Rangkaian Kegiatan Sewindu PSN, Kemenko Perekonomian Gelar Fun Walk

Oleh : Hariyanto | Minggu, 14 Mei 2023 - 14:28 WIB

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) yang diketuai oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyelenggarakan acara Jalan Santai / Fun Walk, yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Sewindu Proyek Strategis Nasional (SN). Sewindu PSN, telah diluncurkan Senin 8 Mei 2023 lalu, dan diselenggarakan guna memperingati delapan tahun berjalannya proyek-proyek strategis nasional seiak pertama kali diresmikan dan telah memberikan dampak positif terhadap pembangunan infrastruktur dan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

KPPIP dibentuk oleh pemerintah Indonesia melalui Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2014 dengan tujuan mempercepat pembangunan infrastruktur prioritas di Indonesia. Salah satu fungi utama KPPIP adalah sebagai point of contact dalam implementasi koordinasi untuk debottlenecking Proyek Strategis Nasional dan Proyek Prioritas yang bertujuan untuk mengembangkan infrastruktur di sektor-sektor kunci seperti transportasi, energi, air minum, sanitasi, dan telekomunikasi, dimana di dalam pelaksanaanya melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur demi mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama segenap kementerian lainnya yang terlibat dan dalam program in berkomitmen atas transparansi, akuntabilitas, dan keterlibatan pemangku kepentingan dalam pengembangan dan implementasi proyek infrastruktur. Ini termasuk memastikan bahwa proyek-proyek yang dikembangkan berkonsultasi dengan masyarakat setempat dan pemangku kepentingan lainnya, dan mematuhi perlindungan lingkungan dan sosial yang diperlukan. Dengan demikian, PSN diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian, masyarakat, dan lingkungan di Indonesia.

Proyek Strategis Nasional merupakan program prioritas Pemerintah Indonesia untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan mendukung berbagai program pemerataan ekonomi. Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) melakukan pemantauan kemajuan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan melakukan evaluasi atas usulan proyek dan perubahan daftar proyek pada program PSN. Daftar PSN pertama kali ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 yang kemudian mengalami perubahan dengan daftar termutakhir sat in berdasarkan Peraturan Menko Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022.

KPPIP yang dibentuk langsung oleh Presiden memiliki tujuan utama sebagai unit koordinasi dalam pengambilan keputusan untuk mendorong penyelesaian masalah yang muncul akibat kurang efektifnya koordinasi berbagai pemangku kepentingan dalam pelaksanaan PSN. KPPIP merupakan point of contact dalam implementasi koordinasi, evaluasi, monitoring, dan debottlenecking Proyek Strategis Nasional dan Proyek Prioritas. 

KPPIP yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, memiliki Wakil Ketua Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dengan Anggota terdiri atas Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri Agraria dan Tata Rang, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam menialankan pelaksanaan PSN, KPPIP berkoordinasi dengan seluruh kementerian sektor, badan usaha dan berbagai organisasi lainnya.

Rangkaian Kegiatan Sewindu PSN yang diselenggarakan dari bulan Mei hingga Oktober 2023 ini terdiri dari rangkaian kegiatan dan aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, menstimulasi minat, serta mengedukasi publik, terutama generasi muda Indonesia, mengenai peran penting PSN terhadap pembangunan ekonomi nasional dan kehidupan yang berkelanjutan, sebagai jalan perwujudan visi besar Indonesia emas 2045.

Rangkaian program Sewindu PSN ini berisi sejumlah kegiatan seperti acara olahraga jalan sehat, pameran, seminar, lomba karva tulis dan lomba foto/video untuk siswa/siswi SMA dan mahasiswa, kunjungan ke sekolah-sekolah dan kampus-kampus, kunjungan ke PSN di berbagai kota, serta kegiatan sosial dan lingkungan yang melibatkan masvarakat lokal termasuk anak-anak muda, dunia usaha, dan pemerintah. Pada puncak acaranya, Sewindu PSN akan menyelenggarakan rangkaian konferensi internasional dan forum bisnis dan investasi.

Untuk mengawali rangkaian program Sewindu PSN, KPPIP menginisiasi jalan santai atau Funwalk dengan tujuan mendekatkan diri dan mengedukasi masyarakat mengenai Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah diupayakan pemerintah dan berkontribusi terhadap pertumbuhan bangsa yang dapat dilihat sepanjang rute jalan santai hari ini melalui education wall yang menampilkan beberapa provek mercusuar PSN dari titik awal depan MRT Mandiri hingga parkir Selatan.

Pada kegiatan Funwalk yang terselenggara pada hari ini, terdapat lebih dari 2000 pendaftar yang terdiri dari keluarga Kementerian dan Lembaga, civitas akademi, media, influencer, dunia usaha, dan pemangku kepentingan lainnya, serta anggota masyarakat.

KPPIP memberikan apresiasi yang mendalam atas kehadiran, kerja keras, doa, semangat dan dukungan seluruh keluarga besar PSN, para pemangku kepentingan serta masyarakat umum sehingga KPPIP dapat merampungkan 156 provek strategis nasional dalam 8 tahun perjalanan PSN hingga hari ini. Besar harapan kami, seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat akan terus berjalan bersama PSN, dan bersama mewuludkan cita-cita pembangunan yang berkeadilan sosial dan sejahtera menuju Indonesia Emas 2045.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…