Kemenperin Rangkul Desainer dan Marketplace Dongkrak Industri Kerajinan Fesyen

Oleh : Ridwan | Selasa, 30 Mei 2023 - 16:50 WIB

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Reni Yanita (kerudung kuning) melihat-lihat booth pameran hasil kerajinan fesyen Sumatera Utara
Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Reni Yanita (kerudung kuning) melihat-lihat booth pameran hasil kerajinan fesyen Sumatera Utara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mendongkrak inovasi dan memperkuat ekosistem perajin dan wirausaha di bidang kerajinan.

Pasalnya, industri kerajinan nasional memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Salah satu Langkah yang dilakukan antara lain melalui bimbingan teknis dan diskusi mengenai tren terkini yang terjadi di pasar. Dengan demikian diharapkan kerajinan Indonesia dapat bersaing di pasar global.  

"Kami telah menyelenggarakan talkshow tentang wastra, desain, dan pemasaran online yang harapannya dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada para pengusaha maupun calon pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Kemenperin, Reni Yanita di Jakarta, Selasa (30/5).

Sebagai langkah pendampingan pada perajin di tanah air, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) Kemenperin telah menyelenggarakan talkshow sebagai rangkaian Perayaan Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-43 di Medan, Sumatera Utara beberapa waktu lalu. 

Pada gelaran yang bertajuk Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya tersebut, perajin berdialog dengan para narasumber yang terjun langsung di industri kerajinan dan fesyen.

Diskusi tersebut membahas peningkatan penggunaan ragam wastra Nusantara di aneka produk kerajinan dan busana. 

Mengingat pelaksanaannya di Kota Medan, maka diskusi juga membedah tentang kekayaan Tenun Ulos Sumatera Utara yang berhasil menjadi produk budaya bernilai tambah dan berpotensi jual tinggi di pasar lokal dan global. Selanjutnya, juga membahas aneka strategi pemasaran digital bagi wirausaha kerajinan.

Reni mengungkapkan, produk kerajinan merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang memiliki nilai seni dan estetika yang tinggi. 

Menurutnya, produk kerajinan tidak bisa dianggap hanya sebagai sebuah produk, tetapi dapat menjadi cerminan keahlian, keindahan, dan keunikan budaya. 

Ia menambahkan, kerajinan juga merupakan hasil kreativitas dan keahlian tangan para perajin yang biasanya diwariskan secara turun-temurun di masyarakat.
 
"Sebagai bagian dari keanekaragaman budaya Indonesia, produk kerajinan memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dan dapat menjadi sumber penghasilan bagi para pelaku usahanya," imbuhnya.

Dirjen IKMA Kemenperin menyampaikan, dalam berwirausaha di bidang ini, para perajin atau desainer produk tidak bisa asal-asalan. 

Wirausaha sektor kerajinan harus memahami keunikan produk kerajinan sebagai nilai tambah produk, mampu terus berinovasi mengikuti tren, serta mampu memenuhi kebutuhan pasar sehingga dapat diterima di pasar lokal dan global.
 
Reni berpesan, wirausaha di bidang kerajinan juga perlu memperkuat aspek manajemen usaha, baik terkait pemasaran (branding, promosi, dan distribusi penjualan produk), aspek produksi, keuangan, maupun sumber daya manusia atau perajinnya. 

Tidak hanya itu, Reni juga menekankan pentingnya semangat kolaborasi dan keberanian untuk memulai usaha. Wirausaha kerajinan juga perlu saling mendukung agar sektor industri kerajinan Indonesia semakin kuat. 

"Memulai usaha kerajinan bukanlah hal yang mudah, tetapi kita harus memiliki tekad yang kuat dan berani mengambil resiko dalam menjalankan usaha, untuk mencapai kesuksesan," sebut Reni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.