Dengan Infrastruktur yang Efisien dan Sistem Logistik Modern, Indonesia Akan Jadi Penentu Harga Timah Dunia

Oleh : Hariyanto | Senin, 17 Juli 2017 - 08:10 WIB

CEO Indonesia Commodity and Derivaties Exchange, Lamon Rutten (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
CEO Indonesia Commodity and Derivaties Exchange, Lamon Rutten (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyebutkan, hingga Mei 2017 Nilai ekspor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai US$165,5 juta, meningkat 99,95% dibanding periode yang sama ditahun sebelumnya.

Nilai ekspor Timah meningkat 103,93%, sedangkan nonTimah naik 90,50% (y-on-y). Secara kumulatif, nilai ekspor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Januari-Mei 2017 mencapai US$725,1 juta. Peran Timah mencapai 76,30%.

Untuk Negara tujuan ekspor, Singapura masih merupakan tujuan ekspor terbaik dengan penyerapan hingga 34,74% (US$192,2 juta) ekspor Timah dan 18,03% (US$31,0 juta) ekspor nonTimah. Nilai ekspor Bahan Bakar Mineral (HS 27) pada Januari-Mei 2017 sebesar US$74,4 juta atau 43,32 persen dari jumlah ekspor nonTimah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu, untuk menciptakan pasar timah yang terorganisir, adil dan transparan dalam negeri, Pemerintah melalui Dirjen Bea Cukai, Kementrian Keuangan telah mengeluarkan peraturan tentang PLB ekspor pada 13 Juni 2017 lalu.

Indonesia Commodity and Derivatives Excanges (ICDX) melalui anak usahanya PT ICDX Logistik Berikat (ILB) telah memilih pangkal pinang - Provinsi Bangka Belitung, sebagai langkah awal pendirian Pusat Logistik Berikat (PLB) ekspor. Hal ini dikarenakan Provinsi Bangka Belitung merupakan sentra produksi terbesar komoditi timah.

Kepala Seksi Fasilitas Kepabeanan, Ditjen Bea Cukai, Kementrian Keuangan, Dorothea Sigit mengatakan, pasca keluarnya Perdirjen Bea Cukai untuk PLB ekspor, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi di kalangan instansi pemerintah dan juga dunia usaha.

"Peraturan ini sangat ditunggu-tunggu, karena akan membuat daya saing komoditi ekspor indonesia semakin tinggi di mancanegara," kata Dorothea Sigit beberapa pekan lalu.

Ia mengatakan, dengan adanya PLB ekspor akan bermanfaat bagi produsen untuk memperoleh pembiayaan dari lembaga keuangan, sebelum komoditi tersebut di ekspor.

"Saya mengapresiasi langkah strategis ICDX mendirikan ILB, sehingga terjadi intregasi antar pasar komoditas dan pasar keuangan," lanjutnya.

CEO ICDX, Lamon Rutten meyakini kehadiran ILB yang akan beroperasi tahun ini tidak hanya akan menjadikan daya saing ekspor timah Indonesia dimata dunia semakin tinggi, akan tetapi juga berefek kepada ekspor komoditi lainnya.

"ILB tidak hanya berfungsi tempat penyimpanan timah, tetapi ke depan dapat menajdi role mode dan etalase dari berbagai komoditi ekspor lainnya seperti CPO dan karet," ujar Lamon Rutten.

Lamon menegaskan kehadiran ILB berdasarkan komitmen terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yakni pembentukan harga timah yang lebih baik melalui pasar fisik.

"ICDX melalui anak usaha ILB, sangat berkomitmen menghadirkan infrastruktur yang efisien dan didukung oleh sistem logistik modern. Sehingga posisi Indonesia sebagai penentu harga timah dunia semakin kuat dan terintegrasi dengan pasar keuangan global," ungkap Lamon.

Mekanisme pasar fisik timah ICDX telah terselenggara sejak tahun 2013 lalu, seiring dengan keluarnya Permendag No. 78/M-DAG/PER/12/2012 jo. Permendag No. 32/M-DAG/PER/6/2013 dan kemudian di sempurnakan menjadi Permendag No. 44/M-DAG/PER/7/2014, jo. Permendag No. 33/M-DAG/PER/11/2015, tentang Ketentuan Ekspor Timah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.