Genjot Daya Beli, ASAKI Minta Pemerintah Percepat Penyerapan Anggaran Belanja

Oleh : Ridwan | Sabtu, 03 Juni 2023 - 13:02 WIB

Ketua Umum Asaki, Edy Suyanto (Foto: Industry.co.id)
Ketua Umum Asaki, Edy Suyanto (Foto: Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) berharap pemerintah terus menggenjot program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Asaki mencatat belanja pemerintah terutama di sektor infrastruktur mengalami penurunan. Hal ini turut berdampak kepada penjualan keramik di dalam negeri.

Kondisi tersebut semakin diperparah dengan melemahnya daya beli masyarakat akibat inflasi bahan pangan, serta pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Daya beli masyarakat melemah, sepertinya akibat inflasi bahan pangan dan inflasi pasca kenaikan BBM. Disamping itu juga belanja pemerintah terutama di sektor infrastruktur mengalami penurunan," kata Ketua Umum Asaki, Edy Suyanto kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta (3/6).

Dirinya berharap pemerintah baik daerah maupun Kementerian/Lembaga mempercepat penyerapan anggaran belanja.

"Harapan kami, pemerintah baik Daerah maupun Kementerian/Lembaga harus mempercepat penyerapan anggaran belanja," terangnya.

Selain itu, Asaki juga tengah memperjuangkan Antidumping atas impor produk ubin keramik dari China. Upaya tersebut sebagai antisipasi melonjaknya angka impor akibat pengalihan ekspor keramik Tiongkok yang sebelumnya banyak ke Eropa, USA dan Timur Tengah ke pasar Indonesia, serta merosotnya permintaan keramik di dalam negeri China akibat sektor properti yang stagnan.

Sekedar informasi, Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) telah memulai penyelidikan antidumping atas impor produk ubin keramik dari China pada tanggal (15/3/2023).

Penyelidikan tersebut dilakukan terhadap ubin keramik yang termasuk dalam pos tarif 6907.21.24, 6907.21.91, 6907.21.92, 6907.21.93, 6907.21.94, 6907.22.91, 6907.22.92, 6907.22.93, 6907.22.94, 6907.40.91, dan 6907.40.92 sesuai Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI) 2022.

Penyelidikan ini merupakan tindak lanjut dari permohonan Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI).

Disisi lain, Asaki mencatat tingkat utilisasi produksi keramik nasional pada kuartal I-2023 berada di level 75%. Angka tersebut menurun jika dibandingkan rata-rata tingkat utilisasi produksi tahun 2022 yang berada di level 78%. 

Sementara itu, kinerja ekspor juga mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pada kuartal I-2023, angka ekspor industri keramik hanya mencapai 45%. Sedangkan impor pada kuartal I-2023 meningkat 0,5%.

"Industri keramik masih berharap pasar mulai bergairah kembali mulai bulan Juni, karena tren penjualan keramik seperti biasanya 'peak season' ada di kuartal III yakni, Juli - September dan biasanya berlanjut sampai dengan November," tutup Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI menjadi Official Mobile Banking Partner pada ajang tahunan Urban Sneaker Society (USS) 2024

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 12:39 WIB

USS 2024 presented by BRImo: Kolaborasi Fashion dan Lifestyle, Dukungan BRI Dorong Kreativitas Generasi Muda

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Terbaru, BRI menjadi Official Mobile Banking Partner pada…

Penerima bantuan Gerobak Kuliner SIG pada acara Serah Terima Bantuan di Desa Rejosari, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada Jumat (18/10/2024).

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:28 WIB

Dorong Peningkatan Ekonomi Pedesaan, SIG Bantu Pengembangan Usaha Mikro dan Infrastruktur Pertanian di Kabupaten Gresik dan Lamongan

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program TJSL kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan melalui…

Koordinator Pengawasan Kawasan Industri dan Perumahan BPKP Joko Sutrisno selaku Ketua Tim Assessment (paling kiri), SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza (kedua dari kiri), VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto (kedua dari kanan), dan PGS SVP Risk Management Telkom Rini Fitriani (paling kanan)

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:04 WIB

Telkom Perkuat Praktik Keberlanjutan, Skor ESG Meningkat Signifikan hingga Raih Predikat Sangat Baik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil mencapai peningkatan signifikan dalam penilaian ESG (Environmental, Social, and Governance) yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan…

Hewan ternak

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:39 WIB

Wabah SE di Bengkulu, Kementan Tingkatkan Upaya Pengendalian dan Pencegahan

Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengintensifkan langkah pengendalian terhadap kasus penyakit Septicaemia Epizootica (SE), yang juga dikenal sebagai penyakit sapi ngorok, di Provinsi Bengkulu.…

LPPNU bersama BPDPKS serta GAPKI dan Ketua Umum PBNU resmikan Sawit masuk Pesantren

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 06:21 WIB

LPPNU Luncurkan Program Sawit Goes to Pesantren

Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) menyelenggarakan kegiatan Launching Program Sawit Goes to Pesantren untuk mengedukasi santri dan warga Nahdliyin terkait manfaat serta…