Percepat Integrasi Sektor Ketenagalistrikan, ETP dan CASE Tandatangani MoU

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 14 September 2023 - 23:36 WIB

ETP dan CASE Tandatangani MoU kerjasama.
ETP dan CASE Tandatangani MoU kerjasama.

INDUSTRY.co.id - Bali -  Dua pemain utama di sektor energi Asia Tenggara, ASEAN Centre for Energy(ACE), Southeast Asia Energy Transition Partnership (ETP) dan Clean, Affordable and SecureEnergy for Southeast Asia (CASE) menandatangani nota kesepahaman (MoU).

MoU ditandatangani di perhelatan ASEAN Ministers onEnergyMeeting (AMEM) ke-41 dan ASEAN Energy Business Forum (AEBF) pada tanggal 25 Agustus 2023. Kolaborasi ini dirancang untuk memberikan kerangka kerja yang kuat untuk upaya bersama dan mempercepat integrasi perdagangan listrik lintas batasyangmulus melalui ASEAN Power Grid (APG).

Berdasarkan perjanjian tersebut, ACE-CASE-ETP akan secara kolektif bekerja menuju implementasi ASEAN Power Grid Advancement Program (APG-AP). MoU ini merupakan langkah signifikan menuju realisasi temuan-temuan ASEAN Interconnection Master Plan (AIMS) III.

“Kemitraan baru kami dengan ETP dan CASE sangat penting untuk mendukungASEAN dalam mewujudkan ASEAN Power Grid guna memperluas perdaganganlistrik multilateral regional. Kemitraan ini mencerminkan komitmen bersama kami terhadap tujuan bersama, yaitu mempercepat integrasi sektor ketenagalistrikan ASEANdanmemajukan transisi energi saat ini dan di tahun-tahun mendatang,” Dr Nuki AgyaUtama, Direktur Eksekutif ASEAN Centre for Energy (ACE).

John Cotton, Senior ProgrammeManageruntuk Southeast Asia Energy Transition Partnership, United Nations Office for Project Services (UNOPS), menyatakan perjanjian ini berfokus pada memajukan APG menuju sistem terintegrasi.

"Sehinggag memungkinkan perdagangan listrik multilateral untuk memenuhi peningkatan permintaan energi dan target energi terbarukan ASEAN," kata John.

"Bersama dengan mitra kami di APG-AP serta pemangku kepentingan yang berpikiran sama, kami berharapdapat mendukung ACE dalam upaya ambisius ini," kata Sascha Oppowa, Project Director untuk CASE, Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ).

Mengarahkan dampak program ASEAN Power Grid terhadap integrasi energi, ProgramAPG Advancement mengimplikasikan sebuah proses terkoordinasi untuk memfasilitasi pengambilan keputusan yang efekti.

Sebagai langkah pertama yang penting, proyekperintis Multilateral Power Trade akan mengumpulkan pengalaman dan memimpinjalanmenuju keberhasilan penyampaian visi APG.

Kemitraan dinamis ini berupaya untuk memperkuat pengaruh programASEANPowerGrid terhadap integrasi sektor ketenagalistrikan, yang didukung oleh tekadkolektif, komunikasi yang transparan, dan kolaborasi yang efektif

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenperin Dorong Industri Jasa

Sabtu, 27 Juli 2024 - 17:00 WIB

Kerek Daya Saing Manufaktur, Kemenperin Optimalkan Layanan Jasa Industri

Kementerian Perindustrian semakin gencar untuk meningkatkan daya saing sektor manufaktur nasional dengan memberikan berbagai layanan jasa industri melalui sejumlah unit kerja di bawah binaan…

Kemenperin Edukasi Pelaku Industri Furnitur

Sabtu, 27 Juli 2024 - 16:54 WIB

Kemenperin Pacu Industri Furnitur Angkat Potensi Wisata Daerah

Kementerian Perindustrian terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru (WUB), termasuk di sektor industri kecil dan menengah (IKM). Sebab, pelaku usaha IKM memiliki peran penting dalam menopang…

Didimax raih sertifikat ISO/IEC 27001

Sabtu, 27 Juli 2024 - 15:40 WIB

Hadirkan Layanan Berkualitas, Didimax Raih Sertifikasi ISO Internasional

Komitmen Didimax Menjadi Platform Investasi Trading yang Aman membawanya untuk mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001.

Planet Print

Sabtu, 27 Juli 2024 - 14:01 WIB

Rainbow Cemerlang Mandiri Beri Edukasi Masyarakat Jadi Pelaku Usaha Printing dan Ciptakan Lapangan Kerja

Dengan makin meningkatnya industri textile dan baju kaos di indonesia tahun ke tahun, PLANET PRINT sebagai anak Perusahaan dari PT Rainbow Cemerlang Mandiri memberikan EDUKASI untuk masyarakat…

BRI insurance saat menerima penghargaan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 12:56 WIB

BRI Insurance Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus

BRI Insurance (BRINS) kembali berhasil menorehkan prestasinya dengan memboyong tiga penghargaan di acara 25th Insurance Award tahun 2024, dengan kategori sebagai The Excellent Performance General…