Bersama Ribuan Warga Makassar, Mentan SYL Gelar Jalan Sehat

Oleh : Wiyanto | Senin, 04 September 2023 - 21:21 WIB

Mentan syl saat jalan pagi
Mentan syl saat jalan pagi

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar jalan sehat dan TalkShow Tani On Stage di kawasan Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini sedikitnya diikuti 11 ribu peserta yang terdiri dari para petani, penyuluh, pemerintah daerah dan juga masyarakat setempat.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan bahwa kegiatan tersebut memiliki empat poin penting dalam membangun pertanian berkelanjutan. Pertama adalah hilirisasi pertanian serta penerapan konsep food lost and waste sebagai upaya bersama dalam mengurangi pembuangan makanan.

"Acara ini adalah program yang setiap tahun dilakukan oleh badan-badan dunia baik yang di bawah PBB maupun badan internasional lainya. Salah satu yang diharapkan adalah pertanian berkelanjutan. Dan yang harus dijaga betul adalah food lost anda waste, dimana semua orang harus tahu bahwa membuang-buang makanan atau menyimpan makanan yang tercecer dalam jumlah banyak itu harus kita hentikan," ujar SYL, Minggu, 3 September 2023

Bagi SYL, satu butir nasi yang terbuang jika dikalikan 280 juta penduduk Indonesia, maka hasilnya bisa mencapai 2 miliar butir nasi. Oleh karena itu, mulai saat ini penduduk Indonesia harus membiasakan diri makan secukupnya alias tidak membuang-buang banyak makanan.

"Makanan itu rahmat Allah yang tidak boleh dibuang-buang. Artinya jangan menyisakan makanan terlalu banyak karena jika diakumulasikan angkanya sangat besar," katanya.

Berikutnya, kata SYL, Tani On Stage adalah upaya pemerintah dalam mendorong pelaku usaha untuk menguatkan hilirisasi pertanian. Termasuk menjadikan bahan pangan sebagai produk herbal (farmasi). Menurutnya, pertanian adalah sektor strategis yang selama empat tahun terakhir mampu memperkokoh perekonomian nasional.

"Kegiatan ini juga sekaligus rasa terima kasih Bapak Presiden kepada seluruh PPL, Gubernur, Bupati termasuk para Rektor karena telah mengenergi pertanian sehingga selama lebih dari 3 tahun ini menjadi bantalan ekonomi. Dan saat ini mari bersama-sama kita hadapi krisis kekeringan El Nino yang akan berpengaruh terhadap sektor pertanian," katanya.

SYL menambahkan, selama ini sektor pertanian bukan hanya bicara makanan, melainkan juga menjadi peluang bagi terbukanya lapangan kerja hingga berjuta-juta. "Saya selalu katakan bahwa pertanian itu bukan hanya makanan saja, tapi juga lapangan kerja yang paling besar dan memutar ekonomi yang sangat baik," katanya.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementan, Andi Nur Alamsyah mengatakan bahwa dukungan masyarakat sangat penting sebagai wujud komitmen bersama agar pertanian memiliki perkembangan yang sangat cepat terutama dalam menyediakan lapangan kerja dan memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri.

"Dukungan masyarakat sangat berarti bagi kami sebagai wujud komitmen dalam membangun pertanian. Dan tani on stage ini adalah kegiatan rutin sebagai pemicu dan testimoni keberhasilan agar terus mengembangkan sektor pertanian," katanya.

Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi menyampaikan terimakasih atas dukungan dan bantuan jajaran Kementan terhadap pembangunan pertanian di wilayahnya selama ini. Bagi Fatmawati, bantuan pemerintah mampu menumbuhkan roda ekonomi seperti lorong wisata yang kini ditanami banyak tanaman.

"Alhamdulillah kami juga mendapat bantuan benih cabai 1 juta untuk didistribusikan ke masyarakat. Sebelumnya kementan juga berkontribusi besar terhadap lorong wisata yang kini menjadi icon di kota kami," katanya.

Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif mengapresiasi penyelenggaraan Tani On Stage di wilayah pantai Losari. Baginya kegiatan ini menunjukkan bahwa pertanian tetap menjadi kekuatan bangsa di tengah badai krisis dunia yang terus menerpa. Dia mengatakan, pertanian dibawah pimpinan Syahrul Yasin Limpo juga berhasil menjadi sektor utama pendapatan masyarakat indonesia.

"Kita patut berbangga karena selama pak menteri berkarir selalu menempatkan pertanian sebagai sektor strategis. Pak Menteri telah memberi perubahan besar baik untuk Sulsel maupun nasional," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marketing Innovation (Ilustrasi)

Minggu, 19 Mei 2024 - 22:10 WIB

Innovation in Marketing Strategies That You Need to do!

In an era that continues to develop rapidly, it is important for us to always follow developments in trends to find effective marketing strategies. An effective marketing strategy must be dynamic…

Industri kesehatan

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:35 WIB

Strategic Development of Health-Related Assistance Services in Post-Covid-19 Indonesia using PESTLE Analysis

The Covid-19 pandemic has dramatically reshaped the global healthcare landscape, highlighting both vulnerabilities and opportunities within health-related services. As Indonesia emerges from…

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:35 WIB

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Jakarta–Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan…

Wahdah Islamiah dukung Palestina merdeka

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:24 WIB

Wahdah Islamiyah Kecam Israel atas Genosida Rakyat Palestina

Ormas Islam Wahdah Islamiyah ikut mengecam penjajahan dan genosida yang dilakukan zionis Israel di Gaza Palestina, yang kini telah memasuki hari ke 225 sejak oktober 2023 yang lalu.

Emak emak aksi palestina

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:10 WIB

Emak-Emak Ikut Aksi Bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat

Aksi Damai didepan kedubes Amerika Serikat, dan di rumah Dubes Mesir, dari pagi hingga siang hari, diikuti sejumlah Kekuatan Masa dari berbagai Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nampak yang turut…