Dorong Industri Kreatif Berkelanjutan, Telkom University Sukses Gelar BCM Ke-10

Oleh : Ridwan | Kamis, 08 Juni 2023 - 21:00 WIB

Gelaran konferensi internasional Bandung Creative Movement (BCM) 2023
Gelaran konferensi internasional Bandung Creative Movement (BCM) 2023

INDUSTRY.co.id - Bandung – Telkom University melalui Fakultas Industri Kreatif (FIK) sukses menggelar konferensi internasional Bandung Creative Movement (BCM) 2023 secara hybrid pada Kamis (8/6/2023).

Acara akbar ini merupakan wadah bagi para peneliti, insan kreatif, akademisi serta profesional industri dari seluruh dunia untuk mempresentasikan hasil penelitian dan kegiatan pengembangannya di bidang teknologi, desain, kemasyarakatan, bisnis, dan lingkungan.

Adapun BCM 2023 sendiri merupakan konferensi internasional BCM ke-10 yang dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2014.

Mengusung tema Enhancing Collaboration in Arts, Design and Craft for Sustainable Creative Industries, acara ini diisi kegiatan pre-event berupa workshop series dan webinar dengan topik menarik, mulai dari, sharing penulisan publikasi ilmiah, webinar pentingnya melestarikan arsitektur nusantara, 3D rendering dan penggunaannya dalam arsitektur dan interior, tipografi aksara jawa, serta workshop ilustrasi relief printing. 

Wibisono Tegar Guna Putra, M.A selaku Ketua BCM 2023 menerangkan bahwa BCM ini merupakan sebuah konferensi yang telah berkembang menjadi wadah bagi para praktisi dan akademisi saling berkolaborasi ataupun bertukar ide. 

Pasalnya, BCM setiap tahun mengangkat banyak topik aktual mengenai industri kreatif dan interaksi kolaborasi multidisiplin yang melibatkan para stakeholder di dalamnya.

"BCM memasuki tahun ke-10 ini, dengan bangga kami bisa mengatakan bahwa BCM bukan lagi sekedar meningkatkan publikasi internasional. Tapi juga BCM ini sekaligus menjadi wadah yang bersifat kolaboratif, tidak hanya bagi praktisi namun akademisi, baik dalam aspek bisnis, penelitian, dan pemajuan kebudayaan. Kondisi ini diwujudkan dan direspon oleh Bandung Creative Movement dalam tema-tema berbeda yang diangkat dalam konferensi ini tiap tahunnya," kata Wibisono.

Wibi menambahkan, BCM 2023 kali ini mengangkat tema besar mengenai peningkatan studi seni, desain, dan kerajinan dan interaksi kolaborasi multidisiplin yang mengubah penemuan menjadi keberlanjutan dalam industri kreatif. 

Menurutnya, tema ini penting diangkat karena jika seorang akademisi, peneliti atau praktisi industri bisa mengubah peningkatan di bidang seni, desain dan kerajinan menjadi keberlanjutan semisal inovasi dalam industri kreatif. 

Hal itu bukan hanya bisa memecahkan masalah secara nyata di lapangan atau meningkatkan pengalaman pengguna, namun juga mendukung keberlanjutan atau sustainability di industri itu sendiri, baik itu di bidang seni, desain dan kriya.

"Saya berharap para keynote speakers yang terlibat dalam konferensi kali ini bisa berbagi pandangan mengenai tren terbaru sekaligus pengalaman di lapangan di bidang seni, desain dan kriya kepada peserta. Di mana hasil itu nantinya kita bisa jadikan pembelajaran, referensi atau panduan terkait langkah yang perlu dilakukan dalam peningkatan perkembangan industri secara berkelanjutan," terang Wibi.

Sementara itu Dr. Roro Retno Wulan, S.Sos., M.Pd. selaku Dekan Fakultas Industri Kreatif Telkom University mengaku puas dan senang atas penyelenggaraan konferensi internasional BCM ke-10 ini.  

Ia melihat animo partisipan dari rangkaian kegiatan BCM ke-10, luar biasa. Total partisipan mencapai ratusan orang, mulai dari penyelenggaraan seri workshop, webinar hingga konferensinya.

Dalam BCM 2023 ini, ada 15 perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri yang berpartisipasi. Adapun beberapa keynote speaker yang berpartisipasi menjadi pembicara adalah Tommy Barr dari International Academy of Digital Arts and Science, Amerika Serikat, Dr. Urmila Mohan selaku founder dan editor dari The Jugaad Project, Amerika Serikat.

Selanjutnya, Susan Ang dari School of Architecture & Built Environment Deakin University, Australia, Dr. Roro Retno Wulan, S.Sos., M.Pd. selaku Dekan Fakultas Industri Kreatif Telkom University, dan Gilang Ramadhan, S.Sn., M.Ds. dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…