Apresiasi SWA untuk Merek-Merek yang Praktik Pelayanan Pelanggan

Oleh : Wiyanto | Jumat, 02 Juni 2023 - 09:32 WIB

Merek-merek dagang yang dapat apresiasi
Merek-merek dagang yang dapat apresiasi

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Melihat peran customer service yang semakin krusial, SWA Media dan Business Digest menyelenggarakan ajang penghargaan “Indonesia Customer Service Quality Award 2023” untuk mengapresiasi merek-merek yang berhasil melakukan praktik pelayanan pelanggan dengan kualitas yang mampu memuaskan kebutuhan pelanggannya.

Kemal E Gani, Group Chief Editor SWA Media Group menjelaskan penghargaan ini diberikan berdasarkan survei yang dilakukan di 6 kota yakni Medan, Bandung, Jabodetabek, Semarang, Surabaya dan Makassar dengan metodologi wawancara face to face kepada 5000 pengguna merek yang merupakan user dari berbagai sektor produk dan jasa.

Hasil survei tersebut didapat dengan menilai pengalaman responden terhadap merek yang pernah digunakan. Adapun acuan penilaian yang digunakan meliputi aspek Reliability, Assurance, Tangible, Empathy dan Responsiveness. Berdasarkan hasil survei, berikut perusahaan-perusahaan yang menerima penghargaan “Indonesia Customer Service Quality Award 2023” dengan predikat Excellent, Very Good dan Good : KMN EyeCare, Erafone, Timezone Indonesia, UBS Gold, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Pegadaian, Solaria, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, PT Mandiri AXA General Insurance, PT Bank BCA Syariah, CITO, Alfamidi, dan ShopeePay.

Acara puncak penghargaan dimulai dengan webinar yang bertemakan “Building Customer Service Excellence in the Fast Changing Era” dengan menghadirkan tiga sosok pembicara andal, yaitu, Armand W. Hartono, Deputy President Director PT Bank Central Asia Tbk, Dr. Rudy C. Susilo, CEO KMN EyeCare, Naveen H., CEO & President Director Timezone Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, pembicara berbagi pengalaman dalam melakukan inisiasi maupun inovasi ketika membangun customer service sehingga bisa memenangkan persaingan pasar.

Dalam paparannya, Armand W. Hartono, menyampaikan kunci membangun customer service yakni, terpaksa, dipaksa, terbiasa. Hal ini dikatakannya berdasarkan pengalamannya membangun customer service di BCA yang terus menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan konsumen. Menurutnya tantangan selalu hadir di segala era dengan rupa yang berbeda-beda. Namun satu hal yang tak pernah berubah adalah komitmen BCA sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi kebutuhan nasabah.

Dia mengatakan Customer di setiap era selalu menjadi fokus perhatian BCA. Jika dahulu kebutuhan nasabah belum begitu banyak dalam bertransaksi, saat ini kebutuhan penyelesaian transaksi disertai kebutuhan nasabah ingin dilayani di berbagai kanal baik online, ke kantor cabang maupun melalui contact center seperti Halo BCA.

“Dahulu di nasabah antre di cabang untuk transfer uang, karena saat itu atm hanya bisa digunakan untuk mengambil uang, maka kita coba bagaimana atm ini juga bisa untuk melakukan transfer uang, akhirnya BCA menjadi bank pertama di Indonesia yang memiliki atm yang bisa melayani transfer dan kami terus melakukan inovasi untuk menjawab kebutuhan konsumen,” jelasnya

Tak hanya BCA, Timezone yang hadir sejak tahun 1995 di Indonesia juga terus memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. Naveen H. menyebutkan Timezone berusaha terus meningkatkan level servisnya sehingga pusat hiburan keluarga ini dapat memberikan pelayanan terbaik, dan membuat pelanggan menjadi pelanggan setia dan kembali lagi ke venue.

“Mulai dari memperbaiki penampilan venue sehingga ambiencenya lebih cerah dan terang, sampai memberikan benefit khusus untuk pelanggan setia Timezone,” ujarnya.

Menurutnya, dengan fokus utama melayani pelanggan, Timezone akan terus melakukan perkembangan dan pembukaan venue baru di tahun 2023 ini untuk semakin mendekatkan lokasi-lokasi dengan tempat tinggal pelanggan. “Kami sadar di era dengan persaingan yang ketat, mendekatkan lokasi kami dengan tempat tinggal pelanggan adalah hal yang sangat penting,” tuturnya.

Hal yang sama juga dilakukan KMN EyeCare, berbagai upaya juga dilakukan untuk memberikan layanan terbaik setara dengan layanan hotel bintang lima kepada seluruh pasien KMN EyeCare. Dr. Rudy C. Susilo menjelaskan untuk mendesain sebuah layanan yang baik telah disiapkan sebuah pedoman yang disebut dengan Arsitektur Layanan. Pedoman ini menjadi acuan seluruh petugas frontliners KMN EyeCare ketika memberikan layanan kepada pasien. Selain itu, pihaknya juga membuat program survei kepuasaan pelanggan kepada seluruh pasien yang kemudian akan ditindaklanjuti untuk melakukan perbaikan berkesinambungan. 

“Kami juga melakukan survey kepuasan pasien, tiga tahun terakhir jumlah kepuasan pelanggan yang puas dan sangat puas itu 99% dan kesediaan merekomendasikan kami itu 99%,” ungkapnya. Dengan pencapaian tingkat kepuasan pasien di angka 99% tentunya upaya-upaya perbaikan layanan di KMN EyeCare akan difokuskan ke arah “shifting” dari pasien “puas” ke level “sangat puas”.

Ke depan KMN EyeCare akan terus melakukan inovasi-inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.