Kemenperin Fasilitasi Bimbingan Teknis WUB IKM di Kab. Ketapang dan Kab. Kayong Utara

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 September 2023 - 09:22 WIB

Bimbingan Teknis WUB IKM di Kab. Ketapang dan Kab. Kayong Utara
Bimbingan Teknis WUB IKM di Kab. Ketapang dan Kab. Kayong Utara

INDUSTRY.co.id - Ketapang – Kementerian Perindustrian terus mendorong pertumbuhan dan perkembangan wirausaha baru IKM sehingga dapat menyerap tenaga kerja dan mendukung ekonomi nasional. Salah satunya melalui kegiatan Bimbingan Teknis Wirausaha Baru IKM di Kab. Ketapang dan Kab. Kayong Utara. 

Kegiatan bimbingan teknis dirancang untuk memberikan pengetahuan teknis dasar dalam membuat produk potensi daerah dengan memanfaatkan bahan baku yang ada dan memberikan pengetahuan tentang bagaimana berwirausaha. 

Berdasarkan data dari BPS bahwa Garis Kemiskinan di Kabupaten Ketapang pada Maret 2022 tercatat sebesar Rp499.724,-/kapita/bulan, meningkat dibandingkan dengan Maret 2021 yang sebesar Rp482.824,-/kapita/bulan, begitu juga pada Kab. Kayong Utara pada tahun 2022 mencapai Rp339. 089/kapita/bulan. 

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) untuk Kab. Ketapang pada bulan Agustus 2022 sebesar 6,71 persen, turun 0,23 persen poin dibandingkan Agustus 2021. Dan pada Kab. Kayong Utara mengalami penurunan tingkat pengangguran pada tahun 2020 menjadi 3,71% dibandingkan dengan tahun 2019 40,0%. Lapangan pekerjaan yang mengalami penurunan persentase adalah Manufaktur (4,08 persen poin) dan Jasa (1,99 persen poin). 

Menghadapi tantangan tersebut di atas, Kementerian Perindustrian bersinergi dengan Komisi VII DPR RI Bersama Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kab. Ketapang dan Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kab. Kayong Utara pembinaan terhadap pada wirausaha baru, agar para peserta nantinya dapat membuka usaha baru dengan keterampilan yang dimiliki dan menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai tambah tinggi yang didukung ketersediaan bahan baku lokal serta kearifan budaya nasional. 

“Ditjen IKMA siap memfasilitasi kebutuhan para IKM di Kab. Ketapang dan Kab. Kayong Utara, Ditjen IKMA siap bersinergitas untuk tahun-tahun mendatang agar IKM di Kab. Ketapang dan Kab. Kayong dapat bersaing dengan daerah lain dan memasarkan produk-produk sesuai komoditi dan bahan baku lokal dan menjadikan oleh-oleh atau ciri khas dari Kab. Ketapang dan Kayong Utara. Para peserta bimbingan teknis diharapkan agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti acara bimbingan teknis sehingga meningkatkan penyerapan tenaga kerja juga peningkatan perekonomian setempat," kata Perwakilan dari Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian, Drs. Yedi Sabaryadi (Direktur Industri Kecil Pangan, Furniture dan Bahan Bangunan). 

“Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan WUB IKM ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Perindustrian, Komisi VII DPR RI, dan Pemerintah daerah untuk mendorong penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru IKM yang telah diselenggarakan dalam 3 tahun terakhir” ujar Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI Bp.Maman Badurrahman, yang diwakili Tenaga Ahli Komisi VII DPR RI, Andry, SE. 

“Kami mendukung dan akan menindaklanjuti kegiatan ini dengan membina wirausaha baru yang tercipta sehingga IKM yang tumbuh dapat berkembang dan harapan untuk kedepannya agar terus dapat berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian” kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kab. Ketapang, Edi Radiansyah, SH, MH. 

