Kabar Gembira, Kampus Kemenperin Buka Beasiswa SDM Sawit 2023! Kuliah Gratis Plus Dapat Uang Saku, Begini Cara Daftarnya...

Oleh : Candra Mata | Jumat, 26 Mei 2023 - 13:58 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat meninjau pendidikan vokasi Kemenperin
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat meninjau pendidikan vokasi Kemenperin

INDUSTRY co.id - Jakarta, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Masrokhan mengemukakan bahwa pihaknya dalam hal ini BPSDMI Kemenperin memberikan kesemptan kepada seluruh siswa-siswi khusus di wilayah Sumatera untuk mengikuti program beasiswa mahasiswa baru di sejumlah unit pendidikan vokasi besutan Kemenperin yakni Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan dan Politeknik Akademi Teknologi Industri (ATI) Padang.

Pemberian beasiswa ini sendiri merupakan upaya nyata dari Kemenperin dalam mendorong pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit guna menghasilkan SDM yang kompeten di industri pengolahan sawit. 

“Selain membuka penerimaan mahasiswa lewat jalur reguler, kedua kampus Kemenperin tersebut bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dalam partisipasi sebagai penyelenggara pendidikan untuk Beasiswa Pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit,” ungkap Masrokhan seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, beasiswa tersebut ditargetkan kepada pemilik kebun yang memiliki usaha budidaya tanaman kelapa sawit dan keluarganya. Golongan pendaftar lainnya adalah karyawan atau pekerja pada usaha perkebunan kelapa sawit, keluarga karyawan atau pekerja pada usaha perkebunan kelapa sawit, ASN/PPPK pada bidang perkelapasawitan, hingga anggota/pengurus koperasi atau lembaga yang bergerak dalam perkelapasawitan.

“Terdapat 13 unit pendidikan yang menerima beasiswa tersebut, dan dua di antaranya adalah politeknik Kemenperin yakni PTKI Medan dan Politeknik ATI Padang,” ujar Kepala BPSDMI tersebut.

Untuk PTKI Medan, jurusan yang dibuka untuk beasiswa tersebut adalah D3 Teknik Kimia, D3 Teknik Mekanika, dan D3 Agribisnis Kelapa Sawit. Sementara itu, Politeknik ATI Padang membuka 5 jurusan, yaitu D3 Teknik Kimia Bahan Nabati, D3 Manajemen Logistik Industri Agro, D3 Teknik Industri Agro, D3 Analisis Kimia, dan D4 Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan.

Nantinya seluruh penerima beasiswa akan mendapatkan fasilitas beragam, yakni biaya pendidikan penuh, biaya asrama atau kamar indekos, transportasi pulang pergi dari dan ke kampus, uang saku, dan uang buku. Penerima beasiswa juga akan mengikuti magang di pelaku usaha perkebunan besar, dan mendapatkan sertifikat kompetensi.

Adapun jadwal pelaksanaan Beasiswa Sawit tahun 2023 ini dimulai pada bulan Mei hingga Agustus, meliputi pendaftaran pada 13 Mei sampai 19 Juni, tes seleksi 26 Juni hingga 18 Juli, dan pengumuman tanggal 22 Agustus mendatang. Pendaftaran Beasiswa Sawit 2023 dapat dilakukan melalui laman www.beasiswasdmsawit.id.

Perlu diketahui, konsumsi minyak sawit dalam negeri mengalami tren kenaikan selama enam tahun terakhir. Pada 2017, konsumsi minyak sawit nasional mencapai 11 juta ton, lalu meningkat menjadi 13,4 juta ton pada 2018, 16,7 juta ton pada 2019, 17,3 juta ton pada 2020, 18,4 juta ton pada 2021, hingga 20,9 juta ton pada 2022.

Sementara itu, produksi minyak kelapa sawit pada Februari 2023 sebesar 3.883.000 ton, dengan produksi minyak inti sawit (palm kernel oil/PKO) sebanyak 369.000 ton.

"Tingginya konsumsi sawit menjadi tantangan untuk meningkatkan produksi minyak kelapa sawit nasional. Karena itu, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) industri yang kompeten untuk mencapai sasaran tersebut," pungkas Mushrokan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 143/TWEJ Keerom Gelar Pengobatan Massal Bersama Dinas Kesehatan di Papua

Kamis, 01 Juni 2023 - 03:15 WIB

Satgas Yonif 143/TWEJ Keerom Gelar Pengobatan Massal Bersama Dinas Kesehatan di Papua

Dengan menggandeng dinas kesehatan Kabupaten Keerom, Satgas Yonif 143/TWEJ Pos Yabanda menggelar pengobatan masal secara gratis di Kampng Yabanda, Distrik Yaffi Kab. Keerom, Papua, Selasa (30/05/2023).…

Yonif RK732/Banau Kalbar Terapkan Pemakaian Pupuk Bokashi

Kamis, 01 Juni 2023 - 03:10 WIB

Yonif RK732/Banau Kalbar Terapkan Pemakaian Pupuk Bokashi

Pupuk kompos berbahan alami dengan melalui proses fermentasi dikenal dengan sebutan sebagai Pupuk Bokashi diklaim dapat meningkatkan kesuburan Tanah. Dengan manfaat yang didapat akan memperbaiki…

Kepala Zona Bakamla Tengah Courtesy Call ke Instansi Terkait di Sulawesi Utara (Foto Dok Humas Bakamla RI)

Kamis, 01 Juni 2023 - 03:01 WIB

Kepala Zona Bakamla Tengah Courtesy Call ke Instansi Terkait di Sulawesi Utara

Kepala Zona Bakamla Tengah Laksma Bakamla Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla melaksanakan kunjungan kerja atau Courtesy Call ke 4 intansi terkait di Sulawesi Utara yaitu Kantor…

BPR berubah dari Bank Perkreditan Rakyat menjadi Bank Perekonomian Rakyat.

Rabu, 31 Mei 2023 - 20:50 WIB

Bertransformasi Jadi Bank Perekonomian Rakyat, Pasar BPR Semakin Luas

Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (Perbarindo) meluncurkan nama baru BPR yang berubah dari Bank Perkreditan Rakyat menjadi Bank Perekonomian Rakyat.

Karyawan Asabri saat di Kantor Pusat

Rabu, 31 Mei 2023 - 20:42 WIB

ASABRI Bayarkan Gaji Ketiga Belas ke Peserta Pensiun

Berdasarkan pernyataan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, Pembayaran Gaji Ketiga Belas akan dibayarkan pada bulan Juni dan komponennya sama dengan THR Tahun 2023 ‚ÄúDalam PP Nomor 15…