan lini produk rayon viscose yang lebih ramah lingkungan, yakni serat viscose LENZING™ ECOVERO™.

“ECOVERO menjadi kebanggaan kita bersama sebagai yang pertama di Asia Tenggara untuk sertifikasi EU Ecolabel karena berasal dari kayu dan pulp yang lestari, dan memenuhi standar lingkungan yang tinggi dengan 50 persen lebih rendah emisi CO2 dan water impact di sepanjang siklus produksinya, dari pengambilan bahan baku, produksi dan distribusi hingga pembuangan,” papar Taufiek Bawazier, Plt. Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT) Kemenperin.

Lebih lanjut, upaya tersebut menjadi salah satu bukti komitmen bersama dalam pengendalian emisi gas buang sektor industri TPT pada wilayah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten serta sebagai implementasi Roadmap Net Zero Emission Tahun 2060.

Pengembangan serat viscose LENZING™ ECOVERO™ juga sejalan dengan program pemerintah dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional dan peta jalan Making Indonesia 4.0 dalam meningkatkan kemampuan produksi  serat dari sumber kayu berkelanjutan dan membangun ekosistem hulu industri fashion yang berkelanjutan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat bertemu jajaran direksi Hozon Energy Automobile Co., Ltd. (Hozon),

Senin, 17 Juni 2024 - 07:40 WIB

Menperin Agus Temui Bos Neta Sampaikan Hal Ini

Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi kepada perusahaan otomotif asal China, Hozon Energy Automobile Co., Ltd. (Hozon), yang telah merealisasikan investasinya melalui bendera PT Neta Auto…

Talk Show Nobar Film Tegar (kanan kiri), Edy Karyanto SVP Human Capital Development PT Pertamina (Persero), Binziad Kadafi - Ketua Bidang SDM Komisi Yudisial RI, Marthella Sirait - Ketua Konekin, Erlangga Gaffar - Deputy Director PT Kideco Jaya Agung

Senin, 17 Juni 2024 - 06:31 WIB

Kideco Mantapkan Komitmen Perjuangkan Hak Penyandang Disabilitas

Wakil Direktur Legal & Corporate Affairs Kideco, Erlangga Gaffar menambahkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menaikkan level inklusivitas di lingkungan perusahaan. Hal itu tidak hanya dilakukan…

Press conference Indonesian Television Awards 2024 di Summarecon Mall Serpong, 14 Juni 2024.

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:48 WIB

Kembali Digelar RCTI, Ini Daftar Lengkap Nominasi Indonesian Television Awards (ITA) 2024

Malam Puncak ITA 2024 akan disiarkan langsung di RCTI dan GTV pada 10 Juli 2024 mulai pukul 21.00. Keesokan harinya, 11 Juli 2024 akan digelar Concert Celebration ITA 2024 mulai pukul 21.30.

Le Minerale serahkan hewan kurban

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:11 WIB

Peringati Hari Raya Idul Adha, Le Minerale Serahkan Sapi Limosin ke Mesjid Istiqlal

PT Tirta Fresindo Jaya, produsen air minum dalam kemasan bermerek Le Minerale, menyalurkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 H ke panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta,…

Cintaquran dan snackvideo

Minggu, 16 Juni 2024 - 15:40 WIB

SnackVideo dan Cinta Quran Berkolaborasi Meriahkan Idul Adha dengan Kompetisi Konten Kreatif

Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Adha, SnackVideo, platform media sosial berbasis video pendek, berkolaborasi dengan salah satu lembaga Independent terkenal Cinta Quran Foundation membantu…