Percepat Integrasi Sektor Ketenagalistrikan, ETP dan CASE Tandatangani MoU

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 14 September 2023 - 23:36 WIB

ETP dan CASE Tandatangani MoU kerjasama.
ETP dan CASE Tandatangani MoU kerjasama.

INDUSTRY.co.id - Bali -  Dua pemain utama di sektor energi Asia Tenggara, ASEAN Centre for Energy(ACE), Southeast Asia Energy Transition Partnership (ETP) dan Clean, Affordable and SecureEnergy for Southeast Asia (CASE) menandatangani nota kesepahaman (MoU).

MoU ditandatangani di perhelatan ASEAN Ministers onEnergyMeeting (AMEM) ke-41 dan ASEAN Energy Business Forum (AEBF) pada tanggal 25 Agustus 2023. Kolaborasi ini dirancang untuk memberikan kerangka kerja yang kuat untuk upaya bersama dan mempercepat integrasi perdagangan listrik lintas batasyangmulus melalui ASEAN Power Grid (APG).

Berdasarkan perjanjian tersebut, ACE-CASE-ETP akan secara kolektif bekerja menuju implementasi ASEAN Power Grid Advancement Program (APG-AP). MoU ini merupakan langkah signifikan menuju realisasi temuan-temuan ASEAN Interconnection Master Plan (AIMS) III.

“Kemitraan baru kami dengan ETP dan CASE sangat penting untuk mendukungASEAN dalam mewujudkan ASEAN Power Grid guna memperluas perdaganganlistrik multilateral regional. Kemitraan ini mencerminkan komitmen bersama kami terhadap tujuan bersama, yaitu mempercepat integrasi sektor ketenagalistrikan ASEANdanmemajukan transisi energi saat ini dan di tahun-tahun mendatang,” Dr Nuki AgyaUtama, Direktur Eksekutif ASEAN Centre for Energy (ACE).

John Cotton, Senior ProgrammeManageruntuk Southeast Asia Energy Transition Partnership, United Nations Office for Project Services (UNOPS), menyatakan perjanjian ini berfokus pada memajukan APG menuju sistem terintegrasi.

"Sehinggag memungkinkan perdagangan listrik multilateral untuk memenuhi peningkatan permintaan energi dan target energi terbarukan ASEAN," kata John.

"Bersama dengan mitra kami di APG-AP serta pemangku kepentingan yang berpikiran sama, kami berharapdapat mendukung ACE dalam upaya ambisius ini," kata Sascha Oppowa, Project Director untuk CASE, Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ).

Mengarahkan dampak program ASEAN Power Grid terhadap integrasi energi, ProgramAPG Advancement mengimplikasikan sebuah proses terkoordinasi untuk memfasilitasi pengambilan keputusan yang efekti.

Sebagai langkah pertama yang penting, proyekperintis Multilateral Power Trade akan mengumpulkan pengalaman dan memimpinjalanmenuju keberhasilan penyampaian visi APG.

Kemitraan dinamis ini berupaya untuk memperkuat pengaruh programASEANPowerGrid terhadap integrasi sektor ketenagalistrikan, yang didukung oleh tekadkolektif, komunikasi yang transparan, dan kolaborasi yang efektif

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…