Platform Debt Collection SaaS Credgenics Raih Pendanaan Seri B Sebesar USD 50 Juta

Oleh : Hariyanto | Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:48 WIB

Dok. Credgenics
Dok. Credgenics

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Credgenics, sebuah platform teknologi global debt collection and resolution ternama berbasis SaaS, telah meraih USD50 juta dalam putaran pendanaan Seri B yang dipimpin oleh Westbridge Capital, Accel, Tanglin Ventures, Beams Fintech Fund, dan investor strategis lainnya. Perusahaan yang sekarang memiliki nilai valuasi sebesar USD340 juta ini akan menggunakan dana ini untuk inovasi dan pengayaan produk, ekspansi bisnis internasional, dan menjangkau segmen industry keuangan lainnya.

Sejak didirikan pada tahun 2019, Credgenics telah membangun kehadirannya di pasar India dan mulai berkembang ke Asia Tenggara. Dengan komitmen yang tinggi untuk menata ulang proses penagihan utang melalui digitalisasi dan analitik, perusahaan ini telah mengalami pertumbuhan sebesar 7x nya dari sejak penggalangan dana terakhirnya pada tahun 2021.

Credgenics telah bekerja dengan 100+ bank swasta terkemuka, perusahaan keuangan non-perbankan, fintech, dan Perusahaan Aset Restructruring termasuk IIFL Finance, Mahindra Finance, ICICI Bank, HDFC Bank, DMI Finance, Hero Fincorp, TVS Credit, IREP Credit Capital, dan Indifi. Perusahaan ini saat ini telah mengelola total loan book sebesar USD47 juta pada tahun 2022. 

Platform berbasis SaaS ini menawarkan rangkaian lengkap solusi penyelesaian utang, termasuk digital collection, collections analytics, litigation management, field collections mobile app, agent performance management, dan payments platform yang ditenagai AI dengan otomasi dan model Machine Learning untuk menghadirkan efisiensi yang tinggi dalam proses penagihan. 

"Dengan sumber daya ini, kami dapat memperluas solusi penagihan utang inovatif kami ke berbagai pasar yang baru, memberdayakan individu dan bisnis di seluruh dunia untuk mendapatkan kembali kendali atas penagihan pinjaman mereka. Pendanaan ini tidak hanya mempercepat pertumbuhan kami tetapi juga memungkinkan kami untuk membuat dampak yang berarti pada lanskap ekonomi negara, membuka peluang baru untuk kesejahteraan finansial," kata Rishabh Goel, Co-Founder & CEO, Credgenics, Rabu (16/8/2023).

Anand Agrawal, Co-Founder & CPTO, Credgenics mengatakan, Credgenics berkomitmen untuk memanfaatkan kekuatan digital dan teknologi baru untuk mengubah cara pengelolaan utang sambil memastikan pengalaman yang mulus bagi pemberi pinjaman dan peminjam. 

"Kami berada dalam fase pertumbuhan penting dimana kami berencana untuk memperkenalkan lebih banyak solusi inovatif dan memperluas jangkauan kami di negara lain serta berinvestasi dalam pengembangan produk. Memperkuat kemitraan kami dengan investor kami saat ini merupakan keputusan strategis yang akan membantu kami menghadirkan lebih banyak fleksibilitas, kemudahan dan efisiensi dalam proses penagihan pinjaman," kata Anand Agrawal.

Sumir Chadha, Co-Founder & Managing Partner, WestBridge Capital mengatakan, sebagai investor yang gigih dalam pertumbuhan luar biasa dari Credgenics, WestBridge Capital mengakui potensi besar dan dedikas tak tergoyahkan dari tim yang visioner ini. 

"Dengan AI sebagai yang terdepan, apa yang dilakukan oleh Credgenics benar-benar luar biasa. Layanannya yang unik dan tenaga kerjanya yang berbakat siap menempatkan perusahaan pada peta kesuksesan dan mengubah wajah industry penagihan utang menjadi lebih baik. Saat ini kami berdiri disamping Credgenics, kami merangkul peluang untuk membentuk kembali masa depan penagihan utang, bersama-sama membuka jalan bagi pemberdayaan dan pertumbuhan keuangan," ujarnya.

