Dengan Infrastruktur yang Efisien dan Sistem Logistik Modern, Indonesia Akan Jadi Penentu Harga Timah Dunia

Oleh : Hariyanto | Senin, 17 Juli 2017 - 08:10 WIB

CEO Indonesia Commodity and Derivaties Exchange, Lamon Rutten (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
CEO Indonesia Commodity and Derivaties Exchange, Lamon Rutten (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyebutkan, hingga Mei 2017 Nilai ekspor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai US$165,5 juta, meningkat 99,95% dibanding periode yang sama ditahun sebelumnya.

Nilai ekspor Timah meningkat 103,93%, sedangkan nonTimah naik 90,50% (y-on-y). Secara kumulatif, nilai ekspor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Januari-Mei 2017 mencapai US$725,1 juta. Peran Timah mencapai 76,30%.

Untuk Negara tujuan ekspor, Singapura masih merupakan tujuan ekspor terbaik dengan penyerapan hingga 34,74% (US$192,2 juta) ekspor Timah dan 18,03% (US$31,0 juta) ekspor nonTimah. Nilai ekspor Bahan Bakar Mineral (HS 27) pada Januari-Mei 2017 sebesar US$74,4 juta atau 43,32 persen dari jumlah ekspor nonTimah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu, untuk menciptakan pasar timah yang terorganisir, adil dan transparan dalam negeri, Pemerintah melalui Dirjen Bea Cukai, Kementrian Keuangan telah mengeluarkan peraturan tentang PLB ekspor pada 13 Juni 2017 lalu.

Indonesia Commodity and Derivatives Excanges (ICDX) melalui anak usahanya PT ICDX Logistik Berikat (ILB) telah memilih pangkal pinang - Provinsi Bangka Belitung, sebagai langkah awal pendirian Pusat Logistik Berikat (PLB) ekspor. Hal ini dikarenakan Provinsi Bangka Belitung merupakan sentra produksi terbesar komoditi timah.

Kepala Seksi Fasilitas Kepabeanan, Ditjen Bea Cukai, Kementrian Keuangan, Dorothea Sigit mengatakan, pasca keluarnya Perdirjen Bea Cukai untuk PLB ekspor, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi di kalangan instansi pemerintah dan juga dunia usaha.

"Peraturan ini sangat ditunggu-tunggu, karena akan membuat daya saing komoditi ekspor indonesia semakin tinggi di mancanegara," kata Dorothea Sigit beberapa pekan lalu.

Ia mengatakan, dengan adanya PLB ekspor akan bermanfaat bagi produsen untuk memperoleh pembiayaan dari lembaga keuangan, sebelum komoditi tersebut di ekspor.

"Saya mengapresiasi langkah strategis ICDX mendirikan ILB, sehingga terjadi intregasi antar pasar komoditas dan pasar keuangan," lanjutnya.

CEO ICDX, Lamon Rutten meyakini kehadiran ILB yang akan beroperasi tahun ini tidak hanya akan menjadikan daya saing ekspor timah Indonesia dimata dunia semakin tinggi, akan tetapi juga berefek kepada ekspor komoditi lainnya.

"ILB tidak hanya berfungsi tempat penyimpanan timah, tetapi ke depan dapat menajdi role mode dan etalase dari berbagai komoditi ekspor lainnya seperti CPO dan karet," ujar Lamon Rutten.

Lamon menegaskan kehadiran ILB berdasarkan komitmen terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yakni pembentukan harga timah yang lebih baik melalui pasar fisik.

"ICDX melalui anak usaha ILB, sangat berkomitmen menghadirkan infrastruktur yang efisien dan didukung oleh sistem logistik modern. Sehingga posisi Indonesia sebagai penentu harga timah dunia semakin kuat dan terintegrasi dengan pasar keuangan global," ungkap Lamon.

Mekanisme pasar fisik timah ICDX telah terselenggara sejak tahun 2013 lalu, seiring dengan keluarnya Permendag No. 78/M-DAG/PER/12/2012 jo. Permendag No. 32/M-DAG/PER/6/2013 dan kemudian di sempurnakan menjadi Permendag No. 44/M-DAG/PER/7/2014, jo. Permendag No. 33/M-DAG/PER/11/2015, tentang Ketentuan Ekspor Timah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani (Foto: Ist)

Rabu, 19 Februari 2020 - 07:54 WIB

Horee! BUMN Jadi Anggota Kadin

Jakarta - Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan P Roeslani mengharapkan banyak pengusaha yang “naik kelas” dengan banyaknya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bergabung sebagai…

Presiden RI Joko Widodo meninjau pembangunan Jalan Tol Lintas Sumatera. (Bloomberg/Dimas Ardian via Getty Images)

Rabu, 19 Februari 2020 - 07:27 WIB

Kualitas Beberapa Tol Layang yang Dibangun BUMN Karya Dinilai Buruk

Jakarta, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi VI Mufti Anam mengkritisi buruknya kualitas tol layang Jakarta-Cikampek yang dibangun oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada Senin (17/2),

Program BCA SYNRGY Accelerator Batch 2 Siap Dimulai

Rabu, 19 Februari 2020 - 07:00 WIB

Program BCA SYNRGY Accelerator Batch 2 Siap Dimulai

Setelah sebelumnya meluncurkan program SYNRGY Accelerator batch pertama pada tahun 2019, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan melanjutkan kembali program akselerator dan wadah kolaborasi komunitas…

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P

Rabu, 19 Februari 2020 - 06:00 WIB

Panglima TNI : 11 Pucuk Senjata Kecelakaan Mi-17 Kemungkinan Diamankan Masyarakat

Sejumlah 11 pucuk Senjata milik Prajurit TNI AD yang gugur dalam kecelakaan pesawat Heli Mi-17 beberapa bulan yang lalu di Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, kemungkinan masih diamankan oleh…

Jalasenastri Korps Marinir Unjuk Kecakapan Memanah

Rabu, 19 Februari 2020 - 05:45 WIB

Jalasenastri Korps Marinir Unjuk Kecakapan Memanah

Disamping memiliki kemampuan menembak, Ibu-ibu Jalasenasteri Korps Marinir juga mempunyai ketangkasan dalam mengolahgerakkan senjata panah. Memanah merupakan salah satu keahlian yang dimiliki…