Dorong Industri Kreatif Berkelanjutan, Telkom University Sukses Gelar BCM Ke-10

Oleh : Ridwan | Kamis, 08 Juni 2023 - 21:00 WIB

Gelaran konferensi internasional Bandung Creative Movement (BCM) 2023
Gelaran konferensi internasional Bandung Creative Movement (BCM) 2023

INDUSTRY.co.id - Bandung – Telkom University melalui Fakultas Industri Kreatif (FIK) sukses menggelar konferensi internasional Bandung Creative Movement (BCM) 2023 secara hybrid pada Kamis (8/6/2023).

Acara akbar ini merupakan wadah bagi para peneliti, insan kreatif, akademisi serta profesional industri dari seluruh dunia untuk mempresentasikan hasil penelitian dan kegiatan pengembangannya di bidang teknologi, desain, kemasyarakatan, bisnis, dan lingkungan.

Adapun BCM 2023 sendiri merupakan konferensi internasional BCM ke-10 yang dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2014.

Mengusung tema Enhancing Collaboration in Arts, Design and Craft for Sustainable Creative Industries, acara ini diisi kegiatan pre-event berupa workshop series dan webinar dengan topik menarik, mulai dari, sharing penulisan publikasi ilmiah, webinar pentingnya melestarikan arsitektur nusantara, 3D rendering dan penggunaannya dalam arsitektur dan interior, tipografi aksara jawa, serta workshop ilustrasi relief printing. 

Wibisono Tegar Guna Putra, M.A selaku Ketua BCM 2023 menerangkan bahwa BCM ini merupakan sebuah konferensi yang telah berkembang menjadi wadah bagi para praktisi dan akademisi saling berkolaborasi ataupun bertukar ide. 

Pasalnya, BCM setiap tahun mengangkat banyak topik aktual mengenai industri kreatif dan interaksi kolaborasi multidisiplin yang melibatkan para stakeholder di dalamnya.

"BCM memasuki tahun ke-10 ini, dengan bangga kami bisa mengatakan bahwa BCM bukan lagi sekedar meningkatkan publikasi internasional. Tapi juga BCM ini sekaligus menjadi wadah yang bersifat kolaboratif, tidak hanya bagi praktisi namun akademisi, baik dalam aspek bisnis, penelitian, dan pemajuan kebudayaan. Kondisi ini diwujudkan dan direspon oleh Bandung Creative Movement dalam tema-tema berbeda yang diangkat dalam konferensi ini tiap tahunnya," kata Wibisono.

Wibi menambahkan, BCM 2023 kali ini mengangkat tema besar mengenai peningkatan studi seni, desain, dan kerajinan dan interaksi kolaborasi multidisiplin yang mengubah penemuan menjadi keberlanjutan dalam industri kreatif. 

Menurutnya, tema ini penting diangkat karena jika seorang akademisi, peneliti atau praktisi industri bisa mengubah peningkatan di bidang seni, desain dan kerajinan menjadi keberlanjutan semisal inovasi dalam industri kreatif. 

Hal itu bukan hanya bisa memecahkan masalah secara nyata di lapangan atau meningkatkan pengalaman pengguna, namun juga mendukung keberlanjutan atau sustainability di industri itu sendiri, baik itu di bidang seni, desain dan kriya.

"Saya berharap para keynote speakers yang terlibat dalam konferensi kali ini bisa berbagi pandangan mengenai tren terbaru sekaligus pengalaman di lapangan di bidang seni, desain dan kriya kepada peserta. Di mana hasil itu nantinya kita bisa jadikan pembelajaran, referensi atau panduan terkait langkah yang perlu dilakukan dalam peningkatan perkembangan industri secara berkelanjutan," terang Wibi.

Sementara itu Dr. Roro Retno Wulan, S.Sos., M.Pd. selaku Dekan Fakultas Industri Kreatif Telkom University mengaku puas dan senang atas penyelenggaraan konferensi internasional BCM ke-10 ini.  

Ia melihat animo partisipan dari rangkaian kegiatan BCM ke-10, luar biasa. Total partisipan mencapai ratusan orang, mulai dari penyelenggaraan seri workshop, webinar hingga konferensinya.

Dalam BCM 2023 ini, ada 15 perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri yang berpartisipasi. Adapun beberapa keynote speaker yang berpartisipasi menjadi pembicara adalah Tommy Barr dari International Academy of Digital Arts and Science, Amerika Serikat, Dr. Urmila Mohan selaku founder dan editor dari The Jugaad Project, Amerika Serikat.

Selanjutnya, Susan Ang dari School of Architecture & Built Environment Deakin University, Australia, Dr. Roro Retno Wulan, S.Sos., M.Pd. selaku Dekan Fakultas Industri Kreatif Telkom University, dan Gilang Ramadhan, S.Sn., M.Ds. dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI saat dapat apresiasi BI

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:45 WIB

Konsisten Implementasi Program Pemberdayaan Usaha Kecil, Bank DKI Menerima Apresiasi dari Bank Indonesia

Bank DKI kembali menerima apresiasi dari Bank Indonesia, kali ini Bank DKI bersama 13 (tiga belas) Bank lainnya dinobatkan sebagai Bank Business Matching Pembiayaan UMKM.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pameran Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair Kemayoran (JFK) tahun 2024, Rabu (12/06/2024). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:35 WIB

Buka PRJ 2024, Jokowi: Event Ini Ditunggu Masyarakat

Jakarta-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pameran Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair Kemayoran (JFK) tahun 2024, Rabu (12/06/2024), di Arena JI-Expo Kemayoran, Jakarta.

PT Metropolitand Land Tbk. (Metland)

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:34 WIB

Naik 5,64%, Metland Sukses Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp418 Miliar Sepanjang Tahun 2023

PT Metropolitan Land Tbk (Metland) sukses mencatat laba bersih sebesar sebesar Rp418 miliar sepanjang tahun 2023. Angka tersebut meningkat 5,64% dari periode yang sama tahun lalu.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:31 WIB

Panglima TNI Tegaskan Prajurit Main Judi Online, Siap-Siap Dapat Sanksi

tubuh TNI sudah ada aturan atau mekanisme penghargaan (reward) dan hukuman (punishment) bagi prajurit. Jika bertindak di luar aturan, prajurit akan diberikan hukuman yakni hukum, sedangkan berprestasi…

Konferensi pers, “Percepatan Pembangunan Perumahan Rakyat melalui Operasionalisasi Badan Percepatan Penyelenggaraan Perumahan (BP3)

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:25 WIB

The HUD Institute Desak Pemerintahan Prabowo-Gibran Segera Eksekusi Kelembagaan BP3

Ketua Majelis Tinggi The HUD Institute, Andrinof A. Chaniago menyebut bahwa kelembagaan Badan Percepatan Penyelenggaraan Perumahan (BP3) harus segera dieksekusi. Dan keberadaannya menjadi …