API: Munculnya Isu Tutupnya Pabrik Benang Akibat Libur Lebaran Yang Diperpanjang

Oleh : Hariyanto | Kamis, 20 Juli 2017 - 17:37 WIB

Ilustrasi Benang (Ist)
Ilustrasi Benang (Ist)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) meyakini bahwa kabar soal penghentian produksi pemintalan benang oleh beberapa pabrik hanya sebatas rumor saja.

Meski ada penurunan produksi benang, Ketua API Ade Sudrajat mengatakan, tidak ada pabrik pemintalan benang yang tutup pasca Lebaran. Ade Menilai, munculnya isu tutupnya pabrik benang akibat diperpanjangnya libur Lebaran pabrik-pabrik tersebut.

"Mereka biasanya libur maksimum lima hari tahun ini ditambah jadi 20 hari sehingga wajar muncul rumor soal penutupan pabrik benang," kata Ade di Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Namun, ia tidak menampik saat ini banyak perusahaan tekstil yang memangkas produksi benang. PT Argo Pantes Tbk misalnya, memangkas produksi benang tahun 2016 lalu menjadi 8.788 ton. Padahal, di tahun sebelumnya emiten dengan kode saham ARGO ini bisa memproduksi 9.042 ton.

Ade melihat, penurunan produksi benang ini disebabkan oleh daya beli masyarakat yang menurun. "Pasar di Indonesia sekarang ini sedang lesu. Ini tidak hanya kena di industri tekstil saja tapi sampai ke ritel juga," ujar Ade.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karya Citra Nusantara (KCN) ikut serta dalam Gerakan Bersih Laut dan Pantai

Selasa, 17 September 2019 - 16:05 WIB

KCN Dukung Program Gerakan Bersih Laut dan Pantai Milik Pemerintah

Karya Citra Nusantara (KCN) kembali menunjukan komitmennya terhadap lingkungan dan masyarakat.

kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Selasa, 17 September 2019 - 15:09 WIB

Karhutla Bukan Bencana dari Tuhan, Tetapi Kelalaian dalam Perencanaan dan Pencegahan

Jakarta-Karhutla yang terjadi terus-menerus ini bukanlah musibah dari Tuhan sebagaimana yang disebutkan Kepala Kantor Staff Kepresidenan (KSP), Moeldoko. Penyebab karhutla adalah kelalaian dalam…

Gedung DPR RI

Selasa, 17 September 2019 - 15:01 WIB

Revisi UU KPK Disetujui DPR RI

Rapat Paripurna DPR RI ke-9 Masa Persidangan I periode 2019-2020 menyetujui hasil revisi Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk disahkan menjadi undang-undang.

Kuwat Sri Hudoyo

Selasa, 17 September 2019 - 15:00 WIB

Kemenkes Mendorong Industri Farmasi Domestik Lewat E-Katalog

Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan daya saing industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri dengan e-katalog maupun mendorong riset terapan biofarmaka dan vaksin

Kebakaran Hutan

Selasa, 17 September 2019 - 14:45 WIB

Indonesia Darurat Udara Bersih

Jakarta-Permasalahan udara bersih saat ini tidak hanya menjadi isu masyarakat perkotaan metropolitan seperti Jakarta, tetapi juga telah menjadi masalah di berbagai daerah di Sumatera dan Kalimantan.