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kab. Kayong Utara, Mac Novianto, SH berterima kasih kepada Kementerian Perindustrian karena sudah memfasilitasi bimbingan teknis yang sangat bermanfaat untuk para IKM di Kalimantan Barat, khususnya IKM di Kab. Ketapang dan Kab. Kayong Utara. 

"Dan harapannya agar para peserta dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh para instruktur, dan menghasilkan produk IKM yang berdaya saing global. Sehingga dapat membawa Kab. Ketapanh dan Kab. Kayong Utara menjadi salah satu daerah penghasil IKM terbaik," ujarnya. 

Kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan WUB IKM di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara - Kalimantan Barat dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 16 – 19 September 2023, dilaksanakan paralel dengan peserta dari dinas Kab. Ketapang dan Kab. Kayong Utara yang dilaksanakan bersamaan peserta masing- masing bimbingan teknis sebanyak 20 oarang, dengan total 220 oarang peserta, dengan rincian kegiatan, sbb:

7 Bimbingan Teknis WUB IKM di Kabupaten Ketapang, masing-masing peserta sebanyak 20 orang, dengan total 140 orang, dengan judul : 

- Bimbingan Teknis WUB Kerajinan Anyaman Keladi Air.

- Bimbingan Teknis WUB IKM Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT)

- Bimbingan Teknis WUB IKM Alas Kaki

- Bimbingan Teknis WUB IKM Bengkel Las

- Bimbingan Teknis WUB IKM Service Elektronik

- Bimbingan Teknis WUB IKM Olahan Pangan Frozen Food Berbasis Ikan dan Daging

- Bimbingan Teknis WUB IKM Makanan Ringan Berbasis Hasil Laut 

4 Bimbingan Teknis WUB IKM Kab. Kayong Utara, masing- masing peserta 20 orang dengan total 80 orang peserta, dengan judul:

- Bimbingan Teknis WUB IKM Kerajinan Kerang

- Bimbingan Teknis WUB IKM Bengkel Las

- Bimbingan Teknis WUB IKM Kopi Barista

- Bimbingan Teknis WUB IKM Makanan Ringan berbasis hasil laut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sujith Abraham, Senior Vice President dan General Manager Salesforce ASEAN

Rabu, 17 April 2024 - 17:44 WIB

Salesforce Perkenalkan Inovasi AI dan Data Tepercaya untuk Bisnis di Innovation Day Jakarta

AI CRM, Salesforce memperkenalkan inovasi terbaru dari AI dan data terpercaya di Salesforce Innovation Day Jakarta, termasuk Einstein Copilot, Einstein 1 Studio, dan rilis Data Cloud Spring…

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong

Rabu, 17 April 2024 - 16:29 WIB

Registrasi Media Dibuka, Indonesia Dorong Jurnalis Promosikan Pengelolaan Air Berkelanjutan di World Water Forum ke-10

World Water Forum ke-10 akan menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk mendorong dan menginspirasi dunia melalui inisiatif tingkat tinggi dalam mengatasi masalah air global.

BTN: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. masuk dalam Top 3 perusahaan untuk pengembangan karier di Indonesia tahun 2024.

Rabu, 17 April 2024 - 15:54 WIB

Wow Keren! Tancap Gas Dalam Pengembangan Karyawan, BTN Tempati Posisi Top 3 Untuk Pengembangan Karier

Jakarta- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menempati posisi Top 3 tempat kerja terbaik untuk pengembangan karir di Indonesia versi Linked in tahun 2024.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Northeastern University di Boston

Rabu, 17 April 2024 - 11:52 WIB

Menparekraf Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Northeastern University Boston

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Northeastern University di…

Hutama Karya Catat 1.560.000 Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik Lebaran 2024

Rabu, 17 April 2024 - 11:36 WIB

Hutama Karya Catat 1.560.000 Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik Lebaran 2024

Selama periode Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 (3-16 April 2024), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mencatat Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera…