Pelindo Fasilitasi 4 UMK Binaan Ikut Pameran IFFINA 2023

Oleh : Wiyanto | Senin, 18 September 2023 - 05:24 WIB

UMKM binaan Pelindo
UMKM binaan Pelindo

INDUSTRY.co.id-Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) kembali memfasilitasi kelompok usaha mikro dan kecil (UMK) binaannya di ajang pameran berskala internasional.

Kali ini, 4 UMK binaan Pelindo yang bergerak di bidang permebelan dan kerajinan diikutkan dalam pameran Indonesian Furniture Industry and Handicraft Association (IFFINA ) 2023, yang diadakan di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang Selatan, Banten.

 

“Kami berharap, melalui ajang ini, para pelaku usaha bidang permebelan dan kerajinan, terutama UMK dampingan Pelindo bisa menembus pasar luar negeri. Meskipun event ini dilaksanakan di dalam negeri, namun peserta dan pengunjung yang hadir banyak berasal dari luar negeri,” kata Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Ali Mulyono, Minggu (17/9/2023) dalam keterangannya.

 

Pameran IFFINA 2023 yang berlangsung pada 14 – 17 September 2023 ini merupakan event ke-10 yang diadakan oleh Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO), sekaligus pameran IFFINA pertama pasca pandemi. Sebanyak 298 peserta pameran dari 52 negara ikut meramaikan pameran mebel dan kerajinan yang berorientasi ekspor ini.

 

Keempat UMK binaan Pelindo yang ikut di pameran ini antara lain CV Kirana Cipta Lestari, Yaoecocraft, Wongpur, dan Tridolbag. “Mereka hadir dengan membawa produk-produk terbaik, dengan target pasar luar negeri,” tambah Ali.

Pameran IFFINA 2023 dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dari sisi bahan baku, sumber daya manusia hingga keragaman budaya untuk pengembangan industri furnitur. Namun porsi yang sudah digarap dari pengusaha dalam negeri masih sedikit dibandingkan negara lain.

 

ASMINDO mencatat potensi pasar mebel secara global yakni sebesar US$766 miliar. Dari potensi tersebut, Indonesia baru memperoleh sekitar US$2,8 miliar pada 2022.

Ali kembali menyampaikan, Pelindo yang bergerak di bidang kepelabuhanan memiliki komitmen untuk memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi UMK Indonesia dan mendorong ekspor.

 

“Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Pelindo mengembangkan Program Inkubasi Usaha Gedor Ekspor, yang dirancang untuk memperluas pasar UMK binaan hingga menembus pasar ekspor,” jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…