Harga Rumah Tahunan Makassar Tumbuh Agresif Sejak Awal Januari-Agustus 2023

Oleh : Hariyanto | Selasa, 19 September 2023 - 11:04 WIB

Ilustrasi perumahan
Ilustrasi perumahan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kenaikan harga rumah tahunan di Makassar kembali memimpin sebesar 10,7 persen berdasarkan flash report Rumah123 bulan September 2023. Pertumbuhan kenaikan harga tahunan hunian di Makassar terbilang agresif sejak awal Januari-Agustus 2023 di kisaran 3-10,7 persen. 

Selain Makassar, kenaikan harga tahunan dialami Denpasar (7,3%) dan Medan (5,7%). Di Jabodetabek, selain Bekasi, sejumlah kota lainnya mengalami kenaikan, mencakup Bogor (4,5%), Tangerang (4,3%), Depok (2,7%) dan Jakarta (1,8%). Di wilayah Jawa, kenaikan harga tahunan dipimpin Semarang (4,8%), disusul Surabaya (3,2%), dan Surakarta (2,3%).

Adapun wilayah terpopuler terkait permintaan hunian selama bulan Agustus ditempati Tangerang dengan 14,9 persen dari total listing enquiries untuk rumah di Indonesia, diikuti Jakarta Barat (10,6%) dan Jakarta Selatan (10,3%). Pembeli potensial di area Tangerang berasal dari kalangan usia 25-34 tahun (31,8%), 18-24 tahun (21,6%) dan kelompok usia 45-54 tahun (20,4%).

Lima area kecamatan dengan permintaan tertinggi di kawasan Tangerang dan sekitarnya adalah Serpong, Karawaci, Cipondoh, Cikupa dan Ciledug. Area Serpong, Karawaci, Cipondoh dan Cikupa terdapat pengembangan berskala besar hingga kota mandiri oleh sejumlah pengembang bereputasi nasional, sehingga menarik banyak permintaan di area tersebut, sementara Ciledug merupakan area yang paling dekat dari Jakarta dan lebih terjangkau dari pusat kota.

"Pasar potensial area Serpong, Karawaci dan Cipondoh umumnya selain menyasar keluarga muda, juga menarik minat pasar yang lebih mature dengan daya beli yang lebih tinggi. Umumnya mereka juga merupakan warga asal Jakarta yang mencari rumah dengan luasan lebih besar serta dekat dari fasilitas publik," kata Business Improvement General Manager 99 Group Indonesia, Shafirra Shikka Larasati, Selasa (19/9/2023). 

Sementara, lanjut Laras, pembeli di area Cikupa umumnya keluarga muda ataupun pekerja di area industri dengan daya beli yang lebih terbatas. Sedangkan Ciledug, meskipun tidak didukung pengembangan berskala kota seperti Serpong ataupun Karawaci, memiliki daya saing karena lokasinya yang dekat dari Jakarta. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.