Jelang 50 Tahun, TRIPATRA Siap Wujudkan Transisi Energi & Hilirisasi Mineral di Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 04 Agustus 2023 - 08:05 WIB

PT Tripatra Engineers and Constructors (TRIPATRA)
PT Tripatra Engineers and Constructors (TRIPATRA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Tripatra Engineers and Constructors (TRIPATRA) terus berkomitmen mendukung pemerintah dalam upaya mendorong pembangunan industri serta mempercepat transisi energi dan hilirisasi mineral.

Hal tersebut sejalan dengan upaya pemerintah menuju net zero emissions pada tahun 2060 yang merupakan bagian dari tranformasi yang diperlukan dalam upaya menjadi negara maju di tahun 2045.

President Director & CEO TRIPATRA, Raymond Naldi Rasfuldi mengatakan, engineering atau rekayasa merupakan kekuatan utama di balik inovasi dan perkembangan teknologi.

Menurutnya, rekayasa yang menggabungkan keilmiahan dengan kreativitas dalam menciptakan solusi baru untuk berbagai tantangan dan mengembangkan teknologi yang meningkatkan kualitas hidup manusia, termasuk menghadirkan solusi untuk pengembangan teknologi Energi Baru Terbarukan (EBT).

"Oleh sebab itu, industri jasa Rekayasa akan dapat berkontribusi besar dalam kemajuan setiap peradaban bangsa," katanya di Jakarta (3/8).

"Terlebih lagi di era transisi energi dan hilirisasi mineral, tentunya industri di bidang jasa Rekayasa menjadi garda terdepan dalam upaya pencapaian tujuan nasional berkelanjutan," tambah Raymond.

Menjelang hari jadi ke-50, TRIPATRA terus mendorong perubahan transformasional dan berkelanjutan dengan visi perusahaan 'Membangun Solusi Berkelanjutan untuk Transformasi Energi dan Percepatan Hilirisasi'.

"Sejalan dengan visi perusahaan, kami terus berkomitmen untuk melakukan berbagai upaya agar bisa berkontribusi positif untuk membangun Indonesia melalui solusi kerekayasaan yang inovatif dan berkelanjutan, termasuk ikut serta berperan aktif mempercepat transisi energi dan hilirisasi mineral," papar Raymond.

Dalam upaya untuk mendorong pembangunan industri serta percepatan transisi energi dan hilirisasi mineral nasional, TRIPATRA dengan mayoritas engineer berasal dari dalam negeri, telah berkontribusi dalam meningkatkan nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) melalui pengembangan dan penghasilan ribuan engineer yang berkompeten dalam bidang Rekayasa. 

Hal tersebut dilakukan karena TRIPATRA menyadari bahwa sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten merupakan komponen yang sangat penting dalam menjalankan bisnis Rekayasa. 

Sebagai pioneer perusahaan lokal di industri jasa Rekayasa teknik terintegrasi di Indonesia, TRIPATRA telah banyak berperan dan berkontribusi dalam berbagai proyek strategis.

“TRIPATRA telah memiliki 50 tahun pengalaman dengan kemampuan teknik dan teknologi yang kompeten dari rekayasa multidisiplin terlengkap dengan menghadirkan beraneka ragam layanan terbaik untuk ratusan proyek besar termasuk proyek strategis nasional yang telah dikerjakan di sektor infrastruktur energi, minyak dan gas, petrokimia, logam, serta energi baru dan terbarukan di Indonesia maupun mancanegara,” tandas Raymond.

Hal senada diungkapkan Ketua Umum Gabungan Perusahaan Nasional Ramcang Bangun Indonesia (GAPENRI), Dhira Nandana.

Dia menyebut bahwa sektor industri jasa Rekayasa memiliki peran penting dalam pertumbuhan Indonesia serta mampu menjadi lokomotif pembangunan dan pertumbuhan ragam sektor dan industri nasional di Indonesia, termasuk sektor energi, serta penggerak peningkatan Penggunaan Barang dan Jasa Dalam Negeri (P3DN). 

"Maka dari itu, pentingnya kolaborasi berbagai pihak agar bidang rekayasa Indonesia semakin berkembang dan dioptimalisasikan untuk mendukung pembangunan nasional," ujar Dhira.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Bambang Goeritno mengungkapkan bahwa dalam menghadapi pesatnya pembangunan nasional di berbagai sektor, terutama pada pengembangan sektor transisi energi EBT, tentunya tidak terlepas dari peran penting para insinyur atau engineer pada seluruh proses dari perencanaan dan desain hingga integrasi dan koordinasi.

"Oleh karena itu, engineer yang kompeten dan memiliki kemampuan untuk memberikan solusi Rekayasa inovatif yang dibutuhkan industri semakin dibutuhkan," papar Bambang.

"Selain itu, penting juga bagi industri untuk mengoptimalkan engineer yang berkompeten dari dalam negeri sebagai upaya untuk terus meningkatkan nilai TKDN dalam berbagai proyek pembangunan di Indonesia," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Senin, 06 Mei 2024 - 05:59 WIB

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Menyadari pentingnya support keluarga demi meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar acara Family Gathering di Plaza Keong Mas,…

Mitraruma Kini Hadir di The Darmawangsa Square, Tawarkan Kitchen Set dan Kabinet Premium

Senin, 06 Mei 2024 - 05:36 WIB

Mitraruma Kini Hadir di The Darmawangsa Square, Tawarkan Kitchen Set dan Kabinet Premium

Mitraruma, penyedia one-stop design & build interior untuk kebutuhan kitchen set dan cabinetry di bawah unit bisnis SCG Distribution & Retail Indonesia, PT Kokoh Inti Arebama Tbk, membuka showroom…

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…