Jababeka Tarik Investasi Baru Lewat Cikarang Industrial Expo 2023

Oleh : Ridwan | Jumat, 25 Agustus 2023 - 09:00 WIB

Pembukaan Cikarang Industrial Expo 2023
Pembukaan Cikarang Industrial Expo 2023

INDUSTRY.co.id - Cikarang - PT Jababeka Tbk bersama TPMI group mengadakan pameran Cikarang Industrial Expo yang ke-8 yang diselenggarakan selama dua hari dari 23-24 Agustus 2023 di President University Convention Center. Pameran ini diikuti oleh perusahaan multinasional dan internasional.

Pameran ini diharapkan menjadi wadah bagi calon investor maupun company yang ingin mencari peluang dari tenant-tenant yang berpartisipasi di Cikarang Industrial Expo. 

"Tentu, kegiatan ini akan memberikan peluang investasi baru di kawasan Jababeka dan sekitarnya dan menjadi langkah yang menarik untuk meningkatkan perekonomian dan menciptakan lapangan kerja baru di sini,” ungkap Hyanto Wihadhi, salah satu Direktur PT Jababeka Tbk.

Cikarang Industrial Expo merupakan langkah pertama bagi Jababeka dalam meningkatkan potensi dari Kawasan Industri yang dibangun sejak 1989. Pameran dagang & Industri Cikarang Industrial Expo (CIE) menyediakan platform bisnis profesional untuk industri lokal dan juga untuk perusahaan manufaktur yang aktif secara internasional. 

Dengan menyatukan pameran industri manufakturing, ini akan memberikan upaya sinergis di antara pelaku industri untuk menarik partisipasi yang lebih besar baik untuk peserta pameran maupun pengunjung & buyers (trade visitors) agar terjalin hubungan bisnis antar perusahaan (B2B) dalam pengembangan teknologi smart manufacturing & transformasi digital.

Di pameran ini juga menampilkan Manufacturing Equipment, Material Supplies & Service, Industrial Automation & Robotics, Logistics, Mechanical Engineering & Electrical, Laboratory Testing & Environmental, Machine Tools & Measuring, Water & Waste Management, Construction, Energy & Power, Safety & Security.

Ditambah pengenalan Big Data, Internet of Things, Virtual Reality, Artificial Intelligence, Mobile Solutions dan Applications yang telah mempercepat hadirnya Smart Industrial & Manufacturing Exhibition yang menghadirkan mesin dan perangkat yang sangat terhubung dan mendukung pengetahuan untuk mengubah sektor manufaktur.

Dengan agenda seminar yang bertajuk Smart Manufacturing & Digital Transformation, workshop, demo technology, business matching and networking yang memberikan banyak peluang untuk berkolaborasi dan menambah hubungan bisnis antar pelaku industri dan investor.

“Ini tentu saja sebuah hal yang seharusnya memang ada, Jababeka sebagai kawasan industri terbesar ada expo yang bisa memberikan kesempatan kepada industri-industri yang ada disini untuk menampilkan produknya kepada masyarakat luas. Ini juga memberikan kesempatan untuk industri di sini saling bersinergi dan berkolaborasi dengan para vendor, pemerintah, dan UMKM. Jadi, acara ini bisa menjadi jembatan bagi semua pihak dan jadi icon untuk event yang ada di Kabupaten Bekasi,” ungkap Pj Bupati Bekasi Dani Ramdhan.

Pada bulan Maret 2023, Jababeka juga telah meresmikan pengembangan kawasan industri baru yakni Jababeka e-commerce Industrial Park yang menjadi pengembangan kawasan jababeka phase 9. 

Kawasan baru seluas 400 ha ini akan dikembangkan secara bertahap dan diyakini kedepannya akan menjadi destinasi baru bagi pelaku industri baik dalam memulai atau mengembangkan bisnisnya serta menjadi pilihan investasi baru di koridor Timur Jakarta. 

Berada ditengah infrastruktur yang memadai dengan lokasi yang strategis, Kawasan Industri Jababeka Phase 9 dibangun dalam 4 cluster, diantaranya startup cluster, halal industrial cluster, high tech industrial cluster, dan bio tech industrial cluster.

Pengembangan Kawasan Industri Jababeka Phase 9 tahap pertama telah berhasil terjual 100% dengan jangka waktu kurang lebih 3 bulan. 

Dan saat ini Jababeka telah mempersiapkan pegembangan tahap kedua bagi para pelaku industri dan investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 09 Mei 2024 - 09:50 WIB

Kelang Musim Haji, Maskapai GIA Optimalkan Kesiapan Operasional Penerbangan

Garuda Indonesia juga mempersiapkan berbagai langkah service enhancement termasuk menambah personil untuk melayani calon Jemaah Haji.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Kunjungi Special Air Service Regiment (SASR)

Kamis, 09 Mei 2024 - 09:40 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Kunjungi Special Air Service Regiment (SASR)

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengunjungi markas Special Air Service Regiment (SASR) sebuah satuan pasukan khusus angkatan darat Australia di Barak Campbell, Swanbourne, Perth, Australia…

Semakin Panjang, Tol Indrapura-Kisaran Segera Terhubung Secara Penuh

Kamis, 09 Mei 2024 - 09:33 WIB

Semakin Panjang, Tol Indrapura-Kisaran Segera Terhubung Secara Penuh

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dalam waktu dekat akan mengoperasikan Tol Indrapura - Kisaran Seksi II (Lima Puluh – Kisaran) sepanjang 32,15 Km, yang merupakan sambungan dari Tol…

Chief Operation Officer Kideco, Edra Emilza saat mewakili PT Kideco Jaya Agung menerima penghargaan Indonesia Best CSR in Mining Sector

Kamis, 09 Mei 2024 - 08:35 WIB

Kideco Sukses Raih Penghargaan Indonesia Best CSR in Mining Sector

Ajang penghargaan Indonesia 50 Best CSR Summit 2024, bertemakan CSR Activity Awareness and CSR Image. Di ajang tersebut, PT Kideco Jaya Agung (Kideco) anak perusahaan energi terintegrasi PT…

Ketua MPT Bambang Soesatyo

Kamis, 09 Mei 2024 - 07:16 WIB

Tetaplah Berhati-hati dan Bijaksana Mengelola Pertumbuhan Ekonomi

KEMENTERIAN Keuangan bersama Badan Pusat Statistik (BPS), Senin (6/5), merilis kabar gembira. Dua institusi negara itu melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia per triwulan I-2024 tetap…