Pratik Agarwal, Principal, Accel mengatakan, bangga dapat terus mendukung Credgenics dalam perjalanan mereka saat mereka memimpin dalam industry penagihan utang berbasis SaaS. Pendekatan inovatif mereka, memanfaatkan teknologi dan analitik mutakhir, telah menunjukkan potensi yang sangat besar dan memberikan hasil yang mengesankan. 

"Sebagai investor terdahulu, kami bersemangat untuk menjadi bagian dari putaran pendanaan Credgenics berikutnya, kami percaya dengan kemampuan mereka untuk mengubah industri dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan. Kami berharap dapat menyaksikan kesuksesan mereka yang berkelanjutan dan dampak positif yang akan mereka buat dalam dunia penagihan utang," ungkapnya.

Didukung oleh Westbidge Capital, Accel, Beams Fintech Fund, Tanglin Venture Partners dan investor strategis lainnya, Credgenics baru-baru ini operationally profitable dan meraih revenue sebesar INR100 crore pada FY 2022-2023. Sejak awal, Credgenics telah berkomitmen untuk mendorong inovasi dan keunggulan operasional dalam proses penagihan. Perusahaan ini saat ini sudah memiliki lima kantor di India, dan dua lainnya di Jakarta dan Singapura, juga dalam jangka waktu dekat akan buka di Vietnam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Proyek SakuraLand

Rabu, 08 Mei 2024 - 10:02 WIB

Begini Upaya SakuraLand Hadirkan Hunian Terjangkau, Berkualitas, dan Strategis

Setelah sukses membangun beberapa kawasan hunian, PT Sakura Sejahtera (SakuraLand) berencana akan mengembangkan beberapa kawasan hunian lagi. SakuraLand merupakan pengembang perumahan yang berdiri…

AVEVA Perkenalkan CONNECT di Acara AVEVA DAY Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 09:42 WIB

AVEVA Perkenalkan CONNECT, Platform Industrial Intelligence Terdepan di Acara AVEVA DAY Indonesia

Pemimpin global dalam industri piranti lunak, AVEVA memperkenalkan CONNECT sebuah platform industrial intelligence dengan pertumbuhan tercepat di dunia, yang menyediakan berbagai pemikiran…

Hadiri Peresmian Kraton Majapahit Jakarta oleh Prabowo Subianto, Ketua MPR RI, Dukung Prabowo Subianto Merangkul Semua Unsur Yang Bisa Diajak Berkawan

Rabu, 08 Mei 2024 - 09:03 WIB

Hadiri Peresmian Kraton Majapahit Jakarta oleh Prabowo Subianto, Ketua MPR RI, Dukung Prabowo Subianto Merangkul Semua Unsur Yang Bisa Diajak Berkawan

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung pernyataan Presiden terpilih Prabowo Subianto di acara peresmian Kraton Majapahit Jakarta yang digagas mantan…

Staf Khusus III Menteri BUMN RI, Arya Sinulingga

Rabu, 08 Mei 2024 - 08:53 WIB

Dukung Pengembangan Usaha Mikro, Hutama Karya Hadirkan Galeri dan Vending Machine UMK Binaan

PT Hutama Karya (Persero) bersinergi dengan anak perusahaan, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) meluncurkan Galeri Usaha Mikro dan Usaha Kecil (UMK) serta mesin jual otomatis atau vending machine…

Lapangan golf Jababeka

Rabu, 08 Mei 2024 - 08:21 WIB

Ini Hunian Berkelas di Jababeka yang Diminati Para Ekspatriat, Hanya 2 Menit ke Lapangan Golf

Produk Jababeka Residence bernama Paradiso Golf Villas berada tepat di tengah lapangan golf Jababeka (Jababeka Golf & Country Club). Hunian mewah yang mengusung konsep resort ini memberi warna…