Ini Rahasia Sukses Brand Lokal Geoff Maxx Capai Pesanan Online Ratusan Ribu Setiap Bulan

Oleh : Nina Karlita | Minggu, 11 Juni 2023 - 00:33 WIB

Geoff Max, brand sepatu lokal asal Bandung.
Geoff Max, brand sepatu lokal asal Bandung.

INDUSTRY.co.id - Bandung - Tren fashion di kalangan anak moda saat ini banyak diissi produk lokal. Salah satunya Geoff Max, merek sepatu asal Bandung yang didirikan oleh dua sahabat, Yusuf Ramdhani dan Fauzan Efwanda.

Geoff Max yang didirikan pada 2012 ini terkenal di kalangan pencinta musik dan olahraga ekstrem. Kala itu kedua sahabat itu menciptakan Geoff Max karena merasa miris melihat banyaknya anak muda yang suka dengan sepatu buatan luar negeri hingga membeli jenis replikanya. 

Yusuf dan Fauzan pun bertekad untuk membuat sepatu buatan lokal yang tidak kalah dengan kualitas produk dari luar negeri. Jika ada produk lokal yang bagus, kenapa harus memilih imitasi brand luar, begitu salah satu alasan mereka memulai bisnis sepatu. 

"Kami memulai berbisnis sepatu dengan kemampuan pengetahuan seadanya, membuat desain sendiri hingga proses pembuatan. Meski dengan modal kecil, kami tetap berusaha menghadirkan sepatu dengan bahan yang cukup berkualitas,” ungkap Yusuf. 

Untuk bisa bertahan hingga sekarang, Yusuf mengakui jika mereka terus lakukan inovasi dan beradaptasi dengan tren pasar. 

“Kami juga gencar berpromosi melalui kerja sama dengan band-band tanah air dan internasional. Karena kami melihat kecenderungan orang membeli suatu produk ketika produk itu dipakai oleh idolanya. Dari situlah kami makin dikenal luas, khususnya para penikmat musik dan olahraga skateboard,” ujar Yusuf. 

Geoff Max kini menjadi salah satu merek sepatu lokal asal Bandung yang mampu bersaing dengan merek lainnya di pasar lokal maupun internasional. Yusuf dan Fauzan tak hanya mengandalkan penjualan secara offline saja, namun juga masuk ke dunia penjualan online. 

“Pada tahun 2018 kami mulai masuk ke penjualan online untuk mendukung penjualan offline kami. Salah satunya membuka toko di marketplace seperti Lazada,” tutur  Yusuf.  

Meski sempat terdampak pandemi, penjualan Geoff Max secara online justru mampu mencapai ratusan ribu produk per bulannya. Di sinilah Yusuf dan Fauzan menyadari pentingnya pengelolaan logistik yang mumpuni yang memudahkan mereka dalam operasional tokonya serta memastikan pelanggan bisa menerima produknya dengan cepat dan aman.  
 
“Seiring pertumbuhan bisnis Geoff Max, kami juga menghadapi tantangan dalam pengelolaan operasional logistik kami. Apalagi dengan meningkatnya pesanan secara online, kami harus memastikan setiap pesanan ditangani dengan baik dan dikirim hingga sampai ke tangan pelanggan,” kata Yusuf.  

Geoff Max memilih menggunakan layanan Multi Channel Logistics (MCL) dari unit usaha logistik Lazada Indonesia, Lazada Logistics untuk pengelolaan logistiknya. 

Layanan MCL ini merupakan solusi logistik yang menyederhanakan dan merampingkan seluruh proses, di mana Lazada Logistics mengatur pemenuhan pesanan mulai dari pengambilan produk hingga pengiriman, sehingga penjual bisa memberikan pengalaman belanja yang mudah, cepat dan nyaman kepada pelanggan mereka. 

“Dengan menggunakan layanan ini, kami bisa mengoptimalkan proses pemenuhan pesanan sehingga pelanggan bisa menerima produk dengan lebih cepat dan aman,” jelas Yusuf.  

Layanan menyeluruh yang diberikan layanan MCL memberikan Geoff Max kesempatan untuk fokus berinovasi dan mengembangkan produk serta brand mereka tanpa harus khawatir tentang kompleksitas operasional. 

“Lazada Logistics berkomitmen untuk memberikan solusi logistik terbaik dengan memberikan kesempatan bagi penjual dan brand untuk fokus memikirkan strategi bisnis mereka untuk terus bertumbuh. Karena itulah, kami siap membantu mengelola operasional logistik mereka melalui infrastruktur dan jaringan logistik kami yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Adiputra Wiharja, SVP, Logistics, Lazada Indonesia.  

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…