Danlantamal IX Selenggarakan Pelatihan EML dan Selam Dasar

Oleh : Herry Barus | Minggu, 17 September 2023 - 06:22 WIB

Danlantamal IX Selenggarakan Pelatihan EML dan Selam Dasar
Danlantamal IX Selenggarakan Pelatihan EML dan Selam Dasar

INDUSTRY.co.id - Ambon-Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon. Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina,M.M., M.T. M.Tr. Opsla memberikan pelatihan evakuasi medis laut dan selam dasar kepada mahasiswa Universitas Hein Namotemo Tobelo Halmahera Utara, beberapa waktu lalu.

Evakuasi Medis Laut (EML) dan selam dasar merupakan bagian dari pemenuhan kompetensi mahasiswa S1 Keperawatan pada stase bahari di Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon.

Adapun materi yang diajarkan pada kegiatan ini adalah pertolongan korban tenggelam perorangan, pertolongan korban tenggelam secara tim, pengelolaan korban di Perahu Karet (PK), teknik mengapung (UITEMATE), resusitasi jantung paru, dan pengenalan selam dasar.

Brigjen Said Latuconsina menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting mengingat wilayah Maluku merupakan wilayah yang sebagian besar adalah lautan dan tidak menutup kemungkinan adanya pertolongan pada korban kecelakaan di laut maupun korban tenggelam. Sehingga praktik/manuver lapangan ini bisa menjadi bekal ketika nantinya para mahasiswa ditugaskan di pulau-pulau terpencil.

“Tujuan pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa dalam bentuk pengalaman belajar lapangan secara komprehensif dan menambah wawasan mahasiswa dalam penyelamatan kecelakaan di laut maupun korban tenggelam, pada saat itu perlu adanya evakuasi ke tempat aman,” ujarnya.

Diharapkan pelatihan yang diberikan oleh Tim Evakuasi Medis Laut Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon dapat diaktualisasikan untuk melahirkan tenaga kesehatan berwawasan bahari yang mampu menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan penyelamatan di laut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dato Sri Mohammed Shaheen raih APEA 2024.

Jumat, 21 Juni 2024 - 00:28 WIB

Sukses Kembangkan Riyaz Group, Dato Sri Mohammed Shaheen Raih APEA 2024

Dato Sri Mohammed Shaheen pun mengungkap rahasia suksesnya mengembangkan Riyaz Group hingga mendapatkan penghargaan APEA 2024.

Komitmen BPDPKS terhadap peremajaan sawit rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 23:00 WIB

BPDPKS, Aspekpir dan PalmCo Dorong Percepatan PSR di Sumut dan Aceh

Ratusan petani kelapa sawit dari Provinsi Sumatra Utara dan Aceh mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Pola Kemitraan yang diselenggarakan di Medan,…

Modena dukung Ubud Food Festival 2024

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:57 WIB

Modena Dukung Ubud Food Festival 2024, Lelang Kompor Freestanding

Didukung Modena, Ubud Food Festival 2024 bertujuan untuk merayakan keanekaragaman kuliner dan budaya Indonesia, serta menggalang dana guna mendukung program-program komunitas lokal.

Direktur Investasi PT ASABRI (Persero) Jeffry Haryadi P. Manullang didampingi Sekretaris Perusahaan, Okki Jatnika dan Kepala Kantor Cabang Utama Jakarta, Aris Karyawan bersama dengan Mitra Bayar Bank Mandiri Taspen yang diwakili oleh Distribution Head, Pande Putu Rambiawan menyerahkan manfaat Program Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun kepada Komjen Pol (Purn) Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, Msi

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:46 WIB

Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono Terima Pensiunan dari ASABRI

ASABRI Serahkan Manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun Pertama Kepada Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono 

Wuling Alvez

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:33 WIB

Harga Mulai Rp214 Juta, Wuling Alvez Paling Unggul di Segmen SUV Kompak

Wuling Motors turut meramaikan segmen sport utility vehicle (SUV) kompak dengan memasarkan Alvez. Memiliki segudang fitur dan spesifikasi, Alvez dinilai sebagai SUV kompak paling sepadan.