Indonesia Tetap Menjadi Pasar yang Perlu Diperhatikan Sementara Pemain Lokal Berfokus pada Pertumbuhan, Lokalisasi dan Perluasan di Luar Pantai

Oleh : Herry Barus | Senin, 04 September 2023 - 16:20 WIB

Asosiasi Industri Video Asia (AVIA)
Asosiasi Industri Video Asia (AVIA)

INDUSTRY.co.id -   Jakarta – Asosiasi Industri Video Asia (AVIA) menjadi tuan rumah bagi lebih dari 200 delegasi pada konferensi Indonesia in View baru-baru ini yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 31 Agustus.

Konferensi ini dibuka dengan para pemimpin industri TV dan streaming yang berbagi pandangan mereka mengenai kondisi TV dan video di Indonesia, di mana total pendapatan industri video diperkirakan akan meningkat dari US$2,5 miliar pada tahun 2023 menjadi US$3,7 miliar pada tahun 2028, menurut hingga penelitian terbaru oleh Media Partners Asia (MPA).

Tizar Patria , Senior Manager of Business Development, (Indonesia, Thailand, Malaysia), Netflix , kepada Dessy Tim Redaksi , optimis terhadap pasar karena Netflix terus berkembang, dengan fokus pada konten yang sesuai dengan pasar ditambah dengan pengalaman berkualitas bagi konsumen. Clarissa Tanoesoedibjo , Managing Director Vision+, menambahkan bahwa diperlukan ekosistem yang memperkuat seluruh bagian lainnya, mulai dari TV berbayar hingga free to air dan streaming, dan menemukan mitra strategis di pasar untuk memaksimalkan peluang adalah kuncinya. Lesley Simpson , Country Head, WeTV dan iflix Indonesia , juga sependapat bahwa pertumbuhan OTT ada dan dapat dicapai melalui kemitraan strategis.

Dengan Indonesia yang mewakili pasar konten video terbesar di Asia Tenggara, persaingan untuk mendapatkan konten masih tetap sengit. Titan Hermawan , Presiden Direktur MNC Pictures, melihat perlunya menciptakan IP orisinal dan cerita orisinal sebagai peluang besar bagi penulis naskah baru. Bagi Angga Dwimas Sasongko , Pendiri, Direktur, Visinema Group , yang paling penting adalah fokus pada sumber talenta untuk dapat meningkatkan produksi konten. Namun, para panelis sepakat dengan Abid Hussain , Pendiri & CEO, Creative Stew , bahwa model bisnis perlu diubah demi kemajuan produsen. Ruben Hattari , Direktur Kebijakan Publik Asia Tenggara, Netflix , mengatakan bahwa industri perlu berupaya memperluas basis keterampilannya. Indonesia juga merupakan satu-satunya negara yang tidak mempunyai skema insentif produksi sehingga masih banyak yang perlu dilakukan untuk mendukung pertumbuhan industri ini.

Namun, pembajakan masih menjadi masalah besar di Indonesia, dengan survei konsumen tahunan terbaru dari Koalisi Melawan Pembajakan AVIA yang menunjukkan bahwa 54% konsumen di Indonesia mengakses layanan pembajakan, yang merupakan tingkat pembajakan tertinggi keempat di wilayah ini. Dalam upaya kolaboratif besar-besaran dalam memerangi pembajakan, CAP dan Asosiasi Video Streaming Indonesia (AVISI) menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) di Jakarta pada tanggal 30 Agustus di State of Piracy Summit CAP yang diselenggarakan bersama Indonesia in View. MOU ini mewakili langkah maju yang signifikan bagi AVIA dan AVISI dalam menggabungkan sumber daya mereka untuk memerangi pembajakan online di Indonesia dan melindungi industri kreatif dan media di Indonesia.

 

Indonesia in View mengalihkan fokus ke monetisasi video premium pada sore hari. Chris Mottershead , Direktur Komersial APAC, Publica , mengatakan bahwa dengan tidak adanya perencanaan yang matang oleh pengiklan saat ini, programmatic kemungkinan akan memainkan peran yang lebih besar dalam monetisasi. Berbagi wawasan dari pasar lain, Mottershead juga menambahkan bahwa FAST adalah cara yang baik untuk menarik kembali konsumen yang keluar dari ekosistem pembayaran, karena mereka dapat keluar dari OTT, beralih ke FAST, dan kembali lagi ke OTT ketika mereka mampu membayar langganan. Khin Mu Yar Soe , Director of Customer Success SEAK, PubMatic , juga mengatakan bahwa ruang terprogram akan terus tumbuh dan berkembang, dengan pendekatan yang lebih terintegrasi baik di sisi pembelian dan penjualan, serta di tingkat teknologi.

Konferensi ini ditutup dengan pembicaraan utama dengan Hary Tanoesoedibjo , Executive Chairman, MNC Group, yang menguraikan fase berikutnya dari rencana ambisiusnya untuk mengalihkan fokusnya menjadi perusahaan konten dan hiburan. Ia menyampaikan rencananya untuk menggabungkan RCTI+ dan Vision+ menjadi sebuah aplikasi super di mana layanan dua tingkat akan ditawarkan di bawah satu merek yang menggabungkan konten FTA yang akan terus dimonetisasi melalui iklan serta layanan berlangganan premium. Rencananya juga untuk menciptakan ekosistem yang lebih besar dan mengembangkan layanan untuk menargetkan seluruh Asia dengan berinvestasi pada konten yang lebih berkualitas.

Ketika ditanya mengenai rumor penjualan MNC Play, Tanoesoedibjo menyampaikan bahwa mereka akan sepakat untuk menjual bagian infrastruktur data dari bisnis tersebut sambil tetap mempertahankan bisnis IPTV dan terus menggabungkan layanan untuk pelanggan lama dan pelanggan masa depan.

Indonesia in View dengan bangga disponsori oleh Sponsor Emas Vidio dan Vision+ dan Sponsor Perak A+E Networks Asia, Akamai, INVIDI, MEASAT, NAGRA VISION, Publica dan PubMatic

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden saat meresmikan Bendungan Tiu Suntuk NTB

Sabtu, 04 Mei 2024 - 07:56 WIB

PTPP Selesaikan Proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II

PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu BUMN Konstruksi dan Investasi di Indonesia (“PTPP”) berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II dengan luas 464,63 Ha.

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.