Harga Rumah Tahunan Makassar Tumbuh Agresif Sejak Awal Januari-Agustus 2023

Oleh : Hariyanto | Selasa, 19 September 2023 - 11:04 WIB

Ilustrasi perumahan
Ilustrasi perumahan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kenaikan harga rumah tahunan di Makassar kembali memimpin sebesar 10,7 persen berdasarkan flash report Rumah123 bulan September 2023. Pertumbuhan kenaikan harga tahunan hunian di Makassar terbilang agresif sejak awal Januari-Agustus 2023 di kisaran 3-10,7 persen. 

Selain Makassar, kenaikan harga tahunan dialami Denpasar (7,3%) dan Medan (5,7%). Di Jabodetabek, selain Bekasi, sejumlah kota lainnya mengalami kenaikan, mencakup Bogor (4,5%), Tangerang (4,3%), Depok (2,7%) dan Jakarta (1,8%). Di wilayah Jawa, kenaikan harga tahunan dipimpin Semarang (4,8%), disusul Surabaya (3,2%), dan Surakarta (2,3%).

Adapun wilayah terpopuler terkait permintaan hunian selama bulan Agustus ditempati Tangerang dengan 14,9 persen dari total listing enquiries untuk rumah di Indonesia, diikuti Jakarta Barat (10,6%) dan Jakarta Selatan (10,3%). Pembeli potensial di area Tangerang berasal dari kalangan usia 25-34 tahun (31,8%), 18-24 tahun (21,6%) dan kelompok usia 45-54 tahun (20,4%).

Lima area kecamatan dengan permintaan tertinggi di kawasan Tangerang dan sekitarnya adalah Serpong, Karawaci, Cipondoh, Cikupa dan Ciledug. Area Serpong, Karawaci, Cipondoh dan Cikupa terdapat pengembangan berskala besar hingga kota mandiri oleh sejumlah pengembang bereputasi nasional, sehingga menarik banyak permintaan di area tersebut, sementara Ciledug merupakan area yang paling dekat dari Jakarta dan lebih terjangkau dari pusat kota.

"Pasar potensial area Serpong, Karawaci dan Cipondoh umumnya selain menyasar keluarga muda, juga menarik minat pasar yang lebih mature dengan daya beli yang lebih tinggi. Umumnya mereka juga merupakan warga asal Jakarta yang mencari rumah dengan luasan lebih besar serta dekat dari fasilitas publik," kata Business Improvement General Manager 99 Group Indonesia, Shafirra Shikka Larasati, Selasa (19/9/2023). 

Sementara, lanjut Laras, pembeli di area Cikupa umumnya keluarga muda ataupun pekerja di area industri dengan daya beli yang lebih terbatas. Sedangkan Ciledug, meskipun tidak didukung pengembangan berskala kota seperti Serpong ataupun Karawaci, memiliki daya saing karena lokasinya yang dekat dari Jakarta. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kanan kedua) bersama Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan pertama), Direktur Compliance Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi (kiri kedua) dan SVP Corporate Secretary & Communication BSI Wisnu Sunandar (kiri pertama) saat konferensi pers BSI International Expo di Sentosa Senayan Jakarta.

Jumat, 14 Juni 2024 - 18:17 WIB

Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) siap menggelar BSI International Expo 2024 yang akan diikuti lebih dari 270 tenant para pelaku usaha halal dalam dan luar negeri, serta potential buyer dari…

Press Conference Telapak

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:09 WIB

Sebut Tak Ada Pelanggaran HAM di Kawasan Konsesi Blok Tanamalia PTVI, Telapak Sampaikan Rekomendasi

Perkumpulan Telapak Indonesia (Telapak), sebuah perkumpulan aktivis LSM, praktisi bisnis, akademisi, afiliasi media, serta masyarakat adat, menyampaikan rekomendasi kepada tiga pihak yakni PT…

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:42 WIB

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Cedera olahraga seringkali menjadi kendala yang menghalangi para atlet dan olahragawan, bahkan sport enthusiast, untuk mencapai performa terbaiknya. Namun, dengan pendekatan penanganan yang…

Ritel modern (Ist)

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:10 WIB

Kemenperin Beberkan Sulitnya Produk IKM Masuk Ritel Modern

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membeberkan permasalahan sulitnya produk-produk hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) masuk ke ritel modern di Tanah Air.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Jumat, 14 Juni 2024 - 13:48 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima dari Courtesy Call (CC) Commanding General United States Army Pacific,Jenderal Samuel J. Paparo, yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan pertamanya…