Percepat Integrasi Sektor Ketenagalistrikan, ETP dan CASE Tandatangani MoU

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 14 September 2023 - 23:36 WIB

ETP dan CASE Tandatangani MoU kerjasama.
ETP dan CASE Tandatangani MoU kerjasama.

INDUSTRY.co.id - Bali -  Dua pemain utama di sektor energi Asia Tenggara, ASEAN Centre for Energy(ACE), Southeast Asia Energy Transition Partnership (ETP) dan Clean, Affordable and SecureEnergy for Southeast Asia (CASE) menandatangani nota kesepahaman (MoU).

MoU ditandatangani di perhelatan ASEAN Ministers onEnergyMeeting (AMEM) ke-41 dan ASEAN Energy Business Forum (AEBF) pada tanggal 25 Agustus 2023. Kolaborasi ini dirancang untuk memberikan kerangka kerja yang kuat untuk upaya bersama dan mempercepat integrasi perdagangan listrik lintas batasyangmulus melalui ASEAN Power Grid (APG).

Berdasarkan perjanjian tersebut, ACE-CASE-ETP akan secara kolektif bekerja menuju implementasi ASEAN Power Grid Advancement Program (APG-AP). MoU ini merupakan langkah signifikan menuju realisasi temuan-temuan ASEAN Interconnection Master Plan (AIMS) III.

“Kemitraan baru kami dengan ETP dan CASE sangat penting untuk mendukungASEAN dalam mewujudkan ASEAN Power Grid guna memperluas perdaganganlistrik multilateral regional. Kemitraan ini mencerminkan komitmen bersama kami terhadap tujuan bersama, yaitu mempercepat integrasi sektor ketenagalistrikan ASEANdanmemajukan transisi energi saat ini dan di tahun-tahun mendatang,” Dr Nuki AgyaUtama, Direktur Eksekutif ASEAN Centre for Energy (ACE).

John Cotton, Senior ProgrammeManageruntuk Southeast Asia Energy Transition Partnership, United Nations Office for Project Services (UNOPS), menyatakan perjanjian ini berfokus pada memajukan APG menuju sistem terintegrasi.

"Sehinggag memungkinkan perdagangan listrik multilateral untuk memenuhi peningkatan permintaan energi dan target energi terbarukan ASEAN," kata John.

"Bersama dengan mitra kami di APG-AP serta pemangku kepentingan yang berpikiran sama, kami berharapdapat mendukung ACE dalam upaya ambisius ini," kata Sascha Oppowa, Project Director untuk CASE, Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ).

Mengarahkan dampak program ASEAN Power Grid terhadap integrasi energi, ProgramAPG Advancement mengimplikasikan sebuah proses terkoordinasi untuk memfasilitasi pengambilan keputusan yang efekti.

Sebagai langkah pertama yang penting, proyekperintis Multilateral Power Trade akan mengumpulkan pengalaman dan memimpinjalanmenuju keberhasilan penyampaian visi APG.

Kemitraan dinamis ini berupaya untuk memperkuat pengaruh programASEANPowerGrid terhadap integrasi sektor ketenagalistrikan, yang didukung oleh tekadkolektif, komunikasi yang transparan, dan kolaborasi yang efektif

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Big Bad Wolf Books gelar Pekan Grosir di ITC Kuningan Jakarta.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:50 WIB

Big Bad Wolf Books Gelar Pekan Grosir Perdana di Jakarta

Big Bad Wolf Books (BBW) hadirkan Pekan Grosir BBW di ITC Kuningan Jakarta. Hadirkan koleksi buku-buku berkualitas dari berbagai genre dengan harga grosir yang mencengangkan.

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…